0 Comment
Foto: detikFoodFoto: detikFood

Jakarta - Proses roasting sangat diperlukan, terlebih jikalau Anda tertarik berbisnis kopi. Roasting sanggup memilih profil dan rasa kopi apa yang akan dijual. Sebelum proses roasting, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Roasting merupakan proses penting untuk memilih karakteristik rasa dan aroma pada racikan kopi. Meskipun dengan biji kopi yang sama, tetapi jikalau profil roasting yang dilakukan berbeda sanggup menghasilkan rasa yang berbesa pula. Sebelum melaksanakan roasting, penting untuk perhatikan 4 hal ini.

Baca juga : Mengenal Lebih Dakam Rasa dan Aroma Kopi Lewat Proses Cupping

Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Proses RoastingFoto: dok. detikFood

1. Memilih biji kopi
Sebelum diroasting, biji kopi yang dipilih merupakan biji kopi yang berwarna merah. Selain itu, harus mengetahui kepadatan biji kopi yang akan di-roasting. Biasanya biji kopi yang ditanam di dataran yang lebih tinggi, isinya jauh lebih padat. Meskipun panennya termasuk lama, tetapi hasil biji kopi yang dihasilkan sangat bagus.

2. Lama ketahanan biji kopi
Kopi yang sudah di-roasting dan belum menjadi bubuk, sanggup disimpan hingga 3 bulan asalkan tidak ditempatkan di suhu yang panas. Namun, dikala sudah menjadi debu hanya sanggup bertahan hingga 3 minggu.

3. Mengatur temperatur
Menurut Aris, mengatur temperatur juga harus hati-hati. "Jangan berpatok apa angka di alat roasting saja, karna sanggup saja berbeda. Dibutuhkan feel untuk itu, dilihat rasanya, aromanya dan warnanya" tutur Aris dari Indonesia Coffee Academy.

Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Proses RoastingFoto: dok. detikFood

4. Pemilihan mesin
Pemilihan mesin dibutuhkan untuk melaksanakan roasting. Karena hal tersebut berafiliasi dengan transfernya. Ada tiga jenis mesin yaitu, conduction, confection dan radition. Ketiganya berkenaan dengan api yang dipakai untuk meroasting.


Tonton video: Wow! Bermodalkan Rp 80 Juta Sudah Bisa Buka Kedai Kopi

[Gambas:Video 20detik]




Kini kedai kopi banyak yang memakai confection. "Confection sistemnya itu hot air, jadi api tidak kontak pribadi dengan biji kopi, tetapi ada uap panas. Otomatis tingkat kerataannya jauh lebih tinggi" terang Aris.

Baca juga : Mau Buka Coffee Shop Sendiri Perhatikam Dulu 7 Hal Penting Ini



Post a Comment

 
Top