0 Comment
Mengenal Strong By Zumba, Olahraga yang Lagi Disukai Artis Indonesia

Jakarta - Olahraga sudah dapat dipastikan baik untuk kesehatan. Tapi bila dilakukan secara berlebihan juga dapat mengakibatkan dampak negatif.

Metro.co.uk melaporkan bahwa 3 persen orang yang rutin nge-gym mengaku ketagihan olahraga dan dapat melakukannya setiap hari. Bukannya sehat, mem-forsir badan untuk terus beraktivitas fisik dapat berakibat kelelahan, kerusakan pada otot hingga dehidrasi.

Lantas bagaimana gejalanya bila seseorang sudah olahraga berlebihan? Ini tanda-tandanya menyerupai dipaparkan instruktur fitnes asal Inggris, Jason Briggs.



1. Selalu Kehausan
Foto: iStock

Jika kau terus merasa haus, padahal gres saja minum sebotol air putih beberapa menit lalu, maka kemungkinan kau mengalami kehilangan cairan tubuh akhir terlalu keras olahraga. Kenapa dapat begitu?

"Olahraga menciptakan badan meregang dan membuatnya berada dalam kondisi katabolik (proses di mana badan mencerna masakan menjadi molekul-molekul kecil untuk dipakai sebagai energi). Kalau kau latihan setiap hari maka badan akan terus menerus memecah jaringan otot untuk melepaskan energi," terang Jason.

Akibat dari proses tersebut, maka dapat terjadi dehidrasi, yang mengakibatkan kau terus merasa haus.

2. Mood Tidak Stabil
Foto: Istimewa

Olahraga bermanfaat melepaskan endorphin yang dapat menciptakan mood lebih baik dan merasa bahagia. Tapi dikala kau kecanduan fitnes atau olahraga, yang terjadi dapat sebaliknya.

"Olahraga berlebihan dapat berefek pada hormon stres yakni kortisol dan epinefrin. Akibatnya akan terjadi ketidakseimbangan hormon yang menciptakan mood jadi buruk dan gampang marah," terangnya.


3. Sulit Tidur
Foto: Ilustrasi/thinkstock

Fitnes 2-3 kali seminggu akan menciptakan kualitas tidur lebih baik. Namun kau dapat kesulitan tidur bahkan tak bisa tidur bila terlalu sering olahraga.

"Sistem syaraf tepi (berlokasi di luar tengkroak dan tulang belakang) akan terus menambah aktivitasnya alasannya yakni menganggap badan harus selalu butuh energi. Hal ini akan menciptakan kau tidak dapat fokus pada apapun dalam waktu yang lama," kata Jason.

4. Tidak Merasa Lapar
Foto: iStock

Olahraga berlebihan hingga kau hanya ingin fokus beraktivitas fisik akan menciptakan selera makan berkurang drastis. Akibatnya, badan dapat kekurangan nutrisi alasannya yakni kau tidak yummy makan.

"Tubuh memerlukan materi bakar untuk membantu memperbaiki otot sesudah olahraga. Kalau kau tidak cukup makan maka badan tidak punya cukup nutrisi untuk memulihkan dirinya sendiri," ucapnya.


5. Kaprikornus Sering Pilek
Foto: iStock

Jason menyampaikan salah satu akhir lain dari olahraga berlebihan yakni badan jadi gampang sakit. Sebab badan yang terlalu diforsir untuk melaksanakan kegiatan berat, sistem imunnya dapat melemah, alasannya yakni selalu kelelahan dan tidak diberi waktu memulihkan diri.

"Energi yang seharusnya dipakai untuk menjaga daya tahan badan tetap berfungsi jadi terkuras untuk proses pemulihan otot yang telah dipakai secara berlebihan," pungkasnya.

Maka dari itu bila tiga saja dari lima tanda-tanda tersebut sudah kau alami, kemungkinan besar kau sudah olahraga berlebihan, dan bila diteruskan dapat mengancam kesehatan. Ada baiknya beristirahat sejenak dari nge-gym dan berikan badan waktu untuk masa pemulihan. Jika kondisi tak membaik segera konsultasikan dengan dokter seorang jago olahraga.

Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top