0 Comment
Presiden Jokowi kunjungan ke Pekanbaru (Ray Jordan/detikcom)Presiden Jokowi kunjungan ke Pekanbaru (Ray Jordan/detikcom)

Pekanbaru - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti media umum (medsos) yang juga marak digunakan anak-anak. Jokowi mengingatkan semoga anak di bawah 13 tahun tidak bermain Facebook dan medsos lainnya.

Hal itu disampaikannya dalam peringtan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 yang digelar di Lapangan Daerah Pauh Janggi, Pekanbaru, Riau (23/7/2017). Presiden Jokowi menyapa bawah umur dan bertanya soal medsos.

"Anak-anakku, siapa yang bahagia bermain media sosial? Coba ada yang mau bertanya silakan maju ke sini," katanya.

Majulah seorang siswa berjulukan Grace. Dia bertanya ke Presiden Jokowi soal penggunaan Facebook.

"Nama saya Grace. Saya mau bertanya, Pak saya dihentikan pakai Facebook? Kata mama harus pakai Facebook mama," kata Grace.

Presiden Jokowi balik bertanya, "Umur Grace berapa?."

"Sebelas tahun Pak," jawab Grace.

"Jadi, anak-anak, bapak ingin beritahukan kalau mau main Facebook umur di bawah 13 tahun tidak boleh, aturannya begitu. Kalau lebih dari 13 tahun boleh main, tapi diawasi bapak ibu, semoga dibimbing bawah umur memakai medsos dengan baik," jelasnya.

Suami dari Iriana itu pun menyarankan Grace kalau ingin bermain Facebook, maka gunakan akun akun milik orang tuanya.

"Grace ingin main Facebook? Sementara ini tidak boleh, harus nebeng ke Facebooknya mama," kata Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga bertanya soal waktu berguru Grace. Dia menyarankan Grace semoga menambah waktu berguru yang biasa dilakukan selama 2 jam.

"Tambah dikit lagi nggak apa-apa. Pulang sekolah berguru dikit. Nanti malam juga berguru lagi, tapi kalau pas libur boleh bermain, sore juga boleh bermain," katanya.

"Grace kalau main, mainnya apa?" tanya Presiden Jokowi lagi.

"Main HP (handphone)," kata Grace.

Di simpulan pembicaraan, Jokowi menghadiahkan Grace sebuah sepeda alasannya yakni sudah berani untuk bertanya eksklusif ke Presiden.

"Nih sepedanya diambil. Terima kasih, berguru yang giat," kata Jokowi menyemangati.

Post a Comment

 
Top