0 Comment
Vincent Rompies (kiri) di program Ulang Tahun BPOM ke-18 (Foto: Rosmha/detikHealth) Vincent Rompies (kiri) di program Ulang Tahun BPOM ke-18 (Foto: Rosmha/detikHealth)

Jakarta - MC, musisi, dan pemain film Vincent Rompies mengingatkan tidak hanya mengonsumsi satu jenis nutrisi setiap hari. Kesibukan dan padatnya acara tiap hari tidak jadi alasan mengonsumsi asupan minim nutrisi.

"Jangan cuma makan karbohidrat. Makanan tolong-menolong dapat divariasi semoga kandungan gizinya beragam, misal nasi goreng yang dikasih abon ikan jadi ada proteinnya," kata Vincent di program Ulang Tahun Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) ke-18, Minggu (10/02/2019).



Khusus untuk nasi goreng, Vincent menyarankan mengganti nasi putih dengan nasi merah. Tingkat indeks glikemik beras merah sebesar 55 lebih rendah daripada beras putih sebesar 86. Beras merah juga melepaskan gula perlahan, yang mencegah fluktuasi dan menekan risiko diabetes.

Dalam program bertema bertema Bersama Berbakti untuk Negeri Bangun Indonesia Kuat dan Mandiri tersebut, Vincent juga mengingatkan konsumsi rutin sayur setiap hari. Hal ini tidak sulit alasannya yaitu sayur tolong-menolong selalu tersaji di samping menu utama, dalam bentuk garnish atau makanan pendamping misal acar.

Makan sayur merupakan salah satu bentuk contoh hidup sehat, selain rutin olahraga dan tidak merokok. Rutin makan sayur dan buah mencegah peningkatan berat tubuh dan obesitas, yang merupakan akar penyakit diabetes, hipertensi, gangguan jantung dan pembuluh darah.



Simak juga video 'Kuliner Betawi yang Kaya Khasiat: Nasi Goreng Daun Mengkudu':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top