0 Comment
Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jakarta - Antusiasme pecinta kopi tidak berhenti hingga pada tahap cicipi kopi saja. Di hari kedua workshop mereka diajak mengenal proses roasting. Lebih seru!

Kopi sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat Indonesia. Mulai yang sebelumnya hanya penikmat kopi, sekarang banyak yang merambah menjadi pebisnis kopi. Salah satu hal penting dalam bisnis kopi, ialah memahamiteknik roasting guna mengetahui karakteristik rasa dan aroma pada biji kopi.

Baca juga : Mengenal Lebih Dakam Rasa dan Aroma Kopi Lewat Proses Cupping

Berkolaborasi dengan Indonesia Coffee Academy, detikFood menggelar 'Coffee and Cafe Workshop' yang digelar di MODENA Experience Center Suryo. Workshop ini terbagi dalam dua hari dengan bahan yang berbeda. Di hari pertama kemarin mengungkap ihwal prospek bisnis kafe, cupping dan brewing.

Teknik Roasting dengan 3 Profil Dibahas Tuntas di SiniFoto: dok. detikFood

Di hari kedua ini (21/10) workshop akan membahas mengenai teknik roasting, mulai dari pengenalan, simulasi, hingga membandingkan kopi dengan profil roasting yang berbeda.

"Hari ini akan ngebahas mengenai roasting. Roasting ini proses sebagaimana mengolah biji kopi mentah menjadi biji kopi matang. Makara di sini kota akan coba memperkenalkan bagaimana cara memanggang dan memilih profil," katar Aris.


Tonton video: Ini Kata Mereka Usai Mengikuti Indonesia Coffee Class detikFood

[Gambas:Video 20detik]



Lebih lanjut Aris juga menambahkan bahwa biji kopi yang akan digunakan untuk teknik roasting kali ini merupakan biji kopi Sumatera. Menurutnya, biji kopi Sumatera termasuk salah satu yang menjadi favorit.

Teknik Roasting dengan 3 Profil Dibahas Tuntas di SiniFoto: dok. detikFood

Peserta workshop akan diajak mencoba roasting dengan tiga teknik, yaitu light roast, medium dan dark roast. Dengan 3 teknik tersebut akan menghasilkan rasa kopi yang berbeda meski dengan biji kopi yang sama. Karenanya, penerima juga diminta untuk membandingkan rasa dengan 3 teknik tersebut.

Kemarin, workshop hari pertama berlangsung seru. Dan sekarang workshop di hari kedua dipastikan lebih seru dari sebelumnya. Jika Anda berhalangan untuk hadir, Anda dapat simak ulasannya hanya di detikfood.

Baca juga : Mau Buka Coffee Shop Sendiri Perhatikam Dulu 7 Hal Penting Ini



Post a Comment

 
Top