0 Comment
Google Maps merupakan layanan peta terbesar yang disediakan oeh Google, siapapun anda dan ponsel apapun yang anda pakai, jika anda sering menggunakannya untuk mengakses internet pasti anda sudah tidak asing lagi dengan nama Google Maps.

Pasalnya, Google Maps merupakan bagian dari salah satu produk milik Google, dan semua produk Google tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi jika kita adalah seorang internet marketer yang selalu membutuhkan koneksi internet setiap kali kita ingin memasarkan suatu barang/produk.

Nah, jika kita sudah mempunyai tempat bisnis, pasti anda ingin memperkenalkan tempat bisnis anda bukan? salah satunya adalah dengan cara mendaftarkan tempat lokasi bisnis anda di Google Bisnisku, agar nantinya semua pelanggan anda dapat dengan mudah menemukan tempat bisnis anda dengan cara mengetik nama tempat bisnis anda di Google Maps.

Baca: Cara Menambahkan Tempat Bisnis Anda di Google Maps.

Jika tempat bisnis anda belum terdaftar di Google, maka anda harus mengshare lokasi bisnis anda secara manual kepada semua pelanggan anda. Namun tenang saja, Google Maps juga menyediakan fitur share lokasi untuk dibagikan ke semua orang, bahkan beberapa aplikasi sosmed sekarang sudah mendukung fitur share lokasi, seperti Whatsapp dan BBM.


Ada 3 cara untuk share lokasi terkini anda kepada semua orang.

Melalui Aplikasi Google Maps Secara Langsung

Sebelum anda membagikan lokasi terkini anda, anda harus masuk terlebih dahulu ke aplikasi Google Maps dan juga dalam keadaan GPS aktif, jika GPS anda tidak aktif, anda tidak akan bisa membagikan lokasi terkini anda.


  1. Silahkan buka Aplikasi Google Maps anda terlebih dahulu.
  2. Buka Menu Drawer Google Maps anda, kemudian pilih Bagi Lokasi.
  3. Pilih Kontak atau Sosial Media untuk membagikan lokasi anda, atau anda juga bisa langsung menyalin link lokasi Google Maps anda.


Melalui Aplikasi Sosial Media Anda

Setiap aplikasi sosial media mempunyai cara tersendiri untuk membagikan lokasi terkini anda, sebagai contoh saya akan membagikan cara untuk dua aplikasi sosial media paling populer, yaitu BBM dan Whatsapp.

BBM

  1. Untuk berbagi lokasi peta ke kontak BBM, anda harus masuk ke aplikasi BBM terlebih dahulu.
  2. Buka Menu Chatting dan pilih kontak yang akan anda kirimkan lokasi terkini anda.
  3. Buka menu ikon titik tiga pada tampilan chatting BBM anda, kemudian pilih Kirim Lokasi.
  4. Jika anda sudah mengaktifkan GPS, lokasi terkini anda akan dikirimkan secara otomatis.


Whatsapp

  1. Buka Aplikasi Whatsapp anda terlebih dahulu.
  2. Pilih Obrolan Chatting atau Buat Chatting baru.
  3. Pilih Kontak tujuan anda.
  4. Setelah masuk ke tampilan chating, silahkan buka ikon Menu yang berada di sebelah ikon Kamera, kemudian pilih menu Lokasi.
  5. Pilih Bagikan Lokasi Terkini atau bisa juga pilih Kirim Lokasi Anda saat ini.


Membagikan Lokasi Anda Menggunakan Kode Lokasi

Mungkin anda baru mendengar bahwa setiap lokasi di Google Maps memiliki kode tertentu, kode lokasi tersebut bisa dengan mudah kita dapatkan dengan cara masuk ke Aplikasi Google Maps.

Berikut cara mendapatkan kode lokasi anda Google Maps dan menyimpannya kedalam aplikasi catatan

  1. Buka Aplikasi Google Maps, kemudian tap lokasi yang ingin anda bagikan, dalam hal ini anda bisa membagikan lokasi manapun sesuai dengan selera anda.
  2. Setelah anda mengtap lokasi tujuan, akan muncul sebuah kode lokasi dibagian kotak pencarian Maps.
  3. Salin kode lokasi yang muncul di kotak pencarian kemudian simpan didalam aplikasi catatan anda.


Sekarang anda tidak perlu bingung lagi jika ingin membagikan denah lokasi anda kepada customer, fitur ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk Aplikasi Google Maps di android namun berlaku juga untuk tampilan Google Maps di Desktop/PC.

Namun disisi kelebihan dari fitur berbagi lokasi ini, anda juga akan menemukan kelemahannya, yaitu Lokasi yang anda kirimkan tidak sepenuhnya akurat. Kelemahan ini terkadang berlaku pada Aplikasi Google Maps Android yang belum di Update, atau Ponsel Android yang mengaktifkan GPS tidak dalam Mode Akurasi Tinggi atau Mode Hemat Baterai.

Jika anda ingin Lokasi yang anda kirimkan lebih akurat, silahkan cek kembali:

  • Lokasi yang sudah dikirimkan.
  • GPS Anda (harus keadaan aktif).
  • Mode Lokasi (harus mode Akurasi tinggi atau mode Hemat Baterai).
  • Versi Google Maps anda saat ini, apakah masih menggunakan Google Maps versi lawas.


Jika sudah cek secara keseluruhan, harusnya lokasi yang anda kirimkan benar-benar akurat untuk anda kirimkan.

Lokasi yang tidak akurat tentunya tidak bersifat membantu melainkan malah membuat kita semakin nyasar (pengalaman pribadi).

Mungkin cukup sekian dari apa yang saya tulis, mudah-mudahan bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya.

Post a Comment

 
Top