0 Comment

Kalian semua pasti tau Jobstreet kan?? Pokoknya aku yakin setiap orang yang mencari pekerjaan tidak hanya bermodalkan offline tetapi mencoba berbagai cara online juga pasti tau tentang JobStreet. Jobstreet berdasarkan wikipedia merupakan sebuah portal internet yang digunakan oleh banyak orang untuk mencari pekerjaan. Jobstreet dididirikan pada tahun 1997 di Malaysia. Saat ini, Jobstreet menjadi perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang berfokus pada penyediaan lowongan kerja dan setiap usernya diizinkan untuk mencoba lowongan tersebut berdasarkan kualifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri. Pada saat ini terdapat sekitar 80.000 perusahaan yang memiliki akun di situs ini dan mencari pekerja mereka di tempat ini. 



Setelah wisuda, aku juga mulai mencari pekerjaan di berbagai situs di Internet. Dan ketemulah si Jobstreet ini. Pada awalnya cuma lihat-lihat doang. Tapi kemudian , aku memutuskan membuat akun disini. Menurut ku sebagai user, memiliki akun yang terkait dengan email kita akan sangat menguntungkan karena setiap hari, pihak jobstreet akan memberikan email secara gratis kepada kita sebanyak 2-4 email setiap harinya. Selain itu, Jobstreet memungkinkan kita mengisi beberapa hal seperti CV, gaji yang dinginkan, lokasi mana saja yang kita inginkan sebagai lokasi untuk mencari lowongan pekerjaan. Sehingga kalo aku secara pribadi menyarankan website ini sebagai tempat untuk mencari lowongan pekerjaan.

Aku sendiri nggak tahu gimana cara pihak Jobstreet dan pihak perusahaan dalam memproses setiap lowongan yang kita ajukan. Tapi yang pasti, aku mengirimkan amat dan sangat banyak lowongan via Jobstreet dan email yang datang kepadaku hanya 2-3 saja. Jadi cara supaya lebih efektif menurutku untuk menggunakan layanan ini, adalah dengan mencari lowongan pekerjaan di Jobstreet, lalu menghubungi langsung perusahaan yang terkait, menanyakan apakah benar-benar ada lowongan pekerjaan. Kalau memang ada, ya mending apply langsung ke perusahaannya. Soalnya,lebih efektif, dan akan dikaarin secara langsung kalo kita diterima atau ditolak.

Aku harus akuin sih, kalo soal update tentang pekerjaan baru atau lowongan baru, Jobstreet bisa dibilang ahlinya, karena mereka bisa menjaring banyak sekali lowongan dalam sistem mereka. Namun, untuk tindak lanjut tentang gimana hasil lamaran kita lebih lambat. Ada yang cepat juga sih, tapi kalo pengalamanku sendiri nggak secepat kalau kita email langsung ke perusahaan yang bersangkutan.

Supaya profil user terlihat baik, sebaiknya menggunakan foto profil yang baik dan rapi. Menyertakan CV, melengkapi data diri, bahkan sebaiknya mengikuti tes bahasa Inggris online yang disediakan oleh pihak Jobstreet. Karena penilaian bahasa inggris akan memberikan nilai tambah bagi kita. Selain itu, beberapa perusahaan meminta pelamar mereka untuk mengikuti tes bahasa inggris dari Jobsstreet. Ada kok latihannya. Jadi semakin banyak berlatih akan semakin baik, sebab berlatih bisa kapan saja. Tetapi untuk mengikuti tes hanya terbatas sekali dalam 3 bulan. Jadi yakinkan diri kamu dulu, kalo untuk mengambil tes nya, harus benar-benar siap dan akan mendapatkan nilai yang baik.


Sekian sharingku kali ini. Aku akan sangat senang apabila kalian meninggalkan komentar di kolom komentar berikut. Terimakasih.


Post a Comment

 
Top