0 Comment
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty ImagesFoto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

Jakarta - Takkan ada lagi tim Aspar di kancah balap motor dunia, termasuk di kelas MotoGP. Mereka berganti nama menjadi Angel Nieto Team.

Nieto merupakan salah satu sosok legendaris dalam dunia balap motor Grand Prix. Nieto mempunyai 13 gelar juara dunia, yang oleh dirinya sendiri disebut 12+1 alasannya ialah beliau cukup percaya takhayul.

Pria asal Spanyol itu meninggal pada usia 70 tahun di tanggal 3 Agustus tahun ini sesudah mengalami kecelakaan. Dia tertabrak kendaraan beroda empat dikala sedang mengendarai motor roda empatnya di Ibiza, daerah tinggalnya selama bertahun-tahun.

Aktif di dunia Grand Prix mulai 1964 hingga 1986, Nieto merupakan mantan rival sekaligus mentor untuk Jorge Martinez atau yang dekat dipanggil Aspar, pemilik tim Aspar. Aspar menyebut, sukses Spanyol di dunia balap motor dikala ini merupakan berkat sentuhan tangan Nieto.

"Angel Nieto itu bersinonim dengan balap motor, sebuah olahraga yang memberinya banyak hal dan juga sebagai gantinya, beliau turut memperlihatkan banyak hal," ungkap Aspar dikutip Crash.

"Balap motor menyerupai dikala ini di Spanyol ialah berkat orang yang meletakkan watu pertama dan kami ingin memperlihatkan penghormatan untuk hal tersebut dengan menamai ulang tim kami menjadi Angel Nieto Team," imbuhnya.

Tim Aspar sendiri aktif di sejumlah kejuaraan selain MotoGP, yakni di Kejuaraan Spanyol, Kejuaraan Dunia Junior Moto3, dan Moto3. Selain perubahan nama, tim ini juga akan diperkuat dengan datangnya anak Nieto yakni Gelete Nieto, yang bakal menjabat sebagai kepala tim untuk animo 2018.

Selain Gelete, anak Nieto yang lain yakni Pablo Nieto juga berkiprah di dunia balap dan dikala ini menjadi manajer tim Sky Racing VR46 milik Valentino Rossi. Juga ada keponakannya yang berjulukan Fonsi Nieto, yang dikala ini instruktur pebalap di Pramac Ducati.

Angel Nieto Team dikala ini diperkuat Karel Abraham dan Alvaro Bautista di kelas MotoGP.

Post a Comment

 
Top