0 Comment
Istri Gus Ipul mengingatkan pentingnya deteksi dini kanker pada perempuan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikHealth) Istri Gus Ipul mengingatkan pentingnya deteksi dini kanker pada perempuan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikHealth)

Surabaya - Bertepatan dengan peringatan Hari Kanker Sedunia, Istri Wagub Jatim Saifullah Yusuf, Fatma Saifullah mengingatkan para perempuan untuk mendeteksi kanker semenjak dini. Terutama kanker serviks dan payudara yang menjadi pembunuh pertama pada wanita.

"Saya ingin perempuan Indonesia ini mengerti bahayanya kanker dan mengedukasi khususnya kepada remaja. Kemudian memperlihatkan pencerahan kepada ibu-ibu agar ia melek wacana kesehatannya," kata Fatma di sela pelantikan yayasan Fatma Foundation di kediamannya di Gayungsari Surabaya, Senin (4/2/2019).

Fatma menambahkan dirinya cukup miris melihat tingginya angka selesai hidup jawaban kanker serviks dan payudara. Untuk itu, dalam yayasan yang didirikannya ini, Fatma menggandeng beberapa pihak untuk memberi kemudahan pap smear atau deteksi dini kanker payudara dan serviks untuk perempuan di Jatim.

"Ini kan berawal dari saat saya memimpin Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Timur, di mana ini ternyata menemui banyak (wanita) terdeteksi kanker serviks dan kanker payudara. Berawal dari itu tumbuh rasa cinta dari saya kemudian saya mencoba untuk memperlihatkan sumbangsih kami sekeluarga untuk mendirikan sebuah yayasan yang bergerak di bidang kanker serviks dan payudara," lanjutnya.

Fatma mengakui tak gampang untuk mengajak ibu-ibu memeriksakan kesehatannya lewat pap smear. Untuk itu, pihaknya menyediakan bus yang diubah menjadi ruang investigasi pap smear. Hal ini untuk 'menjemput bola' dan memudahkan susukan bagi perempuan di seluruh Jatim.


Pap smear dapat mendeteksi kanker serviks semenjak stadium dini.Pap smear dapat mendeteksi kanker serviks semenjak stadium dini. Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikHealth


Tak hanya itu, dalam 100 hari ke depan, khususnya setiap minggunya Fatma akan berkeliling area Surabaya untuk memberi penyuluhan pentingnya deteksi dini kanker pada 100 wanita. Selain itu, Fatma juga akan mengajak 50 perempuan untuk melaksanakan investigasi pap smear.

"Memang tidak gampang untuk mengajak ibu-ibu memeriksakan vaginanya atau pap smear. Tapi alhamdulillah hari ini sukses ada 100 (yang akan diperiksa) bahkan masih banyak yang belum didaftarkan," papar Fatma.

Sementara itu, Wagub Jatim Saifullah Yusuf menyampaikan penderita kanker payudara dan serviks di Indonesia masih tinggi. Gus Ipul sapaan akrabnya menyebut, angka selesai hidup jawaban kanker ini juga cukup tinggi.

Untuk itu, deteksi dini pencegahan kanker sampai menjaga kesehatan lewat asupan gizi juga sangat penting.

"Salah satu diantaranya yang menjadi gosip dunia ialah kanker serviks dan payudara ini perlu pencegahan melalui contoh hidup sehat. Salah satunya deteksi dini, jadi membiasakan diri untuk berolahraga, makan sayur," saran Gus Ipul.

"Mari kita tekan terus, kita cegah dari awal. Kalau perempuannya sehat, keluarganya juga sehat," pungkasnya.

Post a Comment

 
Top