0 Comment


Jaman now ada begitu banyak barang yang diperlukan oleh setiap perusahaan, sebutlah saja kantor. Setidaknya ada 5 jenis alat elektronik yang biasa dijumpai di setiap kantor. Barang apa sajakah itu? Lalu, ada pula barang yang keberadaannya patut dipertimbangkan untuk mendukung acara kerja sehari-hari. Yuks, kita bahas bersama, boleh ditambahkan juga yah 😀

1. Komputer ataupun Laptop
Hari gini komputer dan laptop jadi barang elektronik utama yang wajib dimiliki. Bisa dibilang nyawa ataupun modal utama karyawan dalam bekerja. Gimana tidak jikalau barang-barang tersebut yang jadi kebutuhan utama. Semua dikerjakan melalui perangkat canggih yang berjulukan komputer itu yang kini mah lebih simple dengan memakai laptop yang sanggup dipakai kapan saja dan dimana saja, simpel gak usah angkut dengan CPU nya segala. 

2. Printer Multifungsi (2 in 1: Printer dan Scanner)
Barang wajib berikutnya yaitu printer. Ini juga menjadi barang  yang wajib punya, semua yang sudah dikerjakan atau materi bacaan harus diprint ataupun scan dengan memakai alat yang satu itu, printer, kini sih lebih simple pakai printer multifungsi yang tidak hanya sanggup dipakai untuk print tapi juga scan. Sudahlah bukan jamannya memakai mesin tik yang serba manual itu meskipun di beberapa tempat masih menggunakannya. 

3. Air Conditioner (AC)
Nah, barang selanjutnya yaitu AC. Rasanya ketika ini sudah tidak jaman lagi dengan kipas sebagai pendingin ruangan meski masih ada juga sih yang masih menggunakannya. Akan tetapi tampaknya bukan sebagai alat pendingin yang utama lagi melainkan sebagai embel-embel saja atau sewaktu-waktu kalau ACnya mengalami gangguan atau hambatan lainnya. 

4. Dispenser
Ini juga jadi salah satu barang wajib yang sanggup kita jumpai di setiap kantor. Bahkan terkadang setiap ruangan atau devisi mempunyai dispenser. Yah, suatu kebutuhan yang sangat penting untuk semua. Demi kesehatan bersama, anjuran minum air putih minimal 8 gelas sehari baiknya dijalankan. Tidak ada lagi alasan untuk tidak minum. Bahkan sanggup sekalian seduh teh, kopi ataupun susu juga. 

5. Kulkas
Sama halnya dengan dispenser, kini kulkas juga jadi kebutuhan wajib baik untuk rumah tangga maupun perkantoran. Selain sanggup menyimpan masakan ataupun minuman semoga sanggup bertahan kulkas sanggup juga dipakai untuk menyimpan obat yang harus selalu berada pada suhu tertentu. Oh ya tidak lupa, bahwa semenjak dikeluarkannya Pasal 83 UU No. 13 tahun 2013 mengenai Hak Ibu Menyusui yang menyatakan bahwa pekerja yang menyusui minimal diberi waktu untuk menyusui atau memompa ASI pada waktu jam kerja. Dengan adanya peraturan tersebut dihimbau semoga selama pemberian ASI, pihak keluarga, pemerintah dan masyarakat harus mendukung Sang Ibu secara penuh dengan menyediakan waktu dan akomodasi khusus kepada ibu bekerja untuk memberikan/memerah ASI selama waktu kerja dan menyimpan ASI perah tersebut. Salah satu upaya pertolongan yang dimaksud yaitu dengan menyediakan ruangan khusus - laktasi - semoga Ibu menyusui sanggup bebas untuk memberikan/memerah ASI selama bekerja dan menyimpan ASIP (Air Susu Perah) tersebut di tempat semestinya, yaitu kulkas.


*****

Itulah tadi  5 jenis alat elektronik yang biasa dijumpai di setiap kantor. Yang namanya alat elektronik pastinya berkaitan bersahabat dengan listrik. Semua barang tersebut tidak akan sanggup berfungsi kalau listriknya padam. Olehnya itu sanggup disiasati dengan memakai genset. Dengan adanya genset barang-barang elektronik tetap sanggup beroperasi sebagaimana mestinya meskipun listrik sedang padam. Masalah listrik padam terkadang tidak sanggup dihindari alasannya yaitu adanya perbaikan dari PLN, misalnya. Atau hal terburuk yang terjadi menyerupai adanya kebakaran di suatu tempat tertentu sehingga mengharuskan anutan listrik di tempat tersebut dimatikan untuk sementara waktu semoga tidak mengakibatkan kerusakan berlebih sampai menjadikan kerugian lebih besar. 

Ngomongin perihal genset, kebetulan di kantor yang kini gres ada  genset portable nih yang biasa kami gunakan jika field visit. Sementara untuk di kantor sendiri kalau listrik padam yasalam, udah panas, udah gak sanggup kerja dengan nyaman, gak sanggup ngeprint atau scan pun. Untungnya internet masih sanggup dipakai normal menyerupai biasanya. Jadilah masih tetap sanggup buat laporan ataupun kirim email

Kemarin sempat browsing kira-kira jenis dan genset apa yang elok untuk dipakai di kantor. Nah, baca perihal Genset Perkins tampaknya baiklah nih.  Ceritanya sih mau ejekan ke cuilan Procurement untuk pengadaan genset ini. Secara bok yaaa di Kendari sendiri, untuk urusan yang satu ini (listrik padam, -red) bukan jadi hal gres lagi karena seringnya listrik padam dengan sesuka hatinya. Alasan pemadaman listrik alasannya yaitu ada perbaikan sistemlah, atau paling mudah sih konon katanya alasannya yaitu kurangnya ketersediaan pasokan listrik untuk rumah tangga jadi perlu pembagian secara merata semoga semua sanggup mendapatkan arus listrik tersebut, dan alasan lainnya yang udah jadi tampaknya bau banget deh ketika ada isu akan ada pemadaman listrik secara bergilir (lagi). Biasanya sih kalau pemadamannya lama, akan diinfokan di media cetak lokal atau radio, semoga warga jadi tahu dan bersiap. Aduuh bok, koq sanggup ngakunya kurang yah? Padahal ketika pihak pengembang perumahan mengajukan permohonan pemasangan baru, eeh masih saja sanggup dilayani loh. Duh, gagal faham deh 😕

Ah, sudahlah semoga aja pengajuan ini diterima oleh management. Setidaknya nanti kalau sudah ada genset di kantor, kami tidak galau lagi kalau listrik padam. Saya pun juga sanggup nitip ASIP di kulkas kantor, heheheh. Karena berdasarkan saya sendiri sih, selain laptop, genset juga salah satu barang yang penting dan perlu dipertimbangkan keberadaannya di setiap kantor.




 

Post a Comment

 
Top