0 Comment
Alhamdulillah, perjuang yang cukup panjang mendapatkan surat untuk verifikasi alamat, karena surat yang dikirimkan Google merupakan salah satu syarat agar saya dapat menerima pembayaran pertama untuk penghasilan Google Adsense. Setelah satu setengah bulan lamanya saya menunggu, akhirnya surat tersebut datang dialamat rumah saya tepat disaat saya sedang bekerja.

Tulisan ini hanya sekedar pengalaman untuk teman-teman yang masih menunggu PIN untuk verifikasi alamat, khususnya untuk sobat publisher daerah surabaya dan sekitarnya. Memang saya sempat gelisah menunggu kedatangan surat PIN dari Google Adsense karena menurut pengalaman sobat publisher dari forum ada yang 2 minggu baru sampai, 3 minggu, 2 bulan, bahkan ada yang tidak pernah menerima surat ini.

 perjuang yang cukup panjang mendapatkan surat untuk verifikasi alamat Akhirnya! Surat PIN Google Adsense Tiba di Alamat Rumah Saya

Karena saya khawatir surat itu tidak sampai ke tangan saya, rasanya ingin saya mengunjungi kantor pos terdekat didaerah saya untuk mengetahui keberadaan nasib Surat PIN, namun kurir pos meminta nomor resi pengiriman, karena Google tidak mengirimkan nomor resi pengiriman kepada publisher jadi saya bilang kepada kurir posnya bahwa surat itu mirip seperti kartu pos, jadi tidak ada nomor resinya.

Baca: Menunggu Kedatangan Surat PIN Dari Google Adsense.

Namun saya sempat memberikan nomor telepon beserta alamat pengiriman surat itu walaupun mereka tidak dapat melacaknya tanpa nomor resi, setidaknya mereka dapat menghubungi saya jika mengalami kesulitan saat mengantarkan surat, saya dapat langsung ke kantor pos mengambil sendiri suratnya.

Apa isi dari Amplop Surat PIN Google Adsense ?

Pertanyaan yang sangat bagus jika anda penasaran dengan isi surat yang dikirimkan oleh Google Adsense kepada anda, sebenarnya surat PIN yang dikirimkan oleh Google sama sekali tidak ada isinya, hanya sekedar amplop putih yang sedikit tebal namun didalamnya ada informasi penting mengenai PIN verifikasi Akun Adsense anda.

Jika tidak segera memverifikasikan alamat dalam jangka waktu 4 bulan, Akun Adsense tidak akan dapat lagi menampilkan Iklan sampai anda memverifikasinya dengan PIN yang dikirimkan oleh Google.

Namun tenang, jika Surat PIN tidak kunjung sampai ke alamat dalam jangka waktu 3 minggu, anda dapat meminta pengiriman PIN yang baru melalui halaman verifikasi Alamat. Batas meminta pengiriman ulang PIN hanya sampai 2 kali, PIN pertama otomatis dikirimkan oleh Google Adsense, PIN kedua dan ketiga anda dapat memintanya jika tidak ada tanda-tanda kantor pos datang selama 3 minggu.

Bagaimana jika sudah Request PIN untuk ketiga kalinya namun PIN tidak datang juga?

Anda dapat memverifikasikan alamat dengan mengirimkan scan KTP asli anda, namun perlu diingat, scan KTP asli anda harus sama persis dengan nama dan alamat penerima pembayaran anda. Menurut pengalaman publisher di forum online, scan KTP lebih praktis dan lebih cepat diproses oleh Google Adsense.

Hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, setelah anda mengirimkan scan KTP asli, otomatis bilah merah diatas akun akan segera hilang. Walaupun saya belum pernah mengirimkan scan KTP, setidaknya pengalaman publisher lainnya dapat bermanfaat bagi anda, terutama yang sudah request PIN ketiga kalinya.

Pengalaman Saya Mendapatkan Surat PIN dari Google Adsense

Pada awal pengiriman PIN, jujur saya sedikit senang dan bangga karena menandakan saldo saya sudah diambang verifikasi alamat, jadi saya segera mempersiapkan Verifikasi Rekening Bank sebelum PIN sampai ke alamat rumah saya. Tepat setelah dua minggu lamanya saya sempat gelisah menunggu, karena tidak sabaran saya langsung mendatangi Kantor pos untuk menanyakan Surat dari Google Adsense, memang disana ada surat dari Google Adsense namun sayangnya bukan atas nama saya.

Baca: Cara Menambahkan Metode Pembayaran pada Akun Adsense.

Jadi saya pulang lagi, dan menunggu dua minggu lagi setelah waktu pengiriman sudah mencapai sebulan. Sambil menunggu pengiriman PIN, saya tetap mengupdate artikel pada blog sederhana saya ini, walaupun tidak sesemangat seperti pada awal mula saya ngeblog.

Saya asal-asalan menulis tutorial yang saya bisa walaupun tutorial yang saya tulis tidak ada artinya dimata para Master, setidaknya bermanfaat bagi para pengunjung yang membutuhkannya, karena tutorial yang saya tulis hanyalah tutorial sederhana.

Posting dan tetap posting berjalan dengan lancar, tidak terasa waktu sudah hampir sebulan sejak tanggal pengiriman PIN, namun PIN masih belum sampai ke alamat rumah saya. Jadi, saat itu saya sudah mempersiapkan scan KTP saya untuk berjaga-jaga jika ternyata PIN tidak datang selama tiga bulan, saya dapat memverifikasikannya dengan scan KTP.

