0 Comment
Pertama kali ke Surabaya, aku sebenarnya nggak terlalu berharap apa-apa. Dalam pikiranku, hanya “wow,, aku pergi ke tempat yang jauh besok..tempat yang belum pernah aku kunjungi sebelumnya” cuma sesederhana itu. Bahkan ketika di pesawat pun, ketika aku melihat ke bawah, dari jendela pesawat, hanya berpikir, yahh paling Surabaya itu hanya seperti kota-kota lainnya.
 Pemandangan dari atas pesawat
 Hingga akhirnya kami tiba di Bandara, suasananya tidak terlalu ramai pada hari itu karena kami tiba di Surabaya sekitar jam 8 pagi. Kami turun dari pesawat dan naik ke mobil yang kami sewa untuk mengantarkan kami ke Hotel tempat kami menginap. Awalnya kami benar-benar membayar mobil yang kami sewa dengan cukup mahal untuk membawa kami lewat jalan tol. Tapi aku juga nggak ngerti kenapa kami semua yang ada di dalam kendaraan itu tidak ada yang ngeh kalo kami dibawa lewat jalur jalan biasa. Meskipun sudah menggunakan AC tapi masih tetap berasa gerah, soalnya kami ber lima di dalam mobil tersebut dan cuaca emang lagi cerahhh banget.
Taman di pinggir jalan
Nah, ceritanya aku lihat dari kaca mobil, ada beberapa orang pertugas yang sedang menyiram tanaman. Dalam pikiranku, oh lagi nyiram tanaman. Terus beberapa puluh meter di depannya, ada orang yang juga sedang menyiram tanaman lagi, pas disini nih aku baru ngeh “kok pinggir jalannya apik dan cantik banget yah. Ada bunga dan tanaman rindang dan taman-taman yang sangat rapi dan terawat”. Sejak itu sepanjang perjalanan makin diperhatikan suasananya bagusss banget.. semua tertata dengan sangat baik dan rapi.

Tanaman lagiiii
Waktu kita mulai masuk ke tengah kota itu, jalanan udah mulai macet. Tapi satu nilai plus di kota ini adalah, jalanannya sangat lebar. Bahkan beberapa yang jalannya lebar, menggunakan sistem 1 arah untuk mengurai kemacetan. Jadi walaupun jalanan agak padat, perjalanan tetap lancar. Selain itu sungai yang jalurnya ada di tengah kota itu cukup bersih dan indah. Kalian pasti tahu tentang payung-payung yang di gantung di atas kalo misalnya kita ke tempat wisata, nah di surabaya itu, hal-hal sederhana seperti itu sangat mudah di temukan di tengah kota. Jadi emang bener-bener ditata semuanya. Setiap driver yang membawa kami ke tempat tujuan kami hampir semua berkata bahwa mereka sangat bangga dengan kota mereka yang seperti sekarang dan bangga dengan Bu Risma.
Tanaman di pinggir jalan
Kami termasuk orang yang beruntung ketika kesana. Karena sedang ada event. Event nya itu berupa pameran dan jualan makanan oleh masyarakat sekitar. Untuk mendukung acara tersebut, dilakukan penutupan jalan di beberapa lokasi. Acara nya seru banget dan banyak jenis makanan yang sangat enak. Yah namanya pusat keramaian pasti seru ya. Apalagi mereka juga membuat acara live music sehingga sangat mendukung keberlangsungan dan kesuksesan acara tersebut.
 Event yang aku sebutin sebelumnya

Hal unik lainnya adalah saat kami pulang, sekitar jam 09.45 kami berangkat dari hotel karena penerbangan kami adalah jam 12.10 siang. Kami sempat khawatir, karena itu hari minggu dan ada acara car free day. Eh, ternyata saat kami di perjalanan, car free day nya sudah selesai pada jam 10.00 dan kami telah diizinkan untuk melewati jalur tersebut. Kebayang nggak sih, saat kami melewati jalan itu, jalannya benar-benar bersih, nggak ada satupun sampah disana. Sampai salah satu teman aku nyeletuk, “ini beneran baru car free day kok jalannya bersih banget??” Ya gitu deh, padahal hanya berkisar 10 menit car free day nya selesai, semua ruas jalan udah bener-bener bersih. Mungkin karena masyarakatnya juga udah mulai sadar kebersihan dan mereka tetap menjaga kota mereka sendiri. Engga tau juga sih.. tapi jalannya emang bener-bener bersih. Dan bunga-bunga ada dimana-mana.. Adem deh pokoknya kalau jalan-jalan ke kota ini.
Jalan yang baru digunakan untuk Car Free Day
Saking penasarannya aku, aku cari-cari tuh di Google, kota Surabaya itu gimana sih kerennya..dan benar saja, aku banyak membaca artikel yang menunjukkan bahwa orang-orang sangat menyukai kota ini. Dan mengapresiasinya dengan menyebut, perkembangan kota Surabaya akhir-akhir ini sangat pesat dan mulai maju. Jadi pengen kota-kota lain di Indonesia ini kayak gitu juga.
Inti nya sih, aku senang saat kunjungan ku yang pertama kali ke kota ini memberikan kesan yang dalam. Surabaya benar-benar salah satu kota yang di masa depan (kayak doraemon aja) pasti ingin ku kunjungi kembali kalau aku memiliki kesempatan.
Foto mau pulang.... hehe

Ps. I thank you guysss, kak Novi, Cia, Ka Fanny, Putri yang jadi team mate selama di Surabaya.