0 Comment
BKKBN memang memproduksi alat peraga untuk penyuluhan KB (Foto: BKKBN) BKKBN memang memproduksi alat peraga untuk penyuluhan KB (Foto: BKKBN)

Jakarta - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) mengakui video yang viral di media umum yakni kegiatan penyuluhan KB oleh petugas. Alat peraga yang digunakan yakni buatan BKKBN dan sering digunakan dalam kegiatan sejenis.

"Alat peraga yang terlihat digunakan dalam video yakni alat peraga KIE KB dan Kesehatan Reproduksi yang disebut phantom model alat peraga reproduksi laki-laki dan penis peraga untuk pemasangan kondom," demikian dikutip dari siaran pers BKKBN, Selasa (29/1/2019).

"Digunakan untuk membantu dalam menjelaskan atau memberikan informasi kegiatan KB terhadap pasangan usia subur (PUS)," lanjutnya.

Selain memproduksi alat peraga pemasangan kondom, BKKBN juga memproduksi alat peraga lainnya. Termasuk peraga alat dan obat kontrasepsi, model/peraga alat reproduksi wanita, VCD animasi tiga dimensi wacana organ reproduksi, bahkan sampai proses pembuahan dan pertumbuhan janin.


Video ini awalnya biasa-biasa saja sampai pecah gelak tawa dari audiens ketika peragaan cara pasang kondom.Video ini awalnya biasa-biasa saja sampai pecah gelak tawa dari audiens ketika peragaan cara pasang kondom. Foto: screenshot


Video yang viral di media umum diambil dari kegiatan penyuluhan KB di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. BKKBN menegaskan kegiatan ini dilakukan oleh petugas terlatih, sedangkan videonya diambil dan diedarkan tanpa sepengetahuan pihak dalam video tersebut.

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Dwi Listyawardani menyampaikan penyebarluasan video tersebut dapat melanggar etika. Dalam penyuluhan KB semacam itu, ada pembatasan audiens sehingga dihentikan sembarangan direkam dan diedarkan.

Post a Comment

 
Top