Saya mengunjungi Kantor POS lagi pada jam istirahat kerja, sekitar 40 menit lamanya perjalanan saya berangkat dan kembali lagi ke tempat kerja. PIN ternyata masih belum sampai juga di kantor pos pusat, akhirnya saya disuruh untuk menuliskan alamat pengiriman surat dan nomor hp saya lagi, padahal dua minggu lalu saya sudah memberikan nomor dan alamat pengiriman surat kepada kurir pos, tapi tidak apalah siapa tahu jika kurir pos lupa saya dapat mengingatkan kembali.

Saya kembali ketempat kerja dalam keadaan hampa, sengaja saya meninggalkan waktu makan siang saya demi mengunjungi kantor pos, semua itu karena penasaran saya apakah surat cintanya sudah datang atau belum, jika belum yasudah tidak apa-apa saya akan tetap menunggunya lagi maksimal 3 bulan.

Sambil tetap menunggu, lalu hati saya terpanggil kembali untuk mendatangi kantor pos, kali ini saya mendatangi kantor pos pusat yang ada di Surabaya, kantor pos tersebut terletak pada Kebon Rojo atau dekat Tugu Pahlawan Surabaya. Karena baru pertama kali mendatangi kantor pos pusat, saya sempat tersesat memutari arah jalan sampai sampai lima kali lebih, padahal sebenarnya arah jalannya itu cukup simpel, entah apa yang terjadi pada pikiran saya saat itu.

Setelah sampai ke kantor pos pusat tepat jam 19:00 (kantor pos pusat tutup jam 20:00), saya langsung ambil karcis dan masuk ke kantor pos, namun sayangnya CS nya sudah tutup pada jam 4 sore tadi, karena kurang pengetahuan saya dalam keliling dunia nyata, jadi saya pulang lagi dalam keadaan hampa.

Alhamdulillah, Akhirnya Surat PIN Google Adsense sampai juga di alamat rumah saya

Saya sempat pasrah karena diwaktu esok hari adalah tanggal 21, dan pada tanggal ini adalah hari Karungan Nasional atau hari gajian seluruh Publisher Adsense. Kebetulan saldo saya pada saat itu sudah mencapai ambang batas pembayaran namun sayangnya PIN Adsese masih belum datang juga.

Sambil merefresh pikiran, saya memyempatkan diri bersama rekan kerja untuk makan eskrim bersama hehe, karena menulis artikel terus menerus itu rasanya melelahkan. Setelah berkumpul bersama rekan kerja, saya berencana untuk pergi ke warnet setelah pulang kerja.

Saya berniat untuk membuat sempurna blog-blog saya yang lainnya dengan mendaftarkannya di Google Webmaster Tool dan Google Analytics, tapi setelah itu rencana saya pergi ke warnet jadi batal karena saya mendapatkan sms dari orang rumah bahwa Surat Google Adsense saya sudah datang, alhamdulillah.

"Mas, Google Adsense nya sudah datang".
"Ok" begitulah balasku.

Tulisan tersebut sebenarnya dalam Bahasa Jawa namun saya terjemahkan ke Bahasa Indonesia untuk memudahkan pemahaman.

Tidak lupa saya bersyukur kepada Allah, doa saya telah diijabah oleh Allah, keinginan saya untuk Gajian pada bulan ini akhirnya tercapai juga. Dan yang paling saya syukuri pada saat itu, saya mendapatkan Surat PIN Adsense tepat sehari sebelum Gajian, Ya Allah Mimpi Apa aku semalam, tidak lupa saya menyempatkan diri untuk bersyukur.

 perjuang yang cukup panjang mendapatkan surat untuk verifikasi alamat Akhirnya! Surat PIN Google Adsense Tiba di Alamat Rumah Saya

Saya langsung pulang, dan segera memverifikasikan alamat di Akun Adsense sebelum tanggal 21, dan selesai sudah verifikasi, sekarang tinggal menunggu email pembayaran dari Google Adsense.

Beberapa Tips Jika Anda sedang menunggu Surat PIN dari Google Adsense

1. Datangi Kantor POS setelah lewat minimal 3 minggu sejak tanggal pengiriman Surat PIN, jika memang belum ada, anda bisa meminta request PIN kedua di Akun.

2. Siapkan Scan KTP jika anda sudah melakukan request PIN kedua, untuk berjaga-jaga jika PIN nantinya tidak sampai setelah melakukan request ketiga, jadi anda nanti tidak akan kerepotan.

3. Tetap update konten anda sambil menunggu PIN, karena tunggu ini akan lebih bermanfaat.

4. Jangan lupa untuk tetap berdoa agar PIN cepat sampai, doa ini adalah yang paling ampuh karena berhubungan langsung dengan Yang Maha Kuasa.

5. Lakukan aktivitas seperti biasa, seperti bekerja, makan, minum, dan sebagainya, jangan sampai waktu menunggu anda jadi waktu yang sulit untuk melakukan aktivitas lainnya. Karena anda akan gelisah saat itu karena surat belum juga sampai ke alamat.

Wajar saja PIN Adsense begitu lama datangnya karena PIN adsense memang dikirimkan langsung dari Luar Negeri, anggap saja langsung dari Amerika. Kecuali pengiriman POS dari area wilayah Indonesia, mungkin hanya sekitar 3 harian saja kiriman sudah sampai ke alamat.

Mungkin surat seperti ini tidak penting bagi orang sekitar, karena pengirimnya (Google) sudah tidak asing lagi dari kehidupan internet sehari-hari, namun bagi saya surat seperti ini sangat berharga, walaupun saya sudah memverifikasikan alamat adsense, saya tetap menyimpan surat ini sebagai dokumentasi dan pengalaman saya berjuang di dunia Internet Marketting.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya, salam sukses buat semuanya.

Post a Comment

 
Top