0 Comment
Foto: Rio Haryanto MediaFoto: Rio Haryanto Media

Suzuka - Setelah cukup usang absen, Rio Haryanto kembali ke lintasan balap. Rio telah melakoni tes kendaraan beroda empat Super Formula bersama Honda di Suzuka, Jepang.

Tes kali ini digelar pada 6-7 Desember 2017. Dengan total waktu sesi 480 menit tapi Rio hanya menghabiskan sekitar 80 menit saja untuk melahap 21 lap di hari pertama.

Di atas kendaraan beroda empat khusus tes Dallara SF14 bermesin Honda HR-417E, Rio harus mengembangkan waktu sesi bersama satu pembalap lain untuk menjalankan banyak sekali kegiatan eksperimen.

Sayangnya, sesi tes perdana Rio berakhir 40 menit lebih awal dan tidak sempat mencatatkan waktu yang representatif di atas ban soft. Setelah mengubah setelan ride height dengan ban medium, kendaraan beroda empat melindas sebuah bump dan mengalami oversteer di tikungan Dunlop ke kiri yang menanjak dan kencang.

Rio mencoba mengoreksi oversteer tersebut tapi lalu kendaraan beroda empat sudah berada di pinggir aspal sampai hasilnya terhenti di gravel.

"Kecepatan kendaraan beroda empat Super Formula mendekati Formula 1 dan Suzuka ialah sirkuit gres bagi saya. Perlahan-lahan, aku pun terus memperbaiki catatan waktu di atas ban medium," ucap Rio dalam rilis yang diterima detikSport.

"Setelah sekitar satu setengah tahun tidak memacu kendaraan beroda empat yang bisa melampaui kecepatan 300 km/jam, tes Super Formula ini sangat penting untuk penilaian animo balap tahun depan.

"Sekali lagi, terima kasih kepada Honda yang telah menunjukkan kesempatan tes ini."

Post a Comment

 
Top