0 Comment
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Ikan mempunyai kandungan gizi yang tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya sebagai sumber protein, melainkan juga omega 3. Omega-3 bermanfaat untuk mengatasi penyakit jantung, mengurangi nyeri sendi pada radang sendi (artritis), dan menurunkan kadar kolesterol. Sedangkan untuk anak-anak, omega-3 bermanfaat bagi penglihatan dan perkembangan otak.

"Untuk anak-anak, omega-3 bermanfaat bagi penglihatan dan perkembangan otaknya. Itulah sebabnya banyak ibu berlomba-lomba menawarkan ikan pada anaknya untuk mendapat manfaat omega-3 yang terkandung di dalamnya," ujar dr. Sepriana Limbong dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/2/2019).



Di antara bermacam-macam jenis ikan yang ada, ikan maritim berukuran besar ternyata dipercaya mengandung minyak ikan terbaik sehingga kandungan omega-3 yang diberikan pun banyak. Namun jangan buru-buru percaya seratus persen.

"Faktanya, ikan berukuran besar berpotensi mengandung banyak merkuri. Merkuri yakni zat yang umumnya terdapat di air dan tanah. Ikan mengandung merkuri lantaran hidup di maritim yang telah tercemar merkuri," lanjut dr. Sepriana.



Badan Kesehatan Dunia (WHO) tetapkan merkuri sebagai salah satu dari sepuluh materi kimia yang paling berbahaya bagi kesehatan. Bagaimana tidak, merkuri ternyata sanggup mengakibatkan kerusakan organ badan menyerupai ginjal, kulit, mata, dan susukan pencernaan. Bahkan, merkuri sanggup menjadikan gangguan saraf.

Beberapa teladan jenis ikan dengan kadar merkuri yang tinggi yakni ikan hiu, ikan todak (swordfish), ikan raja mackarel (king mackarel), dan ikan tuna jenis Albacore. Ikan-ikan tersebut tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama oleh ibu hamil dan belum dewasa lantaran merkuri sanggup mengganggu perkembangan janin dan menghambat perkembangan otak anak.

"Kabar baiknya, tidak semua ikan mengandung merkuri yang tinggi. Beberapa jenis ikan yang rendah kadar merkurinya yakni ikan tuna, ikan bilis (anchovy), sarden, dan patin. Ikan-ikan tersebut kondusif untuk dikonsumsi dan tetap mempunyai minyak ikan serta omega-3 yang baik," lanjut dr. Sepriana.

Untuk mendapat minyak ikan yang baik bukan berarti harus mengonsumsi ikan maritim yang besar dan mahal. Ikan yang gampang ditemukan sehari-hari pun mempunyai kandungan omega-3 tanpa perlu khawatir akan ancaman merkuri yang terkandung di dalamnya.

Minyak ikan dengan kualitas yang telah teruji klinis pun sanggup ditemukan dalam Blackmores Odourless Fish Oil 1000 yang dikembangkan tanpa memakai surfaktan artifisial. Level merkurinya pun minimal atau hampir nol sehingga kondusif untuk dikonsumsi.

Post a Comment

 
Top