0 Comment
Kanker usus termasu salah satu jenis kanker paling mematikan (Foto: iStock) Kanker usus termasu salah satu jenis kanker paling mematikan (Foto: iStock)

Jakarta - Istri Ustaz Maulana, Nuraliyah M. Nur Maunala atau Umi Naorah, meninggal lantaran kanker usus. Sebelum Umi Naorah berpulang, sel kanker sudah menyebar sampai paru-paru.

"Sebenarnya sakitnya terdektisi Ramadan, sudah sakit drop, tidak dapat ke Jakarta tidak apa-apa lantaran beliau sakit, Sampai bulan Muharram gres masuk RS Ibnu Sina. Habis itu, ternyata ada kanker di usus dan itu di anus, akrab anus," kata Ustaz Maulana dikutip dari detikHot.



Kanker usus bahu-membahu bukan penyakit abnormal di Indonesia. Menurut dokter jago pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, kanker usus ketika ini menjadi pembunuh utama perempuan dan laki-laki di seluruh dunia. Kanker umumnya ditemukan pada pasien berusia lebih dari 50 tahun, meski dapat terjadi pada usia yang lebih muda.

"Kanker usus kerap muncul tanpa gejala, namun harus waspada bila sudah menawarkan tanda tertentu. Misal sulit atau sering buang air besar, yang kadang disertai pendarahan. Tanda lainnya yaitu sakit perut berulang dan penurunan berat tubuh tanpa sebab," kata dr Ari pada detikHealth beberapa waktu lalu.

Gejala kanker usus kadang muncul menyerupai ambeien. Menurut dr Ari, risiko kanker usus 2 kali lebih besar pada pasien yang mengalami sulit BAB (Buang Air Besar). Apalagi bila telah mempunyai faktor risiko, misal berada di lingkungan perokok dan kurang konsumsi sayur serta buah.



Simak Juga 'Istri Ustaz Maulana Tutup Usia':

[Gambas:Video 20detik]


Post a Comment

 
Top