0 Comment
Psikolog Bagikan Tips Berbaikan Agar Permintaan Maafmu Diterima

Jakarta - Kesibukan kerja membuat kau jadi jarang hangout atau menghabiskan waktu dengan sahabat dan sahabat? Sebaiknya mulai kini pertimbangkanlah untuk pergi makan atau olahraga bareng sahabat demi kesehatan mental dan emosional kamu.

Riset terbaru menerangkan hangout bareng sahabat atau sahabat bermanfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford, bersantai dengan sahabat setidaknya dua kali dalam seminggu baik untuk kesehatan mental dan fisik. Dan orang yang mempunyai banyak sahabat cenderung tidak sering jatuh sakit, mereka diketahui lebih cepat sembuh bahkan sehabis mereka menjalani operasi.

"Angka dua kali seminggu berasal dari temuan kami bahwa ini yaitu jumlah waktu yang biasanya kau habiskan bersama sahabat atau keluarga terdekat," kata profesor psikologi evolusi Dr. Robin Dunbar kepada Huffington Post. "Untuk kedua jenis kelamin, mempunyai jaringan sosial yang besar dan terintegrasi dengan baik mempunyai dampak yang signifikan pada kesehatan fisik dan emosional," tambahnya.



Riset: Hangout Bareng Teman 2 Kali Seminggu Baik untuk Kesehatan MentalFoto: iStock


Dr. Dunba dan pengamat sosial Danny Wallace melaksanakan eksperimen sosial dengan melibatkan lima responden yang semuanya berteman. Mereka semuanya yaitu penggemar sepak bola. Kelima responden itu diminta melaksanakan dua kegiatan. Yang pertama yaitu memainkan permainan sepak bola secara virtual satu sama lain dari jarak jauh dan lalu mereka mengisi survei perihal bagaimana perasaan mereka perihal pengalaman itu. Lalu, acara kedua yaitu bermain sepak bola di kehidupan faktual secara gotong royong dan lalu mengisi survei yang sama dari sebelumnya.

Berdasarkan hasil survei, acara bermain sepakbola di dunia faktual menghasilkan "pengalaman ikatan" yang jauh lebih berpengaruh daripada pengalaman virtual. Tentu saja, interaksi insan membuat keikatan lebih dekat.

Dunbar mengungkapkan bahwa sekitar 75 persen anggota jaringan sosial perempuan yaitu wanita, dan sekitar 75 persen laki-laki yaitu pria. Tetapi bagaimana laki-laki dan perempuan itu mengatur jaringan sosial mereka berbeda. Pria lebih cenderung mempunyai empat atau lima sahabat untuk bergaul dengan mereka secara teratur, sementara perempuan fokus pada menumbuhkan kekerabatan dengan satu orang yang mereka anggap sebagai Best Friend Forever (BFF).

"Ada kualitas dalam persahabatan yang dapat kita anggap sebagai sahabat yang sangat dekat, sahabat dekat, sahabat baik atau hanya sekadar teman," ucap Dunbar. "Dan ini mencerminkan seberapa sering kebersamaan dan kontak terjadi (mulai dari beberapa kali dalam seminggu hingga setahun sekali). Dalam konteks ini, kita berbicara perihal orang-orang yang kita dengan bahagia hati untuk menginvestasikan waktu melihat dan bertemu mereka, mereka yang pertamakali bersedia membantu kau saat mengalami kesulitan," tambahnya.

Inti dari riset Dunbar ini, milikilah sahabat dalam hidup ini. Manusia dapat mengatasi stres dengan lebih baik saat mereka mengetahui bahwa mereka mempunyai teman-teman untuk menyebarkan cerita. "Dan kunci untuk mempertahankan persahabatan yang berpengaruh yaitu bertemu dua kali seminggu serta melaksanakan hal-hal yang menyenangkan dengan orang yang paling erat denganmu," sarannya.



Post a Comment

 
Top