0 Comment
Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Tren masakan selalu berubah seiring dengan bergantinya tahun. Tidak terkecuali dikala tahun 1950 hingga 1970. Makanan apa yang tren dikala itu?

Perbedaan cara pandang orang di masa dulu dan masa sekarang juga menyangkut soal makanan. Karena tren masakan pada masa itu niscaya terasa asing bila ada di masa kini. Ini beliau 5 tren masakan tahun 1950 hingga 1970 yang dilansir MNN (6/1)

1. Tahun 1950an

Ini Dia 5 Makanan Aneh yang Makara Tren di Tahun 1950 Hingga 1970 anFoto: Istimewa
Hidangan ini berjulukan Monterey Souffle Salad. Menu ini terinspirasi dari film science fiction tahun 1958 yang berjudul The Bolb. Film ini menceritakan alien yang menyerang bumi. Tapi bentuk aliennya tidak berkepala besar atau serupa dengan monster, melainkan berwujud lendir merah.

Monterey Souffle Salad ini terbuat dari agar-agar rasa lemon, mayonnaise, sayuran, dan tuna. Kreasi biar ini dibuat tahun 1955 dan terlihat menakutkan alasannya ada sayur yang dibuat ibarat mata sempurna di bab tengah. Entah bagaimana rasa biar yang satu ini. Pasalnya semua materi tadi dipanggang, bukan didinginkan.

Baca Juga: Bikin 4 Sandwich Kekinian, Ala Kafe Bersama Chef Odie Djamil

Ini Dia 5 Makanan Aneh yang Makara Tren di Tahun 1950 Hingga 1970 anFoto: Istimewa
Ada sandwich varian gres di tahun 1958. Sandwich yang satu ini dilumuri sup! Ada empat pilihan sandwich dengan 4 rasa sup. Sandwich ayam berpasangan dengan sup rasa ayam. Sandwich keju berpasangan dengan sup tomat. Terakhir ham sandwich berpasangan dengan sup seledri creamy sup. Cara makan sandwich yang satu ini niscaya harus pakai garpu dan pisau. Seperti makan steak saja.

2. Tahun 1960an

Ini Dia 5 Makanan Aneh yang Makara Tren di Tahun 1950 Hingga 1970 anFoto: Istimewa
Perusahaan sirup jagung berjulukan Karo Syrup menciptakan peppermint popcorn berbentuk pohon dengan cara merekatkannya dengan sirup Karo. Hal ini terlihat asing alasannya ada ornamen lilin sungguhan yang direkatkan pada benda berbentuk buah ceri.

Dalam kolom keterangan, iklan itu menyebutkan resep dasar permennya. Permen itu terbuat dari Karo, gula, dan margarin. Namun di bab bawah iklan, Karo menyebut masakan ini masakan yang menyehatkan. "Gula yang diproses dalam badan secara pribadi menmbah energi (tubuh)," tulis iklan sirup jagung tahun 1962 itu.

Ini Dia 5 Makanan Aneh yang Makara Tren di Tahun 1950 Hingga 1970 anFoto: Istimewa
Sebelumnya, di tahun 1960 ada sajian asing namun menarik. Namanya Mazola Corn Oil Patio Partners. Ini dua sajian yang dihidangkan jadi satu. Ayam panggang dan coleslaw salad. Ayam panggangnya jadi penyangga coleslaw salad.

Coleslaw salad ini terdiri dari wortel dan kol yang diserut halus kemudian dicampur dengan dressing berupa olive oil dan cuka. Namun salad yang ada pada tahun tersebut ditambah dengan saus cranberry yang dibekukan dan diberi topping mayonnaise. Bagaimana kesudahannya jikalau ada yang mengambil ayamnya lebih dulu, ya?

3. Tahun 1970an

Ini Dia 5 Makanan Aneh yang Makara Tren di Tahun 1950 Hingga 1970 anFoto: Istimewa
Tahun 1970 merek masakan kemasan berjulukan Mrs Paul's Fish Sticks menciptakan iklan yang unik. Perusahaan yang menjual ikan fillet siap saji dalam kemasan ini membagikan resep untuk mengolah ikan kemasannya dengan lezat. Tapi pembeli harus mengisi data diri di bab bawah lembar iklan itu.

Setelah itu, potong lembar dari resep yang diinginkan dan mengembalikannya pada kasir di kawasan membeli masakan kemasan itu. Kemudian pembeli hanya tinggal duduk bagus di rumah, menunggu kurir tiba membawa resep yang diinginkan tadi. Tidak diketahui berapa waktu yang diperlukan biar resep yang diinginkan tadi hingga di rumah pembeli.

Ini Dia 5 Makanan Aneh yang Makara Tren di Tahun 1950 Hingga 1970 anFoto: Istimewa
Egg nets ini sempat viral tahun kemudian dengan nama cloud eggs.Cara pembuatannya juga mudah. Siapkan telur ayam dengan suhu ruangan. Pisahkan kuning dan putihnya. Kemudian kocok putih telur dengan nikser hingga kaku. Jangan lupa tambahkan garam dan merica. Juga materi lain ibarat keju, cincangan daging asap atau cincangan seledri. Aduk hingga rata.

Sendoki putih telur ini dan taruh di atas loyang datar, buat sedikit cekungan di tengahnya. Panggang dalam panggangan panas 200 C selama 5 menit. Keluarkan dari oven, masukkan kuning telur di tengah cekungan putih telur. Panggang lagi selama 2 menit. Cloud eggs siap disajikan. Tahun 1977 harga cloud eggs hanya 42 cent atau jikalau ditukar dengan rupiah dikala ini hanya sebesar Rp 6.600.

Ini Dia 5 Makanan Aneh yang Makara Tren di Tahun 1950 Hingga 1970 anFoto: Istimewa
Masih di tahun 1970 an, ada sajian berjulukan Mock Apple Pie. Tidak ada yang asing dengan rasa hidangan yang satu ini. Rasanya ibarat apple pie biasanya. Tapi sebetulnya apple pie ini tidak menggunakan buah apel melainkan menggunakan biskuit Ritz Crakers. Kenapa tidak pakai apel sungguhan saja, ya?

Baca Juga: Selamat Pagi, Ini Cloud Eggs yang Sedang Makara Tren Sarapan Pagi

Post a Comment

 
Top