0 Comment
HPV penyebab kanker penis sanggup menular lewat kekerabatan seksual (Foto: thinkstock) HPV penyebab kanker penis sanggup menular lewat kekerabatan seksual (Foto: thinkstock)

Jakarta - Walaupun relatif jarang terdengar, kanker penis memang ada dan sanggup menyerang laki-laki manapun. Namun jikalau ada yang mengaitkannya dengan kebiasaan masturbasi, tunggu dulu. Dokter sanggup menjelaskannya.

Dokter urologi dari RS Mayapada, dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, menjelaskan bahwa kanker penis disebabkan oleh abses HPV (Human Papiloma Virus). Jenis virus yang sama dengan penyebab kanker serviks pada wanita, dan tidak ada hubungannya dengan masturbasi.

"Masturbasi tidak ada kaitannya dengan luka di luar. Kanker penis itu terjadi berupa abses akhir Human Papiloma Virus (HPV) dan hygienennya yang buruk. Makara nggak ada masturbasi yang sanggup meningkatakan risiko kanker penis," terang dr Akbari ketika dihubungi detikHealth, Jumat (1/2/2019).



Jangankan masturbasi. Infeksi pada Mr P pun tidak serta merta sanggup memicu kanker penis, hanya abses HPV yang sanggup memicu penyakit tersebut. HPV ditularkan antara lain lewat kontak langsung, contohnya ketika berafiliasi badan.

"Penyebab utama kanker penis yaitu HPV, kalo perempuan yang terkena HPV itu sanggup terjadi pada perempuan kanker serviks yang suka gonta-ganti pasangan, dan lain sebagainya. Intinya berafiliasi badan," lanjut dr Akbari.

Post a Comment

 
Top