0 Comment
8 Model Kaftan yang Banyak Dicari Untuk Idulfitri Tahun Ini

Jakarta -

Bulan bulan rahmat akan hadir dalam hitungan hari. Momen Istimewa ini biasanya dirayakan dengan sukacita oleh umat muslim di Indonesia. Mulai dari masakan sampai pakaian biasanya mempunyai tradisi sampai tren khusus.

Satu per satu desainer busana muslim merilis koleksi bulan rahmat dan Hari Raya. Tren yang dibawa oleh para desainer sudah mulai terlihat arahnya. Mulai dari Irna Mutiara, Ria Miranda, Barli Asmara, sampai Tuty Adib tampaknya mempunyai aliran serupa perihal gaya busana muslim yang akan banyak digunakan bulan rahmat ini.

1. Warna yang menenangkan

Tren Busana bulan rahmat 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraTren Busana bulan rahmat 2018. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Ramadan identik dengan suasana syahdu dan suci, sehingga tak heran jikalau warna-warna yang dipilih oleh para desainer tak jauh-jauh dari warna netral. Irna Mutiara memprediksi warna yang memperlihatkan ketenangan menyerupai putih akan tetap dipilih oleh perempuan muslim di kala ini.

Hal ini diamini oleh Khanaan Shamlan dan Ria Miranda. "Wanita muslim ketika ini terlihat lebih menyukai warna-warna kalem. Jika tiga tahun ke belakang, warna-warni dengan gaya hijab macam-macam itu jadi tren, maka tahun ini lebih simple dan warnanya juga lebih tone down," tutur Khanan pada program peluncuran koleksi bulan rahmat bersama Zalora hari Kamis (03/05/2018).

Desainer lain yang membawa warna netral nan syahdu yaitu Barli Asmara. Beberapa waktu kemudian ia merilis koleksi bulan rahmat bertajuk Shubarasi yang didominasi oleh warna khaki, abu-abu, hitam, dan putih.

2. Kaftan modern

Tren Busana bulan rahmat 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraTren Busana bulan rahmat 2018. Foto: ist

Kaftan seolah sudah menjadi busana ciri khas Ramadan. Menurut desainer Tuty Adib, kaftan tak dapat dilepaskan dari bulan rahmat dan lebaran. Pemilihan kaftan masih akan terus diminati sampai bulan rahmat tahun selanjutnya.

Desainer Khanaan Shamlan pun menyetujui hal itu. "Lebaran itu biasanya banyak aktivitas. Kalau pakai kaftan itu longgar, nyaman dipakai. Kalau makan banyak pun, bentuk badan tetap tertutup," tuturnya.

Hanya saja desain kaftan pun berkembang. Jika dulu kaftan dengan warna-warna jelas dan aksen mencolok banyak dijual, kini desain kaftan menjadi lebih modern dan cocok digunakan oleh generasi muda.

3. Scarf dan busana bermotif

Tren Busana bulan rahmat 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraTren Busana bulan rahmat 2018. Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Tren scarf motif dari tahun 2017 masih berlanjut sampai tahun ini. Hampir setiap desainer meluncurkan scarf dengan pattern printing. Scarf bermotif pun tak hanya digandrungi oleh para hijabers, tapi perempuan yang tak berhijab.

"Tren scarf bermotif muncul alasannya yaitu kini digital printing sudah jauh lebih gampang dibandingkan dulu. Kaprikornus tampaknya akan banyak desainer maupun merk lokal yang tergerak untuk menciptakan kain printing," ungkap Irna Mutiara ketika ditemui di Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Tren Busana bulan rahmat 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraTren Busana bulan rahmat 2018. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Tak hanya scarf, banyak desainer yang juga mulai melirik busana dengan motif printing. Banyak juga yang mulai berani menciptakan busana set atau setelan bermotif. Contohnya karya terbaru dari Itang Yunasz dari label Alea Itang Yunasz dengan berani melaksanakan adu motif pada koleksi terbarunya.

4. Khimar syar'i

Tren Busana bulan rahmat 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraTren Busana bulan rahmat 2018. Foto: Dok. Tim Muara Bagdja

Semakin berkembangnya tren busana muslim, banyak hijabers yang mulai sadar pentingnya berhijab sesuai syariat. Tren busana syar'i pun semakin digandrungi. Hal ini diakui oleh CCO (Chief Community Office) HIJUP Hanna Faridl bahwa khimar jadi salah satu produk terlaris di e-commerce muslim tersebut.

Pada program annual show yang dilaksanakan merek busana syar'i Si.Se.Sa, dihadiri oleh selebriti Tanah Air menyerupai Kartika Putri sampai Mulan Jameela dengan menggunakan busana syar'i. Jika para selebriti sudah mau menggunakan busana syar'i, tak menutup kemungkinan busana tersebut akan diikuti oleh para fansnya sampai menjadi tren.

Ramadan juga biasanya diwarnai oleh acara-acara keagamaan. Busana sesuai syariat akan lebih cocok untuk dikenakan.

5. Gaya hijab sederhana

Tren Busana bulan rahmat 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraTren Busana bulan rahmat 2018. Foto: Silmia Putri

"Sekarang para muslimah sudah semakin tahu gaya menyerupai apa yang mereka inginkan, mereka juga tampil lebih sederhana dan classy" ungkap Ria Miranda pada program peluncuran koleksi bulan rahmat bersama Zalora hari Kamis (03/05/2018).

Tren Busana bulan rahmat 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraRia Miranda. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Gaya simple dan simpel sudah semakin diminati. Tren jilbab bermacam-macam gaya di tahun 2010 sudah tak lagi digunakan tahun ini. Hijab segi empat berbahan katun yang nyaman, dikenakan dengan sederhana, tampaknya akan mewarnai gaya hijab bulan rahmat tahun ini.

Post a Comment

 
Top