0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Food blogger Indonesia punya komunitas yang sudah berusia 7 tahun. Saat ini, komunitas itu sudah punya ribuan anggota.

Indonesian Food Blogger merupakan daerah berkumpulnya para food blogger Indonesia pertama. Komunitas ini sendiri didirikan oleh 5 food blogger populer, salah satunya Andrie Anne. Ia bersama Ellen Antheunis, Elsye Suranto, Freeyanti Inev, dan Pepy Nasution mempunyai wangsit untuk menciptakan wadah tukar informasi antar food blogger. Hingga tercetuslah komunitas Indonesian Food Blogger (IDFB).

"Awalnya kita, 5 blogger tercetus wangsit bikin komunitas sebagai wadah food blogger yang tersebar di seluruh dunia," dongeng Andrie Anne ketika dihubungi detikFood (19/9).

Sehingga komunitas ini tak hanya menjadi daerah berkumpulnya para food blogger di tanah air. Tapi juga food blogger asal Indonesia yang ada di banyak sekali negara.

Inilah Komunitas Food Blogger Indonesia PertamaFoto: Instagram IDFB
Saat ini saja, akun IDFB sudah diikuti oleh lebih dari 3 ribu pengguna Facebook serta 5 ribu followers di Instagram. Tak ada syarat khusus untuk menjadi anggota komunitas ini. Semua orang yang cinta dengan dunia masakan bebas menjadi anggota dengan cara mengikuti akun media umum resmi IDFB.

"Asal ia penggemar kuliner, dapat jadi member IDFB. Tinggal join aja di Facebook sama di Instagram kita," jalas Anne.

Tak heran jika dulunya komunitas ini mempunyai banyak acara rutin. Salah satunya berjulukan 'Challenge Rutin'. Challenge rutin yang dimaksud yaitu tantangan bagi para anggota IDFB untuk mengolah sajian khas nusantara. Mereka wajib menulis resep lengkap dengan foto sajian ke dalam blog langsung mereka.

Inilah Komunitas Food Blogger Indonesia PertamaFoto: Instagram IDFB
Seiring berjalannya waktu, IDFB kini bermetamorfosis komunitas komersil. Banyak restoran maupun retail kuliner yang mempromosikan sajian miliknya lewat komunitas masakan ini.

"Kita dulu acara rutinnya ada challenge rutin tiap dua bulan sekali. Ada resto review, ada charity juga. Kegiatannya ada banyak tapi kini kita lagi nggak ada challenge rutinnya. Sekarang kita sering jadi endorser-endorser atau buzzer dari restoran atau dari produk. Kita terus terperinci udah nggak seaktif dulu," ungkap Anne.

Walau begitu, hal ini menunjukan jika komunitas pun dapat berkembang pesat dan menjadi suatu acara yang menghasilkan. Tentunya ini dikarenakan pengalaman dari founder serta co founder IDFB di bidang kuliner.

Inilah Komunitas Food Blogger Indonesia PertamaFoto: Instagram IDFB
Namun tiap anggota IDFB masih dapat saling bertukar informasi lewat Facebook group sampai WhatsApp group. Kedepannya, Anne berharap jika Indonesian Food Blogger dapat mengadakan program besar. Di mana program itu dapat mengumpulkan seluruh food blogger yang tergabung di dalam IDFB.

Karena selama 7 tahun berdiri, selain program internal, belum ada program khusus yang diadakan oleh IDFB sendiri. "Pengin bikin event besar untuk nyatuin food blogger," tutup Anne.

Post a Comment

 
Top