0 Comment
Mungkin anda bisa mengatakan Youtube adalah komunitas video yang paling lengkap karena sebagian besar konten yang anda cari dapat dengan mudah ditemukan.


Bahkan jika kita sering-sering main Youtube, pasti kita tidak akan kecewa dengan situs ini, karena situs ini selalu menyajikan berbagai macam video entah video unik, video lucu, video ceramah, dan jenis-jenis video lainnya.

Uniknya, video-video yang ada didalam Youtube akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Jika kita memikirkan hal ini, bagaimana cara mereka menyimpan video yang jumlahnya bisa dikatakan milyaran video?

Jika rata-rata ukuran video yang kita upload berkualitas HD, sudah pasti ukuran ini sudah terlalu besar untuk mereka simpan disitusnya, tetapi di Youtube, situs ini tetap eksis meskipun bertambah video setiap hari, dan tidak pernah membuat habis storage mereka.

Apakah Anda Penggemar Youtube?

Jika anda adalah salah satu penggemar situs Youtube, mungkin anda akan rela menghabiskan waktu anda hanya demi menonton video di Youtube. Bahkan kabarnya, banyak orang yang telah menghabiskan uangnya hanya demi menonton video di Youtube.

Bukan hanya mereka saja ya, mungkin bisa jadi anda juga melakukannya atau mungkin saya juga.

Kenapa saya mau menghabiskan uang saya untuk menonton video di Youtube?

Karena saya tertarik dengan kontennya, biasanya saya hanya tertarik dengan salah satu channel yang ada di Youtube, kalau sudah tertarik sudah pasti saya akan rela membeli paket data untuk nonton youtube.

Kalau bukan karena tertarik, mungkin tidak akan rela membeli kuota karenanya.

Sekarang saya akan membahas masalah yang sering dialami oleh para penggemar Youtube, masalahnya adalah kenapa anda mau menghabiskan uang anda kalau anda tahu bahwa video yang disajikan tidak begitu penting? maksudnya bukan untuk video yang bermanfaat tentunya, misalnya video vlog dan jalan-jalan (bukan bermaksud apa-apa ya).

Jika anda rela menghabiskan waktu demi nonton video yang tidak bermanfaat, dapat dipastikan anda sudah terkena virus youtube, hehe. Virus yang saya maksudkan disini adalah virus karena kecanduan Youtube

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila anda sudah kecanduan dengan Youtube:

  • Mengontrol Waktu Anda, apakah ini adalah Waktu luang yang tepat?
  • Mengontrol pemakaian data internet, apakah setelah menonton video ini saya akan mendapatkan manfaatnya?
  • Memilih video-video yang positif, apakah video ini sangat positif bagi pemikiran kita?


Jika anda sudah kecanduan Youtube sampai ketiga hal diatas tidak terkontrol, maka langkah yang harus anda lakukan adalah perlahan-lahan untuk berhenti menonton video di Youtube, karena apabila ketiga hal tidak terkontrol kemungkinan saja Youtube akan mempengaruhi isi pikiran anda.

Saya tidak bermaksud apa-apa, tapi saya mengatakan sesuai dengan fakta, bahwa kebanyakan orang yang terlalu gemar dengan Youtube pasti mereka akan melupakan ketiga hal diatas.

Saya juga demikian, karena itu saya mengingatkan.

Sekarang saya akan berbagi pengalaman beserta panduan yang menurut saya sangat penting.

(Poin Pertama) Bagaimana cara mengontrol waktu yang tepat untuk bermain dengan Youtube?

Menurut pendapat saya, waktu luang yang sangat tepat adalah ketika anda tidak mempunyai aktivitas apapun, maksudnya ketika sedang tidak ada kesibukan apapun. Entah malam atau siang, yang penting jangan membuat kesalahan seperti bermain Youtube saat bekerja.

Saya juga pernah memiliki teman yang hobbinya adalah membuka video youtube, bahkan ketika pada jam kerja sekalipun, tidak peduli apakah ada bos atau tidak, yang penting bisa menikmati siaran dari Youtube.

Yang terpenting bagi saya adalah:

Waktu yang anda gunakan tidak merugikan diri anda sendiri, jadi gunakanlah waktu anda sebaik mungkin sesuai pada tempatnya.

Ketika waktunya fokus bekerja, lebih baik fokus bekerja, karena mengambil waktu yang tidak sesuai biasanya akan menimbulkan kemalasan.

Malasnya bukan karena memang malas bekerja, tapi malas karena timbul aktivitas yang tidak sesuai dengan waktunya.

(Poin Kedua) Memilih Video Positif, apakah video yang anda tonton sudah bernilai positif?

Ada banyak fakta yang tersebar di Youtube, banyak sekali video-video yang sama sekali tidak bernilai untuk ditonton, maksudnya video yang kita tonton hanya akan menghabiskan kuota saja.

Tidak bernilai sama sekali, oleh karena itu kita perlu mempertimbangkan judul dan thumbnail yang terlihat sebelum memutuskan untuk menonton.

Jangan buang membuang waktu hanya demi menonton video yang sama sekali tidak bermanfaat bagi diri anda.

(Poin Ketiga) Mengontrol Pemakaian Data Internet

Catatan: Poin ini hanya berlaku untuk Aplikasi Youtube.

Inilah poin yang terpenting, bagaimana cara mengatur pemakaian data internet sedangkan Youtube adalah komunitas video.

Dan kita mungkin sudah tahu, untuk menikmati satu video saja mungkin membutuhkan kuota beberapa Megabyte atau bisa lebih. Tentunya disesuaikan dengan kualitas dan durasi video yang akan kita tonton.

