0 Comment

LinkedIn merupakan sebuah web dan aplikasi yang berfokus pada layanan untuk business dan employment-oriented. Layanan ini mulai dikembangkan dan sejak 28 Desember 2022 dan dirilis pada 5 Mei 2003. Biasanya digunakan untuk jaringan profesional, termasuk tempat mencari lowongan tenaga kerja baru dan memposting kerja. Perusahaan banyak membuat akun mereka di LinkedIn dan menjual informasi yang boleh diakses orang lain disini, untuk mencari orang-orang yang mereka butuhkan di perusahaan mereka. Per April 2017, pengguna LinkedIn telah mencapai 500juta pengguna dalam 200 negara yang ada diseluruh dunia. Dan pengguna aktifnya adalah sekitar 106 juta setiap harinya.

Sebuah site bernama Alexa menetapkan LinkedIn sebagai website paling populer per Juni 2018. Berdasarkan New York Times, LinkedIn telah dimiliki oleh hampir semua siswa US dan mereka melengkapi profil mereka bersama dengan aplikasi untuk college mereka.Pada tahun 2013 situs ini telah tersedia dalam 24 bahasa. Pada Juni 2016, Microsoft menginginkan LinkedIn dan akuisisi ini selesai pada 8 Desember 2016 dengan pertimbangan 26,4 miliar dollar in cash.

Hal hal berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan LinkedIn

Kelebihannya adalah
  1. Pengguna dapat memperkenalkan seorang koneksi ke koneksi yang lain
  2. Pengguna dapat memperkenalkan koneksi kepada orang yagn spesifik pada suat pekerjaan tertentu
  3. Pengguna dapat menunjukkan kemampuan yang dimilikinya kepada suatu perusahaan melalui apa yang ditampilkan di profilnya.
  4. Pengguna dapat mencari lowongan dan menyesuaikan dengan kemampuan yagn dimilikinya
  5. Pengguna dapat melihat dan membaca tentang pendapat-pendapat orang terkenal di tampilan beranda sesuai dengan yang diikutinya.
  6. Bahasa yang formal dan seluruh tampilan yang formal dan profesional membawa seorang user menjadi seorang yang juga berusaha menampilkan sisi profesional dalam dirinya
  7. LinkedIn dipenuhi oleh akun-akun profesional sehingga, spam atau iklan yang tidak sopan dan tidak relevan akan sangat jarang ditemui disini dibandingkan dengan akun sosial media lainnya.
  8. Bagi perusahaan sendiri dapat melihat dan mencari secara langsung seperti apa kualitas seseorang yang sedang melamar pekerjaan yang ada di perusahaan mereka
  9. Seorang user dapat mengikuti siapa yang dia ingin ikuti bahkan memungkinkan untuk seorang user untuk mengikuti beberapa perusahaan yang berbeda
  10. Menjadi personal branding yang baik apabila mampu menggunakan LinkedIn sesuai dengan ketentuan


Kekurangannya adalah sebagai berikut.
  1. Kebebasan untuk menambahkan koneksi sebanyak mungkin akan mengakibatkan penggunaan manfaat yang tidak efektif
  2. Filtering yang masih kurang dalam hal membedakan lowongan yang palsu atau tidak berpotensi memunculkan penipuan bermodus memberikan pekerjaan
  3. Spamming bisa terjadi pada suatu beranda yang tidak mengatur privasi dengan baik.
  4. Banyaknya pengguna dengan nama yang sama, apalagi penggunaan nama perusahaan yang sama sehingga menimbulkan kebingungan bagi para penggunanya.

Post a Comment

 
Top