0 Comment
Foto: Istimewa/CNNFoto: Istimewa/CNN

Jakarta - Apapun yang berkaitan dengan masakan pastilah menarik perhatian. Termasuk formasi ekspo masakan seru yang digelar rutin di beberapa negara.

Ada ekspo menciptakan bubur di Skotlandia sampai ekspo memanen buah cherry di Michigan. Bukan sekadar perayaan biasa, ekspo ini bisa jadi salah satu cara menggaet wisatawan. Apa saja ekspo masakan unik lainnya?

1. Festival menciptakan bubur, Skotlandia
Festival Bubur sampai Panen Buah Cherry, Ini 5 Festival Makanan Unik di DuniaFoto: Istimewa/CNN
Di Skotlandia, bubur jadi hidangan sarapan klasik yang sangat populer. Biasanya bubur juga diolah dengan tambahan muesli. Saking spesialnya hidangan ini, masyarakat Skotlandia bahkan mempunyai hari khusus untuk menggelar ekspo bubur.

Event ini digelar di Carrbridge, sebuah desa kecil di Taman Nasional Cairngorms. Bukan sekedar ekspo biasa, ini ialah World Porridge-Making Championship alias lomba memasak bubur tingkat dunia.

Terkesan sepele tapi menciptakan bubur ala Skotlandia ini tidaklah gampang alasannya ialah adonan harus diaduk terus menerus beberapa jam. Setelah lomba berakhir, masyarakat akan menyantap bubur bersama-sama.

Baca juga : Ini 10 Festival Makanan Unik yang Ada di Amerika (1)

2. Pasar Bawang, Swiss
Festival Bubur sampai Panen Buah Cherry, Ini 5 Festival Makanan Unik di DuniaFoto: Istimewa/CNN
Festival bawang atau pasar bawang selalu digelar secara rutin di Bern. Nama ekspo ini Bern's Onion Market yang juga tercatat sebagai ekspo rakyat terbesar di Swiss.

Ada sekitar 50 ton bawang yang dikepang, dibuat melingkar atau di tata memanjang. Meskipun produk utamanya ialah bawang tapi di sini juga dijual bermacam-macam pakaian, aksesoris sampai mainan anak-anak.

Festival dimulai pada pagi hari pukul 6 dan seluruh area ini akan bau bawang. Termasuk juga ada hidangan berbahan bawang yang bisa dijajal ibarat sup bawang sampai camilan anggun bawang yang dipanggang.

3. Festival selada air, Inggris
Festival Bubur sampai Panen Buah Cherry, Ini 5 Festival Makanan Unik di DuniaFoto: Istimewa/CNN

Di Hampshire ada ekspo masakan yang rutin digelar yakni ekspo selada air. Selada air memang bukan materi baku namun sayuran ini kerap ditambahkan dalam masakan tradisional Inggris ibarat sup, salad sampai saus.

Festival ini digelar setiap ahad ketiga bulan Mei di desa New Alresford. Saat program digelar, sepanjang jalan desa ini akan dijumpai para petani yang membawa produk hasil pamen mereka.

Di sini juga bisa dijumpai masakan dengan adonan selada air ibarat ikan trout dengan selada, daging sapi dengan selada sampai selada gulung yang ibarat sushi. Acara ini juga menobatkan sepasang orang yang akan dipilih jadi Ratu dan Raja Selada. Menarik ya!

4. Festival dumpling, Hong Kong
Festival Bubur sampai Panen Buah Cherry, Ini 5 Festival Makanan Unik di DuniaFoto: Istimewa
Festival ini rutin digelar setiap tahunnya. Pada hari ke lima sehabis pergantian tahun gres China akan banyak orang yang menciptakan dan menyajikan dumpling atau pangsit.

Saat ekspo berlangsung, di Hong Kong ini jadi hari libur nasional. Makara tak heran banyak orang tumpah ruah ke jalan demi bisa meramaikan momen makan dumpling. Selain makan pangsit, masyarakat juga menggelar lomba dayung bahtera naga.

Baca juga : Festival Serangga dan 'Perang Tomat', Festival Makanan Unik di Dunia (2)

5. Festival buah cherry, Michigan
Festival Bubur sampai Panen Buah Cherry, Ini 5 Festival Makanan Unik di DuniaFoto: Istimewa/CNN

Kota Traverse di Michigan selalu besar hati dengan hasil buminya yang berlimpah yakni buah cherry. Buah cherry mulai ditanam semenjak tahun 1852 dan sampai sekarang jumlah pohonnya meningkat tajam.

Pohon cherry di Michigan terbilang sangat besar lengan berkuasa alasannya ialah pohon ini bisa bertahan pada isu terkini hambar yang ekstreme. Puncak masa panen buah ini terjadi di bulan Juli dan ekspo digelar selama seminggu.




Tonton juga 'Variasi Makanan Penutup yang Beraneka Ragam dan Kekinian':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top