0 Comment
Masa kehamilan ialah masa istimewa bagi setiap wanita. Apalagi jikalau kehamilan itu sudah usang ditunggu oleh keluarga, makin istimewalah hari-hari sang Ibu hamil (Bumil). Alhamdulillah, aku sudah melewati dan sedang mencicipi kembali indahnya masa-masa hamil itu. Masing-masing kehamilan punya ceritanya sendiri. 


Bagi bumil, di trimester pertama itu rasanya nano-nano lantaran adanya morning sickness yang sering menghampiri para bumil. Alhamdulillah, beruntungnya aku dua kali hamil ini tidak dihinggapi yang namanya morning sickness. Pengen yang aneh-aneh atau menyusahkan juga Alhamdulillah tidak. Saya malah kadang jadi mupeng sendiri pengen ngidam ini itu juga biar jadi Istimewa #eh. Beda lagi dengan trimester selanjutnya, trimester kedua dan ketiga dimana perut mulai membuncit dan biasanya penyakit kehamilan juga mulai menghampiri 👶

Pada Ibu hamil, biasanya yang sering jadi kisah ialah semakin seringnya sang Bumil 'langganan' dengan toilet. Bukan untuk semedi ataupun hal lainnya melainkan lantaran hasrat ingin buang air kecil (BAK) yang lebih sering lantaran diakibatkan oleh semakin buncitnya perut yang menekan perut bawah dan jadilah berasa kebelet pipis. Bagi Bumil sebaiknya jangan pernah menahan diri untuk tidak segera ke toilet jikalau impian untuk berkemih muncul lantaran akan menjadikan penyakit, salah satunya ialah anyang-anyangan atau tanda-tanda awal bisul jalan masuk kemih (ISK) yang sering menghampiri para ibu hamil dan ISK ini merupakan penyakit yang sanggup terjadi berulang. Jadi, wajib waspada yah!

Anyang-Anyangan; Penyebab dan Tanda-Tandanya


Anyang-anyangan ialah salah satu indikasi dari penyakit bisul jalan masuk kemih. Dimana kondisi pasien akan mengalami buang air kecil yang harusnya keluar banyak namun pada ketika mengalami anyang-anyangan biasanya air yang keluar sedikit dan muncul rasa nyeri, umumnya terjadi lantaran seringnya menahan buang air kecil itu sendiri. Wanita lebih berisiko terkena anyang-anyangan lantaran secara anatomi, jarak antara jalan masuk kemih (uretra) ke jalan masuk pembuanhan air besar lebih dekat, akan tetapi pada laki-laki pun juga tetap harus waspada akan ancaman anyangan-anyangan ini. 

Menurut dokter mahir urologi, dr. I. B. Tatwa Yatindra, Sp.U, penyebab anyang-anyangan antara lain disebabkan oleh bakteri E.Coli yang masuk ke dalam jalan masuk kemih. Oleh lantaran itu jagalah kebersihan ketika berkemih atau pada ketika ke toilet. Disamping itu karena terlalu banyak minum yang berefek diuretik ibarat alkohol, kopi dan teh. Pada perempuan biasanya disebabkan lantaran kehamilan. Selain itu rasa cemas yang berlebih menjadikan otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis dan diverticulitis.*)

Konon, anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan tanda-tanda yang spesifik. Namun, secara umum kita sanggup mengetahui tanda-tanda bahwa sanggup jadi kita mengalami anyang-anyangan dengan ciri sebagai berikut: 
  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil
  • Buang air kecil lebih sering tapi dengan volume sedikit-sedikit
  • Jika terjadi pada perempuan akan terasa nyeri pada panggul
  • Jika terjadi pada laki-laki akan menimbulkan tanda-tanda nyeri pada anus
  • Rasa perih ketika buang air kecil
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang kala mengandung darah
  • Merasa lelah dan kurang sehat
  • Demam. 

Nah, kembali lagi ke kisah kehamilan aku yah. Waktu hamil Faraz lalu, ketika memasuki kehamilan trimester kedua menuju ketiga aku sempat diminta dokter untuk cek lab lengkap lantaran pada ketika konsul aku mengeluh BAK yang lebih sering dari biasanya. Ulalaaa, ternyata hasil labnya menyebutkan bahwa aku mengalami ISK dan ketika itu eksklusif diberi obat oleh dokter. Sambil diminta biar rajin minum dan tidak menahan diri jikalau hendak berkemih. Alhamdulillah, dengan mengikuti semua saran dokter ISK nya hilang. 

