0 Comment
Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jakarta - Sebelum disajikan menjadi seduhan kopi nikmat, biji kopi harus melewati proses roasting. Roasting diketahui ada aneka macam jenisnya, menyerupai light, medium dan dark.

Roasting merupakan proses penting, yang mana telah disebut kan Aris dari Indonesia Coffee Academy, sebagai proses mengolah biji kopi mentah menjadi matang. Proses roasting dapat dilakukan dengan profil yang berbeda.

Baca juga : Teknik Roasting dengan 3 Profil Dibahas Tuntas di Sini

Ini Perbedaan Teknik Roasting Light, Medium dan Dark Foto: dok. detikFood

Di program Coffee and Cafe Workshop ini, penerima diajak melaksanakan roasting dengan 3 profil, adalah light roast, medium, dan dark roast. Proses roasting tersebut dipandu dengan roaster handal, Woto dari Anomali Coffee.

Menurut Woto, masing-masing teknik roasting mempunyai proses dan abjad yang berbeda. "Proses roasting light developmentnya hingga 1 hingga 2 menit kita keluarin dari roastingnya. Kalau medium sekitar 3 hingga 4 menit proses developmentnya gres dapat dikeluarkan. Tetapi untuk dark roast lebih panjang lagi prosesnya antara 7 hingga 8 menit" ujar Woto kepada Detikfood (21/10).

Ini Perbedaan Teknik Roasting Light, Medium dan Dark Foto: dok. detikFood

Lebih lanjut Woto menuturkan bahwa abjad biji kopi yang dihasilkan dari proses ketiga roasting tersebut juga berbeda.

"karakter light itu lebih asem rasanya, kalau medium lebih kompleks, rasa asemnya lebih banyak di medium. Tapi kalau dark roast yaa keluarnya pahit aja gitu" tambah Woto.


Tonton video: Wow! Bermodalkan Rp 80 Juta Sudah Bisa Buka Kedai Kopi

[Gambas:Video 20detik]



Sebagai roaster disalah satu cafe, Woto juga menjelaskan bahwa kedai-kedai kopi yang kekinian lebih banyak yang memakai teknik light atau medium. Namun, cenderung lebih ke teknik light.

Ini Perbedaan Teknik Roasting Light, Medium dan Dark Foto: dok. detikFood

Hal tersebut karena bekerjasama dengan selera bawah umur millennial yang lebih menyukai manual brew sehingga banyak kedai kopi yang memakai teknik light roast.

Baca juga : Mau Buka Coffee Shop Sendiri Perhatikam Dulu 7 Hal Penting Ini




Post a Comment

 
Top