Jakarta - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan Tol Trans Jawa memberi kenyamanan mobilitas wisatawan di 224 destinasi. Spot-spot eksotis ini dihubungkan dengan jalan tol, ibarat tol Trans Jawa yang membuka peluang pertumbuhan destinasi di sekitarnya.
"Komitmen Presiden Jokowi luar biasa. Infrastruktur yang dikembangkan ini akan menyampaikan impact anggun bagi pariwisata dan sektor lain. Sebab, Tol Trans-Jawa ini melewati ratusan destinasi dari banyak provinsi yang dilewatinya," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Minggu (30/12/2018).
Dengan adanya Tol Trans Jawa, lanjut Arief, juga bisa mengangkat potensi masakan lokal di sekitar area tol tersebut.
"Salah satu kekuatan pariwisata ialah kuliner. Wisatawan tiba ke satu tempat untuk mencari kuliner. Selain tentunya menikmati budaya, juga shopping. Dan kehadiran tol gres ini bisa mengangkat potensi masakan lokal. Itu sungguh luar biasa," sambung Arief.
Menurut Arief, pemerintahan Jokowi-JK yang getol membangun infrastruktur aksesbilitas ini memang dilakukan untuk mendongkrak perekonomian. Termasuk melalui sektor pariwisata yang dijadikan leading sector selama 4 tahun ini. Terbukti, pariwisata menjadi salah satu penyumbang devisa negara terbesar.
Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pembukaan Tol Trans Jawa ruas Jakarta hingga Surabaya, dan sebaliknya. Jokowi juga semakin gencar mempromosikan pariwisata di Pulau Jawa.
"Ke mana kalian berlibur di selesai tahun ini? Saya mengajak kita semua menikmati liburan di dalam negeri. Kalian yang di Pulau Jawa, misalnya, bisa bepergian antar kota dengan leluasa. Dari Jakarta ke Semarang, hingga Surabaya, misalnya, sekarang punya banyak pilihan rute, mulai jalur pantai selatan, pantai utara, atau lintas tengah," ujar Jokowi.
Ajakan ini ditulis Jokowi melalui unggahan di akun resmi Twitter miliknya, @jokowi, Sabtu (29/12). Ia memastikan jalan Trans Jawa mulus, lebar, dan menyampaikan pengalaman baru.
Hal itu ditunjukannya melalui video yang diunggahnya, ibarat pemandangan alam indah hampir di sepanjang jalan, obyek-obyek wisata yang layak untuk menjadi latar foto untuk disebar melalui media sosial, kuliner lokal di rest area, bahkan jalan tol itu sendiri.
"Bayangkan suasana senja melewati ruas tol Bawen-Salatiga di Jawa Tengah seraya memandang Gunung Merbabu. Di ruas ini juga ada Jembatan Tuntang yang melewati tempat hutan dan Danau Rawa Pening. Panorama alamnya sangat indah. Di daerah Kendal, di ruas tol Batang-Semarang, ada jembatan Kalikuto yang menjulang kokoh dari rangka baja lengkung bercat merah," sebut Jokowi.
Dalam unggahan itu, Jokowi juga menampilkan keindahan pemandangan alam ketika bepergian melalui jalan tol Trans Jawa. Seperti ketika melewati simpang susun Kartosuro dari Salatiga akan menikmati pemandangan di kiri-kanan jalan berupa persawahan yang membentang luas, padang rumput, pepohonan dan rumah-rumah penduduk di kejauhan. Juga ketika melintasi simpang susun Jombang di ruas tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur.
"Di sepanjang jalan tol, terdapat tempat-tempat peristirahatan dengan toilet, masjid atau musala, warung-warung yang menyampaikan aneka kuliner lokal. Saya sendiri pernah mampir di rest area kilometer 597 di ruas tol Ngawi-Kertosono, dan merasakan pecel Madiun, sate Ponorogo, dan kopi lokal," kata Jokowi.
Dengan adanya Jalan Tol Trans Jawa, Jokowi berharap liburan masyarakat jadi menyenangkan. Karena bisa menikmati perjalanan yang cepat, indah, dan menyenangkan. Jokowi juga mengajak masyarakat membuatkan pengalaman perjalanannya melalui media sosial.
"Selamat berlibur. Dan jangan lupa bagikan foto-foto perjalananmu di media sosial," pungkas Jokowi.
Komitmen Jokowi terhadap pariwisata tidak hanya melalui pembangunan infrastruktur. Tapi juga mengalokasikan SDM "The Right Man on The Right Place" dengan menempatkan sosok Menteri Pariwisata yang mumpuni.
Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) terus meningkat 4 tahun berturut-turut. Berbagai prestasi juga diraihnya Kemenpar. Seperti The Best Ministry Of Tourism level Asia Pasifik di ajang TTG Travel Awards 2018 dan The Best Marketing Minister Tourism of ASEAN dari Philip Kotler, seorang suhu Marketing kelas dunia.
Perkembangan luar biasa juga terjadi pada pariwisata Indonesia. Dari tidak berperingkat, sekarang branding Wonderful Indonesia peringkatnya menduduki posisi ke-47 dunia.
Prestasi juga terlihat dalam daya saing pariwisata Indonesia atau The Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang terus meningkat. Dari tahun 2015 yang berada di peringkat 70, melesat naik ke peringkat 50, dan meningkat lagi di posisi 42 pada 2017. Bahkan The World Travel & Tourism Council (WTTC) menempatkan pariwisata Indonesia dalam 10 besar dunia, tepatnya peringkat ke-9.
Post a Comment
Post a Comment