FYI, meskipun ISK bukan tergolong penyakit serius, tetapi jikalau bisul jalan masuk kemih tidak diobati maka sanggup memicu terjadinya bisul ginjal. Parahnya hal ini sanggup mengakibatkan persalinan dini dan berat lahir rendah pada janin yang dikandung. 

Tips Mencegah Anyang-Anyangan 

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut beberapa cara yang sanggup ditempuh untuk mencegah anyang-anyangan antara lain:
  1. Perbanyak Minum Air Putih; Jangan sepelekan usulan minum air putih 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air. Untuk Ibu hamil malah disarankan untuk ditambahkan menjadi 3 liter air dalam sehari. Sebaiknya minum juga sehabis buang air kecil biar mengganti cairan yang keluar. 
  2. Buang Air Kecil; Jangan pernah menahan BAK. Jika ada rasa ingin berkemih segeralah dan jangan ditahan.  
  3. Menjaga Kebersihan; Basuhlah organ intim dengan memakai air bersih. Banyak diantara kita yang masih belum menyadari cara membasuh organ intim dengan baik. Bagi wanita, basuhlah organ intim dari arah depan ke belakang. Sehingga kuman dan basil tidak masuk ke dalam organ intim. Jika membasuh dari arah sebaliknya (dari belakang ke depan) justru akan membawa semua kuman dan basil masuk ke dalam organ intim sehingga rentan mengakibatkan anyang-anyangan ataupun bisul jalan masuk kemih. 
  4. Celana Dalam Ketat; Pakaian dalam yang ketat sanggup menimbulkan munculnya basil Chlamydia (bakteri yang juga sanggup mengakibatkan anyang-anyangan pada wanita) lantaran kuman dan basil ketika keputihan sanggup masuk ke dalam jalan masuk kemih dan mengakibatkan infeksi. 
  5. Mandi dengan Air yang Mengalir; Mandi dengan air yang mengalir sanggup mencegah adanya bisul jalan masuk kemih lantaran ketika mandi dengan memakai air mengalir maka kuman dan basil sanggup luruh bersamaan dengan air yang diguyurkan. 
  6. Konsumsi Buah Cranberry (Vaccinium oxycoccos); Menurut suku Indian kuno tumbuhan ini sudah diketahui khasiatnya semenjak jaman moyang mereka sebagai obat luka jawaban terkena panah. Belakangan ini cranberry terkenal dipakai sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan dan sebagai antioksidan lantaran buah ini diyakini memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi. Sayangnya flora ini masih jarang ditemukan di Indonesia! Tapi jangan berkecil hati dulu lantaran kini kita sanggup dengan gampang menemukan manfaat ekstrak buah Cranberry di dalam kemasan Prive Uri-cran
Uricran ialah solusi kondusif bagi penderita anyang-anyangan lantaran bersifat alami. Kandungan ekstrak buah cranberry sanggup membantu kebutuhan para ibu hamil dalam memelihara kesehatan jalan masuk kemih.


Produk uri-cran ini tersedia dalam dua bentuk kemasan (kapsul dan sachet). Untuk kemasan kapsul (Prive Uri-cran) dengan takaran 1-2 kapsul/hari, dalam satu boxnya terdapat 30 kapsul. Sedangkan untuk kemasan sachet (Prive Uri-cran plus) dengan takaran 1-2 sachet/hari dan dalam satu boxnya terdapat 15 sachet. Dapat ditemukan di Apotek terdekat ataupun toko obat seperti: Kimia Farma, Guardian, Century, Watsons dan Viva Generik. 

Nah, tunggu apalagi? Jangan lupa sedia dan konsumsi Prive Uri-cran setiap hari yaah untuk mencegah anyang-anyangan itu. 


*) Sumber bacaan:
http://uricran.co.id/2016/04/15/gejala-anyang-anyangan-yang-harus-anda-ketahui/



 

Post a Comment

 
Top