0 Comment
Wisata adrenalin Skyjump di Auckland (AJ Hackett)

Auckland - Liburan ke Auckland di Selandia Baru, wisatawan dapat mencoba wisata adrenalin. Mereka dapat melompat dari gedung tertinggi di Negeri Kiwi.

Tempat itu ialah Auckland Sky Tower yang menjulang setinggi 328 meter. Ini ialah menara telekomunikasi dan observasi di Auckland yang diresmikan tahun 1997, sekaligus menjadi gedung tertinggi di Selandia Baru. Di menara ini juga punya Sky Cafe di lantai 50 (182 meter), lantai observasi utama di lantai 51 (186 meter), restoran berputar Orbit di lantai 52 (190 meter) dan Sky Deck di lantai 60 (220 meter)

Auckland Sky Tower menjadi landmark alasannya ialah jauh lebih tinggi dari gedung lain di sana. Letaknya pun sempurna di jantung kota. detikTravel atas ajakan maskapai Emirates pun mencoba wisata adrenalin yang sana yang disebut Skyjump Auckland.

Operatornya ialah AJ Hackett Bungy New Zealand, yang 30 tahun mengelola beberapa destinasi wisata adrenalin di Selandia Baru, salah satunya ini. Ada dua acara yang ditawarkan yaitu Skywalk, berjalan di atas Auckland Sky Tower dan Skyjump, melompat dari atas Auckland Sky Tower, keduanya dari lantai 53 di ketinggian 194 meter.

Auckland Sky Tower, paling tinggi di Kota Auckland (Fitraya/detikTravel)Auckland Sky Tower, paling tinggi di Kota Auckland (Fitraya/detikTravel)


Kami menentukan yang kedua, yang paling seru! Kaprikornus kita menuju ke lantai dasar menara itu untuk melaksanakan persiapan. Masing-masing ditimbang tubuh dan mengisi formulir kesehatan. Traveler yang sakit atau ada problem kesehatan tertentu kemungkinan tidak dapat mencobanya, jikalau dirasa berisiko.

Sebagai operator yang berpengalaman, AJ Hackett tidak main-main soal safety. Wisatawan yang mau Skyjump diberi baju khusus dan full body harness. Semua aksesoris yang menempel di tubuh mesti dilepas dan ditaruh di loker menyerupai dompet, ponsel, arloji, cincin dan kacamata.

Barulah dari situ kita naik ke atas menara. Dek lompatnya ada lantai 53, di ketinggian 192 meter berupa sebuah ruang kaca. Saya berjumpa dengan pelatih yang berjulukan Caleb. Dia sangat ramah dan menyemangati semua pelompat.

Detik-detik menjelang penulis lompat (AJ Hackett)Detik-detik menjelang penulis lompat (AJ Hackett)


Caleb memasang tali pengaman ke body harness kita dan mengantar kita ke dek lompat di luar gedung, menyerupai papan loncat indah tapi semua dari logam.

Nah, di situlah saya gres menyadari daerah ini tinggi sekali! Pemandangan seluruh Auckland terlihat jelas. Caleb meminta saya melihat ke titik pendaratan. Ya ampun, kecil banget di bawah sana!

Leap of Faith, begitu Caleb dan timnya menyebut lompatan ini. Hanya tali yang ada di punggung inilah satu-satunya penghubung antara gedung tertinggi di Selandia Baru dan daerah mendarat di bawah sana.

Penuh adrenalin (AJ Hackett)Penuh adrenalin (AJ Hackett)

Tangan kiri saya dipasangi action cam sementara di sisi kanan ada kamera gantung yang akan mengikuti saya terjun. Kaki saya menjejak di ujung platform. Tangan berpegangan di tali pengaman.

"Saya hitung hingga 3 lompat ya! Satu, dua, tiga!" teriak Caleb mendorong saya.

Wuuussshhhhh! Adrenalin mengalir deras ke ujung kepala. Woooohoooooooo! Saya berteriak sepuas-puasnya. Gilaaaaaa!

Tali pengaman ini juga bertindak sebagai rem. Saya melambat menjelang datang di darat dan ditangkap pelatih di bawah menara. Sambil melepas peralatan saya bertanya seberapa cepat tadi jatuhnya.

"Sekitar 11 detik, kecepatannya 85 km/jam!" kata intruktur sambil tertawa.

Aline Adita dan teman-teman (Aline Adita/Istimewa)Aline Adita dan teman-teman (Aline Adita/Istimewa)

Bersama detikTravel ada model dan presenter Aline Adita. Kepada detikTravel Aline bercerita, Ini pertama kali ia ke Selandia Baru dan pertama kali juga mencoba wisata adrenalin yang ekstrem.

"Sempet ragu-ragu lho. Tapi ternyata pas tadi coba, malah nggak takut pengen coba lagi," kata Aline.

Cara ke sana:

Auckland Sky Tower ada di sentra kota, di Victoria Street W, Auckland. Sebagai gedung paling tinggi, ia sangat gampang ditemukan. Jika naik bus tinggal turun di Auckland Central Business District dan jalan kaki ke lokasi.

Tiket Sky Tower tanpa melompat hanya NZD 22 (Rp 211 ribu), tapi tiket untuk mencoba Skyjump ialah NZD 225 (Rp 2,1 juta), kalau Skywalk NZD 150 (Rp 1,4 juta). Harga termasuk sertifikat, T Shirt dan susukan masuk ke lantai pandang di Sky Tower. Tapi harga Ini belum termasuk ongkos foto dan rekaman video NZD 95 (Rp 912 ribu). Lumayan mahal sih, tapi kapan lagi melompat dari gedung tertinggi di Selandia Baru!

Post a Comment

Post a Comment

 
Top