Jika video yang kita tonton berkualitas HD, durasi panjang, maka tidak perlu ditanyakan lagi berapa Megabyte yang akan kita gunakan.

Sekarang yang kita perlukan adalah bagaimana cara mengontrolnya? simak penjelasan berikut.

Yang pertama harus anda lakukan adalah membuka pengaturan dari Aplikasi Youtube.

Akan ada banyak pilihan pengaturan disana, anda bisa mengotak atik pengaturan yang anda sesuai dengan kebutuhan. Namun jika anda bingung dengan bagaimana cara mengontrol kuota agar tidak boros saat menggunakan Youtube berikut adalah caranya:

1. Mengaktifkan Fitur Berhenti untuk Menonton.

Ketika kita mengaktifkan fitur ini, maka secara otomatis Youtube akan memberitahu kita bahwa waktu kita sudah habis.

Dan saat itu juga kita harus berhenti menonton Youtube, jika diteruskan mungkin akibatnya anda akan kecanduan dan lebih parahnya boros kuota (bagi yang menggunakan Kuota).

Untuk mengaktifkan fitur ini:

  • Buka Youtube.
  • Buka Tab Koleksi.
  • Kemudian buka menu anda, klik profil di channel anda.
  • Buka menu Setelan.
  • Pada menu setelan, buka menu umum.
  • Aktifkan Ingatkan saya untuk berhenti menonton.
  • Sekarang atur frekuensi pengingat sesuai dengan keinginan anda.


Dalam hal ini anda bisa memilih frekuensi pengingat yang sangat cocok, apakah 30 menit? satu jam? atau 3 jam? pilihlah sesuai dengan kemauan anda.

2. Membatasi Penggunaan Data Seluler

Yang dimaksud membatasi penggunaan data seluler disini bukanlah soal berapa banyak anda menghabiskan kuota anda untuk menonton Youtube, tetapi lebih tepatnya adalah mencegah anda untuk menonton video berkualitas HD, sedangkan saat itu anda sedang menggunakan koneksi data seluler.

Anda pun mungkin juga tahu, berapa besar ukuran video yang mempunyai kualitas HD, oleh karena itulah pengaturan ini disediakan oleh Youtube.

Untuk membatasi penggunaan data:

  •  Sama seperti langkah sebelumnya.
  • Buka menu Setelan Youtube.
  • Pada menu setelan, buka menu umum.
  • Kemudian Aktifkan batasi penggunaan data seluler.


3. Menonaktifkan Fitur Autoplay

Mungkin fitur ini sudah tidak asing lagi dikalangan pengguna, karena autoplay secara otomatis diaktifkan untuk beberapa pengguna termasuk untuk pengguna baru.

Jadi, kapanpun anda memutar video pasti autoplay akan bekerja, dalam hal ini misalnya setelah anda menonton sampai habis video anda, autoplay akan memutarkan video yang lain.

Karena fitur autoplay seringkali bekerja dan dirasa sangat boros, jadi saya memutuskan untuk menonaktifkan fitur ini secara manual

Untuk mematikan fitur autoplay:

  • Buka menu Setelan Youtube.
  • Pada menu Setelan, buka menu Autoplay.
  • Nonaktifkan fitur Autoplay video berikutnya.


4. Mengubah Izin Jaringan Upload hanya pada Wi-Fi atau Mengubah Kualitas Video Saat Mengupload

Tidak semua yang kita upload selalu berkualitas HD, faktanya jika anda melihat pengaturan channel anda masing-masing, anda akan melihat kualitas video anda masing-masing ketika sudah terupload.

Mereka tidak sesuai dengan aslinya, tapi meskipun begitu tidak semua yang kita upload juga selalu berkualitas rendah.

Namun lebih tepatnya berada ditengah-tengah, dalam hal ini pengaturan default saya terletak pada 1080pixel.

Untuk mengubah pengaturan jaringan upload:

  • Buka menu Setelan Youtube.
  • Pada menu Setelan, buka Setelan Umum.
  • Pilih preferensi jaringan untuk upload.
  • Selanjutnya pilih hanya pada Wifi.


Untuk mengubah kualitas upload:

  • Masih di menu setelan umum.
  • Pilih Kualitas Upload.
  • Tentukan kualitas video untuk diupload. (pilih seminimal mungkin).


Kualitas upload yang dipilih akan menentukan berapa banyak kuota yang akan anda keluarkan untuk proses upload nantinya.

5. Mengubah Kualitas Video Default Saat Download

Jika anda sering mengunduh beberapa video offline di Youtube untuk dijadikan video offline, mungkin anda pernah disuguhi beberapa pilihan untuk kualitas yang akan anda donwload.

Kualitas itulah yang akan menentukan seberapa pentingnya untuk diatur, karena dari kualitas itulah anda akan mengeluarkan kuota untuk menjalani proses download.

Anda mempunyai dua pilihan untuk ini, yaitu mengatur kualitas video untuk didownload atau memilih untuk unduhan hanya melalui Wi-Fi. Jika anda mau memilih keduanya sebenarnya juga tidak masalah.

Untuk mengubah kualitas video:

  • Buka Setelan Youtube.
  • Pada menu Setelan, pilih menu Download.
  • Pilih Kualitas Video.
  • Tentukan Kualitas Video yang anda inginkan.


Untuk mengaktifkan pengunduhan hanya melalui Wi-Fi saja.

  • Buka Setelan Youtube.
  • Pada menu Setelan, pilih menu Download.
  • Pilih Kualitas Video.
  • Aktifkan pengaturan Download melalui Wi-Fi saja.


Oke, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai 3 Poin Penting dari Youtube dan Beberapa Langkah Sederhana untuk Menghemat Data semoga tulisan ini bermanfaat.

Post a Comment

 
Top