0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Black forest jadi cake klasik yang hingga kini masih mempunyai banyak penggemar. Tahukah Anda kalau cake ini sudah dibentuk semenjak 1915?

Kini black forest cake masih eksis mejeng di rak-rak toko makanan ringan elok klasik hingga modern. Di Indonesia ternyata black forest masih jadi daftar makanan ringan elok teratas yang banyak dicari, terutama sebagai hadiah ulang tahun.

Kue lembut dengan lapisan krim, buah cherry hitam kalengan serta cokelat berlimpah ini ternyata punya sejarah panjang. Awalnya makanan ringan elok ini dikenal dengan sebutan Schwarzwalder Kirshtorte yang banyak dikonsumsi di Jerman.
Resep Black Forest Cake Ternyata Sudah Dibuat Sejak 1915Foto: iStock

Baca juga : Asyiknya Mengintip Rahasia Black Forest Cake

Schwarzwalder Kirshtorte juga bukan berupa cake menyerupai black forest yang kita kenal dikala ini. Dahulu Schwarzwalder Kirshtorte hanyalah makanan ringan elok yang terbuat dari krim, buah cherry dan kirschwasser atau air sari buah cherry.

Schwarzwalder Kirshtorte sendiri dalam bahasa Indonesia berarti makanan ringan elok cherry hutan berwarna hitam. Sari buah cherry ini banyak diproduksi di daerah Schwarzwald, daerah di Jerman yang juga dikenal dengan sebutan Black Forest.
Resep Black Forest Cake Ternyata Sudah Dibuat Sejak 1915Foto: iStock

Penggunaan cherry yang berlimpah pada makanan ringan ini membuatnya lambat laun disebut sebagai black forest. Kepopuleran makanan ringan elok ini semakin melesat alasannya yaitu kandungan alkohol dalam sari buah cherry menciptakan makanan ringan elok ini semakin digemari.

Pada tahun 1915, spesialis makanan ringan elok berjulukan Josef Keller mengklaim kalau dirinya yaitu orang yang menemukan resep black forest. Ia juga mengaku menyajikan makanan ringan elok ini di Cafe Agner di Bad Godesberg yang lokasinya sekitar 500 km dari daerah Black Forest.

Pada 1934 ditemukan catatan perihal Schwarzwalder Kirshtorte yakni makanan ringan elok yang dibentuk dengan memakai banyak cherry. Puncak popularitas makanan ringan elok ini ada pada tahun 1949 dimana black forest masuk dalam urutan makanan ringan elok Jerman yang paling terkenal.

Kue ini lantas menjelajah ke banyak sekali negara dan rasanya diterima oleh masyarakat di seluruh Jerman, Austria hingga Swiss. Pada masa itu black forest sukses memenuhi setiap rak toko kue.
Resep Black Forest Cake Ternyata Sudah Dibuat Sejak 1915Foto: iStock

Saking populernya, pemerintah daerah Scwarzwald (Black Forest) menggelar pekan raya Black Forest mulai tahun 2006. Festival ini digelar setiap dua tahun sekali yang melibatkan para baker hingga pencinta black forest.

Baca juga : 5 Bakery Ini Masih Menjual Kue dan Roti Eropa yang Klasik Enak

Setelah lebih dari seabad, kini black forest masih jadi makanan ringan elok yang paling dicari. Rasa elok legit cokelat bercampur air sari buah cherry menciptakan cake ini tak lekang oleh waktu.

Sekarang bahkan banyak bakery yang menghadirkan makanan ringan elok ini dalam versi lebih modern. Beberapa rekor dunia seputar black forest juga pernah dibuat, salah satunya menciptakan black forest terbesar dengan lebar 80 meter dan berat 3.000 kilogram. Rekor ini dipecahkan pada 2006 di Jerman.



Simak Video "Black Forest dan Opera Cake Legendaris yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top