0 Comment
Bismillahirrahmanirrahim.....

Postingan ini bergotong-royong udah usang ada di dalam halaman draft, tapi apa daya belum juga dipublish. Baiklah, untuk mengurangi draft yang menumpuk saya akan merampungkannya. Better late than nothing, kan? #KlasikBangetDeh. Tapi siapkan stock cemilan yang banyak yah, alasannya yaitu ini bakalan jadi postingan puaanjaaang *secara bokk, udah ngadem bertahun-tahun* :D

Seperti yang udah saya dongeng klo April 2013 kemudian saya escape dari kantor buat liburan. Gak tanggung-tanggung pribadi ke dua Kota (Surabaya dan Solo) dan dua Negara pula (Singapura dan Kuala Lumpur). Rencana awal sih di Surabaya itu hanya transit doang tapi saya beruntung sanggup bonus sanggup ikutan #roadtoAseanBlogger 2013. Nah, sementara di Solo bergotong-royong bukan liburan tapi saya mencari second opinion dari diagnosis yang dokter berikan ke saya sebelumnya.



Antara Februari dan Maret 2013 itu saya merasa ada sesuatu yang aneh di ketiak saya, secara saya ini orangnya sanggup dibilang paranoid level dua terhadap suatu keluhan [penyakit] dan juga alasannya yaitu ingin memanfaatkan kemudahan jaminan asuransi kesehatan dari kantor (baca=ogahrugidotcom) jadi pergilah saya ke dokter. Awalnya ingin memeriksakan ini ke dokter jago dalam, fikiran saya kan keluhannya itu ada di potongan dalam. Eealaah koq malah saya diminta untuk ke dokter jago bedah?

Yasuuud, saya nurut saja dan menuju ke ruangan dokter jago bedah yang dimaksud. Jreeeng jreeeng *dengan back sound horoooorr*, hasilnya yaitu ada kelenjar di ketiak saya dan itu harus dibedah. Saat itu juga dokter memperlihatkan dua resep, yang satunya obat yang harus saya konsumsi dan satunya lagi itu yaitu rujukan untuk operasi, katanya sih operasi kecil. Tooeeeng, shock, panik, plus takut juga dong pastinya. Saya yang seumur hidup Alhamdulillah belum pernah nginap di rumah sakit bahkan untuk menunggui keluarga yang sakit pun eeh sekarang tiba-tiba diminta untuk operasi, which is pastilah saya bakalan melewatkan hari dengan jarum suntik, kabel infus dan jahitan-jahitan dokter. Operasi kecil atau apapun itu istilah dokter yang maksudnya baik dan gak buat saya parno mah gak mempan, operasi ya operasi serem, horor. Hiiiiy membayangkannya saja saya udah ngeri boookk.

Sebenarnya sih ini bukan penyakit baru, di tahun 2010 kemudian gejalanya udah mulai muncul. Waktu itu sempat ditemani Mama ke klinik herbal bersahabat rumah. Menurut hasil investigasi emang ada benjolan kecil di tempat ketiak saya, menyerupai jerawat tapi tumbuhnya di dalam dan terasa sakit kalau tangan ini digerakkan. Waktu itu cuma dikasih obat-obat herbal aja, harganya lumayanlah, waktu itu hampir setengah honor saya sebulan untuk membelinya, klo gak salah ada 3 macam obat gitu deh. Hasilnya? Emang terasa sih, sesudah mengkonsumsi herbal itu Alhamdulillah keluhan saya tadi hilang bahkan berkurang. Karena ini herbal jadi anjurannya yaitu kalau semua obat habis harus dilanjutkan lagi, diminum secara continue gitu. Nah berhubung saya merasa udah sehat jadi deh badung tidak melanjutkannya lagi. Secara saya ini bergotong-royong orang yang malas minum obat gitu. Di samping itu klo terus dilanjut beli obat herbal itu efeknya saya gak sanggup jajan-jajan online shop lagi deh :p

Nah alasannya yaitu dongeng tadi lah yang jadi alasan saya lanjut ke Solo sesudah balik dari KL itu untuk investigasi dan mendengarkan pendapat dari dokter jago disana, hmmm let's say for second opinion. Kebetulan kan Ririn dan yang lainnya akan balik ke sana, plus ditambah lagi emang saya belum pernah ke Solo jadi hayuuukk ajaah. Selain itu, di Solo ada rumah sakit yang mendapatkan swipe card untuk asuransi kesehatan saya, jadi tunggu apalagi? Mari kita lanjutkan langkah kaki ke Solo :D

