0 Comment
Foto: Devi S. Lestari / detikFoodFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Jakarta - Sebagai salah satu masakan Betawi, gabus pucung cukup populer. Ikan gabus yang dimasak dengan bumbu kluwak ini juga disukai artis 'Si Doel The Movie.'

Rano Karno, Cornelia Agatha dan Maudy Koesnaedi termasuk sosok-sosok artis yang suka makan gabus pucung. Meski tampilannya hitam dan kurang menarik, nyatanya mereka tetap suka.

Ditemui di Shangri-La Hotel, Rano Karno yang berperan sebagai Doel ini bahkan antusias menyampaikan suka makan semua masakan Betawi.

"Doyan dong, yummy itu. Sekarang agak susah nyarinya, masih ada tapi agak susah. Nggak kayak dulu yang banyak. Gabus pucung biasanya saya makan pakai nasi ulam, nasi uduk," kata Rano Karno dengan logat khas Betawinya yang ceplas-ceplos.
Kompak! 3 Artis 'Si Doel The Movie' Doyan Gabus PucungFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Baca juga : Hidangan Betawi Favorit 'Si Doel The Movie' Bisa Dinikmati di Restoran Ini

Meskipun mulai susah dicari, Rano Karno merasa tak pernah kesulitan menemukan warung Betawi yang menyediakan sajian gabus pucung. "Cari aja warung Betawi, hampir selalu ada. Tapi nyari warung Betawinya itu yang nggak kayak dulu. Ini maksudnya bukan nggak ada sama sekali, tapi jarang," lanjutnya.

Tak hanya Si Doel, tapi Sarah dan Zaenab, dua perempuan yang erat dengan Doel juga ternyata suka gabus pucung.

Maudy Koesnaedi punya alasan spesifik kenapa ia suka dengan masakan berwarna hitam ini. Menurutnya, kandungan protein dalam ikan gabus membuatnya mau menyantap.
Kompak! 3 Artis 'Si Doel The Movie' Doyan Gabus PucungFoto: Devi S. Lestari / detikFood
"Suka (gabus pucung). Ikan gabus kan proteinnya tinggi jadi ya saya niscaya mau makan. Enak juga kok, itu kan masakan Betawi," kata Maudy disertai senyum.

Perihal warna masakan ini yang berkuah hitam, Maudy merasa tak pernah mempermasalahkan tampilan makanan. "Selama rasanya enak, saya aman-aman saja. Saya nggak lihat bentukannya," lanjut pemain drama sosok Zaenab ini.

Maudy yang mentan none Jakarta ini juga mengaku tak pernah kesulitan menemukan masakan Betawi. Ia tergabung dalam komunitas Betawi yang selalu mengadakan event lengkap dengan sajian yummy khas Betawinya.
Kompak! 3 Artis 'Si Doel The Movie' Doyan Gabus PucungFoto: Istimewa

Baca juga : Aduh Sedapnye Gabus Pucung dan Sayur Besan Asli Betawi

Lain lagi bagi Cornelia Agatha, pemain drama Sarah ini bukan hanya doyan makan gabus pucung, sesekali ia bahkan memasaknya di rumah. "Saya suka semua masakan Betawi. Kalo warung makan, langganan saya ada di Jagakarsa, duh lupa namanya tapi tempat sana masih banyak," kata Cornelia.
Kompak! 3 Artis 'Si Doel The Movie' Doyan Gabus PucungFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Selain membelinya di warung Betawi, Cornelia juga tak segan memasaknya di rumah. "Kadang juga saya masak sendiri, saya seneng masak. Semur jengkol juga suka. Kadang beli bawa pulang, kadang makan di situ. Makannya yummy pakai tangan, mantep!" beber perempuan berdarah Jawa, Manado, Belanda dan Jerman ini.

Terbukti, bukan hanya bermain dalam serial legendaris Betawi saja. Ternyata secara tidak pribadi artis-artis ini juga menyerupai mempunyai darah Betawi yang seolah ingin terus melestarikan kebudayaan ini lewat makanan.

Post a Comment

 
Top