0 Comment
Berhubung banyaknya penipuan yang terjadi di luar sana, apalagi tentang penipuan tentang pencarian kerja, kali ini aku ingin sharing tentang gimana cara mencari pekerjaan dari dunia online atau dari media online. Karena pada zaman sekarang, lowongan pekerjaan tidak lagi hanya dari media offline. Bahkan kebanyakan sekarang dari dunia online.
Aku punya beberapa tips dan trik untuk membedakan lowongan kerja abal-abal atau yang memang benar-benar.
1 Tampilan Iklan
Dari tampilan iklan secara sekilas akan terlihat apakah iklan lowongan itu palsu atau tidak. Biasanya iklan lowongan yang palsu akan terlihat dengan tampilan iklan yang sederhana, diketik begitu saja, warna-warna yang digunakan sangat kontras. Sedangkan lowongan pekerjaan yang asli biasanya memiliki tampilan yang bagus dengan keseimbangan warna yang sangat bagus. Tidak terlihat asal-asalan.
2 Email/Website
Biasanya email atau website yang dituju oleh lowongan asli akan sangat jelas dan baik. Misalnya, perusahaan xyz akan menggunakan @xyz.co.id atau sejenisnya untuk nama email mereka. Selain itu Website yang diminta untuk kita akses biasanya adalah website yang jelas dan biasanya memiliki tampilan yang baik. Untuk hal ini sih, akan jelas terlihat perbedaannya apabila kita sering-sering menggunakan internet.
3 Isi Iklan
Isi iklan biasanya terlihat sangat menggiurkan pada iklan lowongan kerja yang palsu. Misalnya mencantumkan gaji yang sangat tinggi atau mencantumkan tunjangan-tunjangan yang sangat banyak. Hal yang paling aneh lainnya adalah, menyatakan bahwa harus menggunakan travel XXX dan saat nanti proses rekrutasi dilakukan maka seluruh pengeluaran/biaya rekrutasi akan diganti pada saat pertemuan dengan pihak rekrutasi. I am gonna tell you now, semua itu omong kosong. 

Pekerjaan yang baik itu, kalo misalnya kamu baca lowongannya, akan membuat si pembaca merasa terbeban, merasa harus mempersiapkan diri. Selain itu lowongan kerja yang asli, sering sekali tidak menyertakan gaji pada iklan. Gaji adalah hal yang dibicarakan ketika kita akan menandatangani kontrak. Sehingga banyak perusahaan yang merahasiakan hal itu hingga akan dilakukan teken kontrak.

Post a Comment

 
Top