Ada dua Rumah Sakit Swasta yang rekanan dengan asuransi saya itu, kebetulan salah satunya bersahabat dari asrama Ririn jadi kesanalah saya diantar oleh sister Ririn. Sama menyerupai Rumah Sakit di Kendari, disini juga saya pribadi disuruh periksa ke dokter jago bedah. Daaan lagi-lagi diganosa dokter juga sama bahwa saya mengalami nanah kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Kata dokter gak ada gunanya lagi dikasih resep obat, ini harus diangkat! Saya pribadi bilang ke dokternya "klo gitu saya mau dioperasinya di Kendari saja, Dok. Keluarga saya semua di sana, saya di sini cuma liburan saja dan tidak siap untuk operasi". Kata Dokter, salah satu penyebab adanya benjolan itu alasannya yaitu seringnya mencabut bulu ketiak. Jadilah pori-pori kulit terbuka. Pori-pori yang terbuka itu jadi jalan bakteri untuk masuk ke dalamnya. Ooh iyah, ketika konsultasi itu benjolan di ketiak saya itu emang sedang meradang, bentol merah menyerupai biji-biji gitu. Makanya aja tuh dokter gak punya cara lain selain operasi (/.\)

Baca juga: Pinset VS Razor

Balik Kendari pribadi ketemu dokter bedah yang menangani saya itu, saya lapor bahwa saya udah berani untuk menjalani operasi itu. Padahal sih bergotong-royong bo'ong, saya masih orisinil dag dig dug deeerrr gak karuan menghadapi operasi itu. Selanjutnya saya ke RS serahkan surat rujukan dokter, skalian deh daftar. Berhubung hari itu (Jumat 26 April 2013) kamar VIP nya masih full jadi pihak RS komitmen akan menghubungi saya begitu ada ruangan yang siap untuk saya.

Besoknya udah dari pagi aja saya harap-harap cemas menunggu kabar dari pihak RS, sampe sore saya tungguin masih juga belum ada. Selesai Shalat Magrib ada SMS masuk, katanya itu dari pihak Rumah Sakit. Saya coba telpon untuk make sure dan katanya emang benar udah ada kamar yang available dan malam itu juga saya udah sanggup masuk untuk opname. Langsung bilang ke Mama, Tante dan Kakak-kakakku untuk siap-siap nganterin ke RS.

Tiba di RS nanya perihal kamar yang katanya udah available itu emang udah ada eeh tapi pas kami ngecek ke kamarnya ternyata masih belum bemar-benar siap. Seprainya aja masih belum diganti, masih berair gak terperinci gitu, lantai masih kotor dan lebih parahnya lagi masih ada sisa infus yang belum dilepas dari tiangnya. Ini maksudnya apa coba? Kenapa udah minta saya untuk tiba dan katanya udah siap opname malam itu juga? Huuuuft.

Dari pihak RS minta maaf gitu dan berjanji untuk segera membereskan kamar itu. Sambil nunggu saya digiring ke ruangan UGD untuk diperiksa, cek tekanan darah sekalian diambil darah juga untuk keperluan laboratorium. Pihak RS sekalian konfirmasi ke dokter klo saya udah siap opname dan operasi. Setelah semua beres kami kembali lagi mengecek kamar dan fiiiuuuh kondisinya masih sama aja dengan sebelumnya. Iiiihh, ogah banget dong saya mau tidur disitu! Udah jam 10 lewat juga jadi kami tetapkan untuk kembali pulang ke rumah saja, pagi-pagi kami komitmen akan tiba lagi.

Besoknya, selepas Shalat Subuh saya udah siap-siap lagi kembali ke RS ketika itu diantar ma Tante. Tiba di RS pribadi ke kamar, seprainya udah diganti, udah gak ada sisa infus juga tapi sayangnya lantainya masih berdebu nampaknya belum dipel. Yasudlah sambil nunggu cleaning servicenya, kami nonton tv aja. Ealaaah tvnya juga error, gak ada remotenya pula, suaranya bising, volumenya harus diatur secara manual plus susah ganti channel. Sekitar jam 10an saya udah gelisah aja. Daripada BT tak berkesudahan, kami coba untuk tidur saja. 

Sorenya perawat masuk, info ke kami klo sebentar lagi Dokternya akan visite. Fiuuuhh, syukur deh. Gak usang kemudian sang Dokter Bedah yang udah usang dinantikan hasilnya tiba juga. Ngobrol ama Dokter dengan santai, pesannya gak boleh tegang. Ntar, sekitar jam 8 malam nanti perawat akan masuk dan mulai pasang infus serta diberikan obat. Jam 12 dini hari udah harus puasa alasannya yaitu dijadwalkan akan operasi jam 7 pagi.

