0 Comment
Suasana acara. Foto: alif/detikinetSuasana acara. Foto: alif/detikinet

Singapura - Serangan siber dengan banyak sekali macam tujuan belakangan marak terjadi. Tidak hanya menyasar perangkat PC atau laptop, serangan bahkan juga menyasar perangkat yang sering tak kita sadari, yakni printer.

Dalam beberapa tahun, teknologi dalam printer mengalami evolusi yang makin canggih. Beberapa produsen bahkan telah membekalinya dengan kemampuan untuk terhubung dengan jaringan atau dikenal dengan istilah Internet of Things (IoT).

Teknologi tersebut memang tidak dipungkiri menciptakan kinerja dan produktitas insan semakin terbantu. Namun, ada sisi negatif di mana hal ini membuka celah untuk para hacker menyusup.

"Di tahun 2016 kemarin banyak terjadi kasus peretasan dengan jumlah lebih dari 40% kebobolan data. Serangan terhadap printer menjadi senjata gres bagi hacker dan ini ialah sesuatu yang tidak terpikirkan sama sekali dan dianggap remeh," ujar Joe Wagle, WW Director, Security & Industry Solutions Consulting, HP saat keynote di program IDC HP Security Forum di Singapura, Rabu (7/6/2017).

Dari beberapa kasus yang terjadi, Wagle menyorot apabila sebanyak 64% printer terinfeksi malware dan 60% data telah kebobolan di tahun 2016 lalu.

Sementara itu Sandra Ng, Vice President, Practice Group IDC Asia Pacific memaparkan bahwa dalam laporan IDC di tahun 2017, sebanyak 95,6% perusahaan atau organisasi di Asia Tenggara tidak dilengkapi sistem keamanan TI yang benar. Hal ini juga berlaku terhadap sumbangan printer, khususnya printer yang sudah dilengkapi dengan konektivitas jaringan.

"Dari ratusan juta printer yang tersebut di dunia, kurang dari 2%-nya dibekali dengan fitur keamanan. Dan hal ini menimbulkan laba bagi hacker," tegas Sandra.

Tak ketinggalan, Wilson Chin selaku Head of Marketing Asia Pacific, Splunk menambahkan bahwa printer memang menjadi perangkat yang disepelekan. Rata-rata orang tidak terpikirkan untuk memberi sumbangan keamanan terhadap printernya.

"Kalau kita bicara level konsentrasi keamanan dalam perangkat, PC menempati urutan nomor satu dengan persentase 91%, kedua ada perangkat mobile dan server dengan persentase 77%. Lalu bagaimana dengan printer? Hanya 18%," ujar Wilson di kesempatan yang sama.

Karenanya, HP sebagai produsen printer ternama merasa ikut bertanggung jawab terhadap serangan yang menyasar printer. Solusinya ialah dengan menunjukkan perangkat printer A3 MFP yang dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat tinggi.

Post a Comment

 
Top