0 Comment
Pura Swarnadwipa di Palembang (Raja Adil/detikTravel)

Palembang - Nuansa Bali yang eksotik memang bikin jatuh cinta. Di daerah Jakabaring, Palembang sekarang ada Pura Swarnadwipa yang suasananya ibarat banget Bali.

Enam rumah ibadah yang ada di daerah Jakabaring Sport City, Palembang sekarang telah jawaban dibangun. Salah satu tempat ibadahnya, pura Kahyangan Swarnadwipa sekarang menjadi destinasi wisata gres di Kota Pempek.

Berdiri diantara gereja dan masjid, pura itu ramai diserbu pengunjung dari Kota Pempek untuk berfoto.

"Serasa sedang berada di Bali" kata pengunjung sehabis jawaban berfoto di depan pura berwarna khas hitam itu.

Pura Swarnadwipa itu sendiri dibangun berdampingan dengan 5 rumah ibadah lain jelang Asian Games 2018 kemudian yang diselenggarakan di Palembang dan DKI Jakarta. Lokasinya berada di belakang daerah Jakabaring atau tak jauh dari venue voli pantai dan venue menembak.

(Raja Adil Siregar/detikTravel)(Raja Adil Siregar/detikTravel)
Selain sebagai salah satu rumah ibadah (Sembahyang) umat hindu, rupanya pura ini juga jadi primadona pengunjung yang tiba dari aneka macam daerah. Nuansa di di Pulau Dewata yakni alasannya.

Indah, salah seorang pengunjung yang tiba mengaku sudah usang tahu ada pura ala Bali di JSC. Dia pun mengakui jikalau keberadaan pura itu telah menjadi daya tarik tersendiri di daerah bekas tempat pesta olahraga tingkat asia itu.

"Ini lagi ngehits di Palembang. Serasa berada di Bali kalau kita foto di depan pura Swarnadwipa. Selain pura, siapa saja yang tiba dapat sekalian ibadah alasannya yakni semua tempat ibdah kita ada," kata Indah kepada detikTravel, Jumat (4/1/2019).

Indah sendiri, tiba bersama keluarga dan para sahabatnya. Hanya bermodal Rp 5 ribu untuk biaya masuk Jakabaring Sport City saja, mereka dapat menikmati semua akomodasi yang ada.

Selain itu, ia mengaku mencar ilmu banyak wacana perbedaan, keberagaman dan toleransi di satu kawasan.

(Raja Adil Siregar/detikTravel)(Raja Adil Siregar/detikTravel)
"intinya kita dapat banyak mencar ilmu di satu tempat ini," kata Indah sambil sesekali menseleksi hasil jepretanya di kamera handphone.

"Pura ini tempat foto bagus, tapi masih ada juga spot-spot foto lain di komplek Jakabaring ini. Bisa santai di danau ya kalau sore, dapat ke venue olahraga dan belum tentu di daerah lain ada ibarat ini," katanya.

Pengakuan indah pun didukung pihak pengelola, sang Direktur Operasional JSC, Bambang mengaku bahwa pura Swarnadwipa telah diprediksikan jadi destinasi wisata religi sehabis gelaran Asian Games 2018 selesai.

"Kami sudah memprediksikan dari awal jikalau pura Swarnadwipa ini akan menjadi destinasi wisata religi baru. Kaprikornus ini pun sudah disampaikan ke Pariwisata Kota Palembang biar dimasukan ke paket wisata religi," katanya.

"Kita mau kedepan bukan hanya Quran raksasa, kampung arab, pulau kemaro di Gandus dan masjid Chengho saja, tetapi 6 rumah ibadah ini perlu dipromosikan," kata mantan Dirut JSC ini.

(Raja Adil Siregar/detikTravel)(Raja Adil Siregar/detikTravel)
Ketika disinggung bentuknya yang ibarat dengan akal-akalan di Bali, Bambang tidak menampik. Bahkan diakui jikalau arsitektur pura memang berasal dari Bali langsung. Termasuk material dan tukang yang ikut mengerjakan pembangunanya.

"Arsitek, tukang dan material semua dari Bali. Pura dikerjakan olrh tukang mahir dan biasa membangun pura di Pulau Dewata. Terbukti hasiknya rasa di Bali, jadi sudah sepekan ini pura didatangi oleh banyak pengunjung," tutupnya.

Jadi masuk akal ya kalau foto di depan pura Swarnadwipa terasa sedang berada di Pulau Dewata. Jadi, mau tunggu apa lagi? Yuk pribadi tiba Palembang dan mampir ke pura yang lagi hits ini.

Post a Comment

 
Top