0 Comment
Foto: detikFoodFoto: detikFood

Jakarta - Kopi bukan lagi sekedar minuman, tapi sudah jadi ke gaya hidup. Di workshop ini seluk-beluk bisnis bar sampai biji kopi diungkap lengkap.

Popularitas kopi di Indonesia kian meningkat, kopi sekarang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Banyaknya penggemar kopi, menjadi salah satu alasan berjamurnya bar kekinian dikala ini.
Bisnis Kafe sampai Belajar Meracik Kopi Diungkap LengkapFoto: detikFood
Baca Juga: Ingin Buka Kafe? Gabung Segera di 'Coffee and Cafe Workshop"

detikFood kembali menggelar program 'Coffee and Cafe Workshop', yang berkerja sama dengan Indonesian Coffee Academy dan didukung oleh Modena Indonesia.

Bertempat di MODENA Experience Center Suryo, workshop ini akan terbagi dalam dua hari dengan bahan yang berbeda. Di hari pertama workshop ini akan membahas latar belakang bisnis bar di Indonesia, jenis-jenis kopi terbaik, sampai hidangan bar yang digemari masyarakat.

"Hari ini kita akan memulai sesi workshop coffee, ini merupakan kerjasama dengan Indonesian Coffee Academy dan Modena untuk keselian kalinya. Belakangan ini kopi sangat booming, kami ingin mengajak semua pencinta kopi dan yang ingin membuka bisnis kopi untuk bergabung di kelas ini. Beberapa tahun yang kemudian kita tidak yakin apakah ada yang mau tiba ke kelas kopi, tapi sekarang peminat kopi di Indonesia semakin banyak," tutur Odilia, Managing Editor detikFood dikala membuka program Coffee and Cafe Workshop ini.
Bisnis Kafe sampai Belajar Meracik Kopi Diungkap LengkapFoto: detikFood
"Sekarang lagi seru-serunya perihal kopi, perkembangan kopi di Indonesia dua kali lebih cepat dibandingkan perkembangan kopi di dunia. Sehingga peluang bisnis kopi di Indonesia semakin besar, sehingga sudah saatnya menguatkan pasar kopi dengan kopi dari Indonesia di negara kita sendiri," terperinci Irvan Helmi dari Indonesian Coffee Academy kepada detikFood (20/10).

Selain menggali lebih dalam perihal prospek bisnis bar di Indonesia. Para penerima workshop akan diajak pribadi untuk berguru lebih dalam perihal kopi.

Salah satunya berguru cupping beberapa jenis kopi lokal di Indonesia, kemudian mengenal jenis brewing dengan mesin atau manual. Terakhir ada program tasting kopi dari peralatan brewing yang berbeda.
Bisnis Kafe sampai Belajar Meracik Kopi Diungkap LengkapFoto: detikFood
"Kuncinya biar semua bahan ini dapat terserap dengan mudah, caranya hanya satu, ialah relax. Jangan dibawa susah, sebab tidak ada orang yang pribadi hebat dalam bidang kopi, semuanya niscaya membutuhkan berguru dan latihan. Makara workshop coffee hari ini memang untuk berguru dan saling sharing," lanjut Irvan yang sudah bergelut di bidang kopi semenjak lama.


Tonton video: Wow! Bermodalkan Rp 80 Juta Sudah Bisa Buka Kedai Kopi

[Gambas:Video 20detik]



Antusiasme atas Coffee and Cafe Workshop hari ini terlihat dari para penerima yang sudah tiba semenjak pagi hari. Ada lebih dari 30 penerima dari banyak sekali kalangan pencinta kopi dan pebisnis yang hadir.

Nah, bagi Anda yang tidak dapat hadir, Anda dapat menyimak artikel Indonesian Coffee Class hari ini di detikFood.

Baca Juga: Buat Anda yang Mau Buka Kafe, Wajib Gabung di Sini

Post a Comment

 
Top