Toeeeng! Antara galau, cemas, takut campur aduk jadi satu. Tapi berusaha tenang, kemudian bilang dalam hati klo ntar lagi si penyakit akan diangkat, jadi harus tenang. Sore itu masih ditemani para Tante dan Nenek juga. Kebetulan ada beberapa sobat juga yang berkunjung sore itu. Mereka heran, pasiennya masih sanggup hilir mudik, hihihih. 

Selepas Magrib mulai deh siap-siap. Makan dulu terus tetap berusaha rileks. Ntar lagi perawat akan tiba membawa infus, huhuhuh. Seperti yang sudah dijadwalkan, para perawat muncul dengan diiringi musik horor membawa alat medis: stetoskop, alat ukur tekanan darah, beserta infus dan tiangnya. Saya masih terus berusaha untuk rileks, tenangkan hati sambil Istigfar. Ini kali pertama saya akan disuntik! Si Perawat mengukur tekanan darah saya, mencatat kemudian mulai mengambil jarum suntik. Mencari nadi saya yang akan ditempeli kabel-kabel itu. Oh noooo, jarum itu masuk dan rasanya nyuut nyuut nyuut. Seperti isyarat Dokter, jam 12 dini hari saya sudah harus puasa. 

Bangun Subuh, Shalat kemudian siap-siap menuju ke ruang operasi. Yeaah, Alhamdulillah ke ruang operasinya masih sanggup jalan. Masuk ruang operasi itu menyerupai horor! Untungnya Dokter dan Paramedis yang bertugas baik semua. Setelah ganti baju khusus dan sebelumnya si bulu ketiak saya dicukurin, kemudian saya digiring ke meja operasi. Masih diajak becandaan aja ama Dokter, di tanya ini itu sampai hasilnya saya tak sadarkan diri. Eehh berdiri udah kembali ke ruangan perawatan. Saat itu saya masih di bawah imbas bius, semua masih samar-samar. Antara percaya dan gak percaya. Alhamdulillah, I'm still life

Rasanya haus banget, tapi gak dikasih alasannya yaitu saya belum pup, huhuhuh. Cuma ditetesi madu ama air super dikit di bibir, ikss. Gak berasaaaa. Saya haauuusss, lapaaarrr. Tapi tetap disuruh tenang. Malah diceritain tragedi abstrak tadi waktu saya gres dipindah dari ruang operasi ke ruang perawatan. Hiyaaa, mana eyke tahu klo saya berhalusinasi kan masih dalam imbas obat, hahahah. Maluuuu. Mana tadi katanya diangkat ama perawat-perawat cowok, huhuhuh. 

Saya diceritain klo operasinya Alhamdulillah berjalan lancar. Katanya yang diangkat dari ketiak kiri saya itu besarnya menyerupai biji asam. Ada beberapa tapi gak sempat difoto ama keluarga, cuma dilihatin terus dibawa pergi ama paramedis. Kata Dokter sih masih ada lagi di beberapa potongan tapi tidak sanggup diangkat bersamaan alasannya yaitu malah berbahaya kalau dipaksakan. Pesan Dokter saya harus jaga tumpuan makan, gak boleh yang instan-instan, harus yang sehat. Di awal-awal saya memang masih mematuhi hikmah Dokter, tapi makin kesini mulai melanggar. Walau saya berusaha kontrol sih aktivitas makan yang instant-instant itu, hihihih. 

Sehat itu berharga. Sehat itu mahal, tapi lebih mahal lagi kalau kita sakit! Yasudah ngeluarin biaya, korbanin waktu, buat orang disekitar jadi cemas menunggui kita, huhuhuh. Terimakasih Yaa Allah telah menlancarkan operasi itu. Keluargaku sayang yang setia menemani serta mendoakan. Teman-teman yang sudah menjenguk dan mendoakan juga. Dokter dan Paramedis yang sabar ama pasien badung ini. Thanks All :*

Inilah moment berharga saya dan tak akan pernah sanggup dilupakan, pertama kalinya nginap di Rumah Sakit! Gak cuma nginap tapi jadi pasien selama 4 malam, pertama kali diinfus plus operasi pula, hiks. 

Jaga kesehatan dan atur makan serta rajin olahraga ya, Temans ;)








Ohya lupa, sepatah kata untuk Kak Ira dan blognya: terus menulis yah Kak, semangat selalu. Blognya udah kece gini menyerupai orangnya, inspiratif dan reviewnya keren-keren. Salut deh ama Emak satu ini :) 



Post a Comment

 
Top