0 Comment
5 Keuntungan Diet 22 Hari Berbasis Nabati Seperti yang Dilakukan Beyonce

Jakarta - Beragam tren diet menjamur di kalangan masyarakat. Salah satunya yaitu raw food atau diet masakan mentah yang pertama kali diperkenalkan oleh Maximilian Bircher-Benner seorang dokter asal Sanatorium, Swiss semenjak tahun 1897.

Namun, ada beberapa jenis masakan yang bahwasanya tidak baik untuk dikonsumsi mentah-mentah sebab sanggup membahayakan kesehatan. Sebaiknya, masakan tersebut diproses atau dimasak terlebih dahulu.

Dikutip dari laman Bright Side, berikut beberapa masakan yang dihentikan dimakan secara mentah:

1. Susu
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock
Susu segar dipercaya baik bagi kesehatan. Namun, untuk mencicipi kesegarannya bukan berarti harus mengonsumsi susu yang gres diperah dari sapi, kambing, domba, kerbau, atau unta. Susu mentah harus dipasteurisasi, yaitu proses sterilisasi kuman melalui pemanasan pada suhu 60 - 70 derajat Celsius selama 30 menit untuk membunuh kuman patogen atau benalu yang sanggup menjadikan penyakit menyerupai infeksi serius Salmonella, listeria, dan E.Coli. Penelitian oleh The CDC memperlihatkan bahwa wabah dari susu mentah sangat mengancam kesehatan tubuh.

2. Sayur Kale
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: Istock
Bagi semua orang yang memperhatikan nutrisi masakan niscaya tahu kalau kale yaitu sayuran kaya nutrisi. Tapi kale juga sanggup menjadi sayuran yang berbahaya bila dimakan mentah dalam jumlah yang banyak. Kale mentah sanggup menjadikan ketidakseimbangan hormon yang menimbulkan fluktuasi atau tanda-tanda yang memperlihatkan turun-naiknya gula darah, berat badan, dan kesehatan metabolik secara keseluruhan. Anda sanggup menderita pembengkakan tiroid atau gondok.


3. Telur
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock
Kebiasaan memakan telur mentah sudah menjadi tradisi di negara Jepang dan Korea menyerupai yang dipopulerkan oleh adegan film Rocky (1976). Mitos yang ada di tengah masyakarat wacana telur mentah lebih sehat daripada telur dimasak terbantahkan melalui hasil studi yang menemukan bahwa perembesan protein lebih tinggi dalam telur yang dimasak. Telur matang terbukti mempunyai kandungan protein sebanyak 90 persen ketimbang telur mentah yang hanya 50 persen. Pada telur mentah, ditemukan wabah infeksi salmonella dari kulit telur yang sudah terkontaminasi. Demikian hasil penelitian The US Departement of Agriculture (USDA).

4. Kacang Almond
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock

Selain rasanya yang enak, kacang almond juga mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Namun, kacang almond ternyata mempunyai kandungan senyawa berbahaya yaitu sianida. Makan paling tidak empat hingga lima butir almond pahit sanggup menimbulkan pusing, mual, dan kram perut. Menurut sebuah studi kasus, kacang almond pahit mentah ilegal banyak berada di Amerika dan ada beberpa negara yang sudah melegalkannya.

5. Elderberry
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock
Elderberry dikenal kaya akan manfaat. Tanaman yang berasal dari pohon elder ini sangat ampuh untuk mengatasi flu, pilek dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Elderberry atau Sambucus nigra merupakan flora yang berasal dari Eropa, Afrika dan sebagian Asia.

Akan tetapi, makan atau minum Elderberry mentah atau kepingan beracun lain dari daun elderberry sanggup menimbulkan mual, muntah, pusing dan sempoyongan. Untungnya, zat beracun yang ditemukan dalam berry itu sanggup dilumpuhkan dengan cara dimasak hingga matang.


6. Tepung Terigu
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock

Menjilat campuran camilan bagus yang mentah, sanggup berdampak cukup serius terhadap kesehatan Anda. Anda mungkin beresiko terkena kuman E.Coli dalam tepung.

Pada tahun 2016, ada 63 orang terserang wabah infeksi E.Coli akhir mengkonsumsi tepung mentah. Bakteri berbahaya ini sanggup hilang saat anda memasak olahan tepung hingga matang.

7. Brussel Sprouts/Kubis Brussel
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock
Memiliki bentuk yang menyerupai dengan kubis tapi berbentuk lingkaran dan mini, sayuran ini berasal dari ibukota Belgia, Brussel. Kebanyakan orang tidak menyukai sayuran ini sebab busuk dan pahit.

Tapi bila dimasak dengan benar, baik direbus maupun dipanggang, brussel sprout memperlihatkan rasa yang segar dan nutrisi yang baik bagi tubuh.Bagi Anda yang menderita penyakit hipotiroidisme, tidak disarankan untuk mengkonsumsi brussel spourt mentah sebab sanggup menimbulkan disfungsi tiroid.

8. Buah Apel
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: ilustrasi/thinkstock
Siapa yang tak kenal dengan buah apel? Buah yang sangat familiar ini sanggup dijumpai di manapun Anda berada, baik di pasar tradisional, swalayan bahkan supermarket. Di balik rasanya yang segar, ada banyak manfaat buah apel bagi kesehatan yang sanggup didapatkan oleh tubuh Anda. Tapi, Anda harus mengonsumsi secara hati-hati sebab biji yang ada di dalam buah apel mengandung amygdalin, yaitu zat yang sanggup melepaskan zat sianida. The Agency for Toxic Substance & Disease Registry (ATSDR) menyampaikan bahwa memakan biji apel dalam jumlah yang kecil juga sanggup berbahaya.

9. Kacang Mete
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock

Kacang mete bukan hanya snack yang lezat, tetapi juga sanggup mengurangi kolesterol jahat, mengurangi risiko serangan jantung, dan membantu menjaga berat badan. Kacang mete yang mentah mengandung urushiol, yaitu zat beracun yang ditemukan di Poison Ivy. Tanaman tersebut berasal dari keluarga flora yang sama sebagai pohon kacang mete.

Post a Comment

 
Top