0 Comment
Foto: istimewaFoto: istimewa

Jakarta - Setelah memastikan jika Windows nantinya tersedia untuk perangkat berbasis prosesor ARM, sekarang Microsoft mengkonfirmasi sejumlah partnernya yang akan menggarap PC tersebut.

Di Computex 2017 di Taipei, Taiwan, Microsoft menyebut sejumlah perusahaan yang akan menggarap PC Windows 10 berbasis prosesor ARM. Mereka yakni HP, Asus dan Lenovo, yang akan menggarap platform PC jenis anyar ini.

Microsoft sendiri sebelumnya sudah menjalin kolaborasi dengan Qualcomm yang menciptakan integrasi antara Windows 10 dengan prosesor ARM ini sanggup terwujud. Dan PC pertama yang dihasilkan dari kolaborasi tersebut dipastikan akan menggunakan Snapdragon 835, yang merupakan prosesor terkencang Qualcomm dikala ini.

Dari sisi software, Windows 10 akan sanggup mengemulasi aplikasi desktop konvensional biar sanggup berjalan di perangkat berbasis ARM. Sehingga pengguna akan sanggup menerima pengalaman yang sama dikala mereka menggunakan PC berbasis x86.

PC berbasis ARM itu nantinya akan sanggup menjalan aplikasi-aplikasi x86 win32 yang berat menyerupai Photoshop dari Adobe dan sejenisnya, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Sabtu (3/6/2017).

Meski sudah mengkonfirmasi tiga partner untuk menggarap PC anyar ini, Microsoft belum sanggup memastikan kapan PC jenis gres ini hadir ke pasaran. Mereka hanya menyebut jika PC jenis ini akan memiliki daya tahan baterai yang lebih baik serta pemberian koneksi 4G LTE.

Namun soal waktu perilisan ini sebetulnya sudah pernah dibocorkan oleh CEO Qualcomm Steve Mollenkopf. Ia menyebut PC Windows 10 yang menggunakan prosesor ARM tak akan dirilis sebelum Q4 2017 berakhir, sehingga kemungkinan gres akan dirilis pada 2018 mendatang.

Post a Comment

 
Top