0 Comment
Hari ini aku ingin menceritakan tentang bagaimana tips dalam mengikuti wawancara. Satu hal yang pasti sih, setiap orang punya teorinya masing –masing tentang bagaimana melakukan wawancara supaya sukses. Tetapi, semua itu tidak dapat menjamin bahwa kita akan sukses dalam suatu wawancara yang kita lakukan. Namun, ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan ketika kita akan mengikuti suatu wawancara.
1 Penampilan
Hal ini terlihat sepele, tetapi penampilan adalah hal yang sangat penting. Ini bukan tentang seberapa cantik atau seberapa tampan kalian. Penampilan yang diharapkan tentu saja adalah penampilan yang rapi dan sesuai. Mau di pekerjaan apapun itu, si pihak wawancara pasti ingin bertemu dengan orang yang bersih dan rapi. Jadi kalau mau mengikuti wawancara, berikan tampilan terbaik kalian. Mandilah supaya segar dan rapikan rambut anda. Selain itu gunakanlah pakaian formal. Untuk perempuan, gunakanlah blezer padukan dengan rok atau celana bahan. Kalau laki- laki gunakanlah kemeja yang rapi, formal. Usahakan ketika akan wawancara, jangan menggunakan pakaian yang mencolok atau  warna yang mengganggu pemandangan seperti hijau yang sangat kontras dan sebagainya.
2 Percaya Diri
Ketika kalian sedang berada di wawancara, jangan lupa untuk percaya diri. Jangan sampai sok tahu atau kepedean. Itu hal yang berbeda. Kalian harus bisa memposisikan sebagai seseorang yang yakin dengan diri kalian sendiri dan jangan merasa terbeban dengan banyak hal. Hal yang banyak dilakukan oleh seseorang pelamar adalah menjadi gugup dan bahkan kehilangan seluruh hal yang telah dipersiapkan sebelumnya.

3 Menjadi diri sendiri
Kesalahan yang lain juga adalah tidak menjadi diri sendiri. Ceritakanlah diri kalian apa adanya dan jangan menceritakan yang bukan diri kalian, Bagaimana sifat kalian, apa yang sebenarnya diri kalian, bagaimana cara kalian menanggapi suatu hal dan sebagainya. Jangan menceritakan sifat-sifat baik yang mungkin kalian dapatkan dari internet.
4 Menjawab Pertanyaan
Jawablah pertanyaan dengan jujur, tidak gugup, dan tegas. Disinilah sebenarnya sangat diperlukan persiapan ketika akan wawancara. Jawablah pertanyaan sesuai dengan kemampuan anda. Berusahalah memahami pertanyaan dan kira-kira apa yang menjadi sasaran pertanyaan itu. Sehingga jawaban yang kalian berikan juga merupakan jawaban yang nyambung dan ga lari dari topik

Post a Comment

 
Top