0 Comment
Bismillahirrahmanirrahim.....

Bulan April itu biasanya rame dengan nuansa  Kartini, iyah itu semua untuk memperingati hari ulang tahun Raden Ajeng Kartini yang jatuh pada 21 April. Siapa sih yang gak kenal Kartini? Sosok perempuan tangguh yang pada masa itu berani dan rela membela kaumnya. 


Berawal dari kehidupan Kartini kecil yang hanya lulus Sekolah Dasar dan tidak diperbolehkan  oleh orang tuanya untuk melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi. Meskipun tidak lagi melanjutkan sekolah, rasa cinta terhadap dunia pendidikan tetap ada. Beliau pun mengumpulkan buku-buku pelajaran dan ilmu pengetahuan yang kemudian dibacanya di taman rumah, tiada hari tanpa membaca. Melalui buku-buku yang dibacanya Kartini sampaumur pun tertarik pada kemajuan berfikir perempuan Eropa khususnya Belanda yang dikala itu masih menjajah Negara Indonesia tercinta ini.

Dengan wawasan yang didapatnya, timbullah impian untuk memajukan perempuan Indonesia. Yang mana dikala itu, perempuan tidak diizinkan untuk meneruskan pendidikan, perempuan dikala itu harus siap sedia di dalam rumah. Mengurus rumah tangga, suami dan anak-anak. Kartini tidak menginginkan hal menyerupai itu, Kartini ingin supaya perempuan Indonesia sanggup maju, sanggup mempunyai hak yang sama dan mencicipi kesetaraan antara laki-laki dan wanita.  Dan dikala ini, semua perjuangan Kartini pun sanggup kita rasakan,  sebagai perempuan kita pun sanggup mencicipi sekolah yang lebih tinggi, sanggup bekerja di daerah yang sama dengan para pria, yang biasa kita kenal dengan sebutan emansipasi wanita. 
Wanita masa kini tidak hanya berdiam diri di dalam rumah, tidak sekedar menunggu rumah, mengurus keperluan rumah tangga, suami dan anak-anak. Tetapi perempuan Indonesia kini telah maju dan mempunyai hak yang sama dengan kaum pria. Usaha keras Kartini masih tetap terus diperjuangkan oleh lembaga-lembaga yang berbasis perempuan supaya apa yang telah dirintis oleh Ibu Kita Kartini  tetap terjaga. Saat ini kita sanggup dengan gampang mengakses semua gosip dan juga membuatkan diri, kreativitas kita makin terasa salah satunya ialah dengan penggunaan media komunikasi; internet salah satunya. Dengan adanya internet ini sanggup memudahkan kita untuk berinteraksi dengan dunia luar, bertukar informasi, dan hal mempunyai kegunaan lainnya.

Jika dulu, Kartini berkomunikasi dengan dunia luar masih dengan surat menyurat, di kala yang semakin maju ini kita sanggup berkomunikasi dengan siapa dan dimana pun sanggup dengan mudahnya dengan memakai internet yang mana penyampaiannya sanggup lebih cepat dan jelas, dikala itu juga kita sanggup mendapatkan pesan dan gosip tidak harus menunggu usang lagi menyerupai zaman Kartini kita dulu. 

Di zaman kini sosok-sosok Kartini pun telah banyak mewarnai negara kita. Seperti dengan munculnya Megawati Sukarnoputri yang menjadi Presiden Perempuan pertama di Indonesia pada tahun 2001 - 2004. Selain itu, keikutsertaan Para Putri Indonesia setiap tahunnya di ajang Miss Universe dan juga Miss Indonesia pada ajang Miss World yang mana kegiatan-kegiatan tersebut merupakan ajang berskala Internasional yang sanggup menjadi salah satu cara untuk menngenalkan Negara Indonesia kita ini ke seluruh penjuru dunia. Melalui seni, budaya, pengetahuan serta talenta dan keterampilan yang dimiliki oleh para Wanita Indonesia inilah mereka sanggup menarik wisatawan untuk berkunjung ke Negara kita.

Akhirnya sehabis sekian usang mendam di draft, goresan pena ini sanggup tayang juga. Sekalian sebagai collab postingan Be Molulu yang mana bulan ini Jenk Rumi sebagai pemberi trigger post mengangkat tema Kartini Masa Kini

Semoga perempuan Indonesia terus bangun dan sanggup mengikuti jejak Ibu kita bersama, Raden Ajeng Kartini. Semoga semangatnya akan terus menular ke kita semua. Semangat Kartini ialah semangat bagi seluruh perempuan jago Indonesia. 
 

Selamat Hari Kartini buat seluruh perempuan jago Indonesia 🌻🌻


Post a Comment

 
Top