0 Comment
Halo semua bagaimana kabarnya? semoga sehat selalu dan jangan lupa bahagia hehe, pada tutorial kali ini saya ingin berbagi cara mengatasi dollar kuning pada video youtube. Sebenarnya apa itu dollar kuning? Dollar kuning adalah sebuah tanda untuk video tertentu yang ditandai sebagai tidak cocok untuk semua pengiklan, jadi video tersebut mungkin akan tetap menampilkan iklan, hanya saja iklan yang muncul sangat terbatas atau bahkan tidak ada iklan sama sekali.

 semoga sehat selalu dan jangan lupa bahagia hehe Cara Mengatasi Video Youtube Bertanda Dollar Kuning

Biasanya yang mempengaruhi hal tersebut adalah kemungkinan video anda berisi konten yang sensitif, kata-kata yang tidak pantas pada judul dan deskripsi, atau thumbnail video yang menyesatkan. Namun jika anda merasa tidak ada yang janggal pada video anda dan menganggap kesalahan pada sistem youtube, anda dapat mengajukan banding secara langsung kepada Pihak Youtube untuk diaktifkan kembali monetisasinya.

Tim Youtube akan mereview kembali video anda, mungkin akan membutuhkan waktu yang lama karena yang mereview nantinya adalah manusia, bukan lagi sistem otomatis dari Youtube. Oh ya untuk update kali ini, Tim Youtube akan mereview video anda jika video tersebut sudah memiliki setidaknya 1000 view dalam 7 hari terakhir.

Berikut Update dari Bantuan Youtube:

Kami menerima banyak permintaan untuk memonetisasi video setiap hari dan akan meninjau pengiriman tersebut secepat mungkin. Namun, saat ini kami hanya dapat meninjau video dengan minimal 1.000 penayangan dalam 7 hari terakhir.

Jadi untuk video yang mempunyai view dibawah 1000 dalam 7 hari terakhir akan menunggu antrian hingga mencapai 1000 view dalam 7 hari. Pemberitahuan ini saya dapatkan dari Bantuan Youtube langsung, jika anda ingin membacanya lebih lengkap silahkan kunjungi Bantuan Youtube.

Lalu bagaimana caranya agar video saya dapat dimonetisasi kembali?

Salah satu caranya adalah anda harus memperbanyak view untuk video yang terkena dollar kuning agar cepat direview oleh Tim Youtube. Anda dapat memanfaatkan akun sosial media anda untuk mempromosikan video youtube anda, semisal anda berbagi link video anda ke facebook, instagram, atau pada google plus, sehingga anda mendapatkan banyak view untuk segera ditinjau.

Namun jangan sampai lupa, sertakan juga kata-kata yang menarik agar orang lain tertarik untuk menonton video anda. Sebenarnya untuk memperbanyak view tidak terlalu susah jika anda selalu aktif untuk berpromosi selama 7 hari atau bahkan anda bisa mendapatkan lebih dari 10000 view dalam 7 hari.

Video yang mempunyai lebih dari 10000 view tentunya bernilai bagi sebuah channel baru, karena ini adalah persyaratan terbaru dari Tim Youtube bagi yang ingin bergabung dengan Program Partner Youtube.

Persyaratan ini sangat berguna untuk melindungi konten para pengguna Youtube, karena akhir-akhir ini banyak sekali Channel yang dengan sengaja mengupload kembali video milik pengguna lain, dengan tujuan video tersebut dapat dimonetisasi tanpa harus capek-capek membuat konten.

Padahal hal tersebut sangat tidak diperbolehkan, kecuali mengambil video yang memang lisensinya Creative Common dan menyertakan sumber aslinya kepada pemilik channel, dengan begitu tidak ada yang merasa dirugikan dan akan sama-sama menguntungkan.

Sama seperti video yang bertanda dollar kuning, ketika anda sengaja mengunggah konten video tanpa mengoreksi sedikitpun apa kesalahan dalam video anda tentunya akan merugikan pengiklan dan diri sendiri jika ternyata benar video anda tidak cocok untuk semua pengiklan.

