0 Comment
Bismillahirrahmanirrahim.....

Libur Idulfitri sudah usang selesai disusul dengan liburan para karyawan dan terakhir tentunya liburan anak sekolah juga. Lumayanlah ya buat belum dewasa merefresh diri mereka dengan liburan yang panjang, begitu juga dengan para guru. Itulah salah satu keistimewaan guru, liburnya menyesuaikan kalender akademik, heheheh. 


Ayoo, siapa yang masih resah dan resah sebab Mbak Asistennya yang kemarin ijin libur Idulfitri bersama keluarga mereka di kampung ternyata memperpanjang liburan bahkan tidak ingin balik ke daerah kerjanya lagi? Pasti banyak yah yang mengalami nasib demikian. Ditinggal ART. Hmm, saya pun menyerupai itu. Mbak yang nemenin Tante jaga belum dewasa bila saya kerja belum juga balik, malah kayaknya gak bakal balik lagi sebab katanya bentar lagi akan nikah dengan sang pujaan hati. Ahaay, cocok banget deh ini jadi bahasan collab blog dengan Uci, yang beberapa bulan kemarin ditinggal ama Mbak ARTnya. So, jangan lupa baca ceritanya juga ya sesudah ini.

Sejak awal nikah hingga punya dua anak ini, saya dan PakSu gotong royong gres sekali kemarin punya mbak asisten. Itu juga umur kerjanya di kami gak hingga sebulan, iyah cuma 3 ahad sekian hari doang. Setelah sekian usang mencari tapi tak kunjung ketemu juga. Nah, bulan kemudian berhubung Kakak Ipar libur jualan makanan di bulan Ramadhan jadi ceritanya mbak asistennya dipinjamkan ke kami. Mbaknya ini gres kerja juga sih sama Kakak, malah belum genap 2 minggu. 
Untuk sekedar bantu-bantu urus rumah dan perintilan lain, bebersih dan sebagainya gotong royong saya gak begitu pusing. Yang saya butuh semenjak ada Adek bayik sih orang yang sanggup bantu Tante saya untung gendong Adek sepanjang hari, selama waktu kerja saya. Secara Adek kan dititip di Tante bila saya berangkat kerja. Nah, gak lezat juga ama Tante yang ngos-ngosan bila ngurusin Adek sambil beberes urus rumahnya. Yaah, pada dasarnya mah gitu. Kaprikornus mbak ajun itu kiprah utamanya ya jagain bocah aja sih. Untuk urusan domestik itu sebagai kiprah embel-embel aja sebenarnya. Dikerjakan syukur, tidak dikerjakan juga saya gak murka koq, paling juga ngedumel sendiri :p

Berhubung dari awal tinggal berdua dengan PakSu sudah biasa melaksanakan semuanya sendiri, kadang juga sih berdua, ya saya mah santai aja. Apalagi dengan segala kemudahan dan kemudahan yang ada di sekitar. Namanya juga ya kita hidup di jaman now yang Alhamdulillah gotong royong tinggal pintar-pintarnya aja kita mengatur segalanya, waktu dan duit tentunya. 

Gak perlu repotlah dengan urusan kucek-mengucek baju yang segunung, mesin basuh siap sedia kapan saja, sanggup bangetlah sambil nyuci sambil kerjain yang lain, membersihkan atau bahkan masak. Yang butuh perjuangan ekstra bagi saya yaitu dikala melipat tumpukan pakaian yang abis dicuci itu kemudian kemudian menyetrikanyalah yang jadi PR besar. Tapi itu mah dulu, semenjak kembali bekerja dan Kakak Faraz makin aktif kesana kemari ngikutin, potongan setrika saya serahkan ke laundry langganan. Praktis. Hemat tenaga, ekonomis listrik pun. Toh, bila dikalkulasikan biayanya juga samalah. Lagian, yang diutamakan untuk distrika juga pakaian kerja saya dan PakSu. Jadi, semenjak pertengahan 2016 kemudian say bye to iron 😆

Kalau urusan masak, Alhamdulillah PakSu itu bukan orang yang ribet harus dimasakin ini itu lengkap gres sanggup makan. Justru sebaliknya, saya malah yang suka gemes sebab ia terlalu santai urusan yang satu ini. Dititipin belum dewasa sebab saya mau masak, ia malah bilang udahlah gak usah repot, makan mie instan aja gak apa-apa. Helloow, macam masih jamannya ngekost aja sih. Jadilah bila masih pada tidur, harus segera bergegas uplek-uplek di dapur. Masak juga yang praktis-praktis aja, simple dan cepat beres. Pas mereka bangun, makanan udah siap, tak jarang makannya pake nambah, xixixix. Bahagianya Mamak mah itu receh, xoxoxox.

Baca juga: Warna-Warni Cerita Menggendong Anak

Hal lainnya yaitu bebersih. Kalau yang ini juga not a big problem lah. Tempat tinggal kami itu minimalis, ruang tamu aja sanggup difungsikan jadi banyak kegunaan. Di ruangan itu sanggup dijadikan daerah ngumpul sambil nonton tv, belum dewasa main bahkan jadi daerah makan juga sebab di dapur mah pasnya hanya untuk masak dan nyuci aja. Yaudah, jadi yang jadi fokus utama untuk dibersihkan yaitu daerah ini. Kamar juga minimalis, sreet, sreeet, beres sapu-ngepelnya. Cuma butuh 5 menit rapi. Begitu Si Kakak bangkit eksklusif deh mainan acak-acakan lagi, belum Bapaknya juga sering ikutan rese tebar barang-barangnya kesana kemari, fiuuh. Syukurnya Adek belum sanggup jadi tertuduh yang berantakin rumah, hehehh. Jadi, yasudahlah dinikmati saja. 

Intinya mah, bagi saya tak ada ART di rumah itu bukan hal yang gres lagi sebab dari awal juga sanggup bertahan walau tanpa ART. Semua sanggup dilakukan asal kita mau aja. Yakin deh bila full time IRT ataupun part time working Mom itu juga sanggup membagi waktunya untuk beresin pekerjaan rumah. Tidak hanya itu aja sih harus sanggup saling kerjasama antara pasangan, salah satu kunci sukses bertahan walau tanpa ART.

Ayoooo, yang masih resah sebab Mbak ART nya belum balik juga, yuks atuhlah semangat yaaah! Semoga sanggup gantinya, tapi bila juga gak sanggup gantinya mungkin sudah itu jalannya. Jadi, bertahan tanpa ART, siapa takut? Bukankah hidup juga tetap berjalan kan yah, malah sanggup saling bersinergi tuh dalam rumah, saling bantu satu sama lain. Kerjasama dan bikin kita jadi makin kompak. Tapi bila untuk saya dikala ini sih masih berharap sanggup segera ketemu Mbak gres yang sanggup bantu jagain belum dewasa lagi ketika saya kerja, itu aja deh cukup.



 

Post a Comment

 
Top