0 Comment
Inspiratif! Ilmuwan Berhijab Temukan Alat untuk Deteksi Infeksi dari Bakteri

Jakarta - Rapper dan musisi asal Nigeria Folarin Falana atau terkenal dengan sapaan Falz dihujat banyak orang dan organisasi muslim. Pasalnya, dalam video klip terbaru Falz yang berjudul 'This Is Nigeria', tampil sekelompok perempuan berjilbab dan berjoget.

Tarian itu disebut 'shaku-shaku'. Jenis tarian ini sedang terkenal di Nigeria, dan jadi salah satu tarian khas street style Nigeria. Tarian ini juga disebut-sebut sebagai 'Nigerian Gangnam Style'.

Jilbab yang digunakan para penari di video klip itu berbentuk menyerupai khimar instan di Indonesia. Jilbab model menyerupai ini banyak digunakan oleh belum dewasa muslim Nigeria yang dikenal sebagai 'Chibok Girls'.

Baca juga: Foto: Gaya Hijabers Arab Cantik yang Ngerap Rayakan Izin Mengemudi

Sebutan Chibok Girls merujuk pada murid perempuan yang mengalami penculikan oleh teroris Boko Haram pada tahun 2014. Ada lebih dari 200 murid perempuan yang hilang dan belum diketahui keberadaannya sampai sekarang.

Tampilkan Wanita Berhijab Nari 'Shaku-Shaku', Video Klip Ini Kaprikornus KontroversiFoto: Youtube Fazl VEVO

Lagu 'This Is Nigeria' secara keseluruhan berisi sindiran terhadap kondisi Nigeria ketika ini. Para penari berhijab ala 'Chibok Girls' itu jadi salah satu informasi yang diangkat oleh sang penyanyi.

Namun, banyak yang beropini tarian 'shaku-shaku' tidak pantas digunakan untuk mencerminkan Chibok Girls. Hal ini ditegaskan salah satu organisasi muslim di Nigeria, The Muslim Rights Concern (MURIC). MURIC secara resmi meminta Falz menurunkan video tersebut.



Menanggapi hujatan dan seruan MURIC, Falz merasa tidak bersalah. Ia memang mengaku sengaja memakaikan hijab pada para penarinya, untuk mengingatkan kembali informasi penculikan di Nigeria.

Baca juga: Rapper Berhijab yang Viral Ini Berencana Luncurkan Album Seperti Beyonce

"Saya cukup terkejut mendengar orang-orang bertanya kenapa ada perempuan berhijab nari Shaku-Shaku. Ayolah, apa salahnya dengan orang-orang menari menggunakan hijab? Adakah aturan yang melarangnya?" ungkap Falz dalam program Verified di LITV.

Hingga ketika ini, Falz tidak menggubris hujatan dan seruan dari MURIC. Video klip tersebut masih tayang di akun Youtub Falz dan sudah ditonton hampir 7 juta pengguna Youtube.

Post a Comment

 
Top