Konten Video seperti apa yang cocok untuk Pengiklan?

Konten video anda haruslah relevan dan ramah untuk pengiklan, semisal anda membuat dan mengulas tempat wisata pasti kebanyakan iklan yang ditampilkan adalah iklan hotel atau tempat penginapan didaerah sekitarnya, dengan begitu iklan akan menjadi tertarget ke pengguna dan saling menguntungkan antara pengiklan dan penayang iklan.

Konten video yang berisi kata-kata sensitif, tidak menarik, thumbnail yang menyesatkan mungkin durasi rata-rata tonton pengguna menjadi rendah sehingga tidak ada kesempatan untuk menampilkan iklan didalam video, dan pengiklan memilih untuk tidak menampilkan iklan pada video tersebut.

Pendapatan pun pasti akan berkurang, karena video yang bagus dan lebih menghasilkan menurut Tim Youtube adalah video yang mempunyai durasi tonton rata-rata lebih dari 10 menit untuk semua video. Hal ini pernah dianalisa oleh seorang Youtuber pada forum facebook Google Adsense Indonesia, dan ternyata benar video yang mempunyai rata-rata tonton yang tinggi lebih mempunyai kesempatan untuk menghasilkan.

Mengapa bisa demikian? karena semakin lama pengguna menonton video anda, berarti semakin banyak iklan yang akan ditampilkan didalam video anda sehingga anda lebih cepat menghasilkan.

Bagi seorang pemula mungkin rasanya sulit membuat video original berdurasi panjang dan video tersebut harus menarik. Jika tidak menarik dan video asal-asalan, pasti mendapatkan banyak dislike sehingga dinilai oleh Tim Youtube tidak cocok untuk pengiklan.

Mengatasi Ikon Dollar kuning pada Video yang ditandai

Cara pertama, silahkan cek terlebih dahulu keseluruhan video mulai dari judul, deskripsi, tag, thumbnail, dan isi video apakah benar mengandung hal-hal yang sensitif dan tidak pantas?

Jika masalahnya hanya pada judul video, deskripsi, tag, dan thumbnail anda cukup menggantinya langsung melalui menu edit video pada pengelola video, namun jika masalahnya terdapat pada isi video, anda harus menghapus, mengedit dan mengupload ulang video anda.

Setelah selesai mengupload ulang video, anda dapat memonetisasi kembali video anda.

Cara kedua, mintalah tinjau ulang Tim Youtube terhadap video anda jika anda merasa sistem youtube salah, hal ini juga berlaku untuk cara pertama yang saya sebutkan diatas kecuali anda mengupload ulang video anda.

Untuk meminta peninjauan ulang silahkan buka Youtube melalui situs Desktop, kemudian masuk ke Pengelola Video.

Selanjutnya cari video yang bertanda dollar kuning, kemudian pilih Minta Peninjauan.

 semoga sehat selalu dan jangan lupa bahagia hehe Cara Mengatasi Video Youtube Bertanda Dollar Kuning

Tunggulah sambil membuat dan mengupload video terbaru, karena peninjauan ini bisa memakan waktu berhari-hari tergantung dari banyaknya pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim Youtube.

Setelah peninjaun berhasil, tanda monetisasi atau ikon dollar hijau akan tampil di video anda dan video anda siap untuk menampilkan iklan yang relevan.

Namun perlu diingat lagi, video anda harus sudah memiliki 1000 view dalam 7 hari terakhir agar Tim Youtube dapat meninjau video anda.

Kesimpulan

Sebenarnya ikon dollar kuning pada video anda tidak akan berdampak buruk bagi reputasi channel anda, ikon tersebut hanya menunjukkan bahwa video anda tidak cocok bagi semua pengiklan atau iklan terbatas.

Oleh karena itu, jika anda mendapati ikon dollar kuning, segeralah respon dengan cara mengedit atau melaporkan kesalahan deteksi pada sistem Youtube. Demikian semoga postingan ini bermanfaat bagi semua pembaca, salam.

Post a Comment

 
Top