0 Comment
Foto: ThinkstockFoto: Thinkstock

Jakarta - Berkunjung ke Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7, selain sanggup merasakan masakan Tanah Rencong. Kue khas Turki yang populer pada masa Kesultanan Ottoman pun ikut dipamerkan.

Salah satunya yaitu Baklava. Kue cantik yang dibentuk memakai kacang walnut atau pistache ini disediakan di stand Pusat Kebudayaan Aceh Turki (PuKAT). Kue ini dipamerkan di event "Aceh History Expo" yang berlangsung di Museum Aceh sampai 14 Agustusmendatang.

Traveler yang sedang berkunjung ke sana, sanggup mencoba masakan ringan yang telah ada semenjak masa Byzantium sampai masa kesultanan Ottoman. Kue yang disajikan pada event PKA ini, diracik Zahraini.

Zahraini sengaja menciptakan camilan cantik dengan materi di antaranya tepung roti, almond tersebut untuk memperkenalkan masakan khas Turki kepada pengunjung.

"Baklava ini aku bikin sesuai resep dengan baklava yang ada di Turki," kata Zahraini, Rabu (8/8/2018).

Baklava, Kue Khas Turki Masa Ottoman Disajikan di Pekan Kebudayaan AcehFoto: dokdetikFood/Agus Setyadi
Menurutnya, camilan cantik baklava termasuk salah satu camilan cantik khas Turki pada masa Ottoman dan diramu pertama sekali di Kota Gaziantep. Selama aktivitas PKA berlangsung, camilan cantik ini tetap disajikan supaya pengunjung ekspo sanggup mencobanya.

"Kalau orang Aceh suka masakan ini kemungkinan ia keturunan Turki," kata pengajar di STKIP BBG Banda Aceh ini.

Selain baklava di stand PuKAT juga menyediakan bermacam-macam buku bacaan dari Turki. Beberapa di antaranya merupakan buku arsitektur karya Mimar Sinan.

Koordinator Pameran PuKAT, Ariful Azmi Usman, mengatakan, semenjak awal dibuka stand PuKAT dikunjungi oleh beberapa pengunjung yang kagum dengan Turki. Di sana, mereka sanggup mengenal lebih jauh perihal negara yang dipimpin Recep Tayyip Erdoğan lewat buku.

"Beberapa buku arsitektur karya Mimar Sinan ada di sini, pengunjung banyak yang ingin tau ketika melihat isi buku. Beberapa pengunjung juga kagum dengan kondisi Turki ketika ini," kata Ariful.

PuKAT menggelar ekspo di museum Aceh dalam bingkai Aceh History Expo. Selama PKA berangsung, stan di even ini dibuka mulai pagi sampai pukul 18.00 WIB sore.

Post a Comment

 
Top