0 Comment

Kali ini aku ingin menulis tentang Instagram. Yang pasti dengan perkembangan teknologi yang terjadi pada zaman sekarang tidak menutup kemungkinan berkembangnya aplikasi dan media sosial yang semakin banyak bertebaran dimana-mata. Kali ini aku akan membahas tentang salah satu platform terbesar di dunia saat ini yaitu Instagram. 

Instagram merupakah sembuah sosial media yang dirilis pada 06 oktober 2010. Aplikasi ini digunakan untuk berbagi foto dan video . Perkembangan nya sangat pesat dan memiliki banyak sekali fitur yang menambah kepuasan bagi para penggunanya. Pada awalnya, instagram dirancang oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger (Burbn, Inc.) Fokus utama mereka adalah memungkinkan seseorang mengupload foto, menyukai, dan mengomentari. Akhirnya instagram dirilis perdana untuk digunakan di iPhone. 

Tidak tahu apa yang terjadi, pada Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh platform raksasa Facebook senilai $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Sejak saat itu, Instagram resmi dikelola dan dikembangkan oleh Facebook. Ikon instagram kemudian diubah menjadi lebih sederhana dan cantik dengan desain baru yang berberntuk kamera sederhana dan pelangi dalam bentuk gradien.

Saya akan membagikan kelebihan dan kekurangan aplikasi instagram sebagai berikut.

Kelebihan Instagram
1. Instagram bersifat Fokus dalam artian, sejak awal diluncurkan instagram memiliki fokus berbasis aplikasi untuk membagikan hanya foto dan video saja.
2. Instagram memiliki kebijakan privasi. Artinya ketika kita memilih untuk membuat instagram kita dalam mode privasi, maka instagram akan melakukan perlindungan terhadap akun kita. Akun kita tidak akan dapat diakses oleh orang lain, apabila kita tidak memberikan persetujuan follow terlebih dahulu.
3. Instagram memiliki tampilan sederhana dan simpel. Layar terdiri dari Beranda, Pencarian, Penambahan, Pembaritahuan, dan Wall kita sendiri. Dan yang aku perhatiin itu, banyak banget aplikasi yang mengikuri model tampilan instagram tersebut.
4. Instagram memiliki banyak sekali fitur pada zaman sekarang yang beberapa orang bahkan percaya kalau instagram mencontek fitur-fitur aplikasi lain. Sebut saja Aplikasi foto yang memiliki efek seperti Sn*pchat. Haha nggak apa-apa kan di sensor dikit wkkw
5. Aplikasi lain yang juga terkenal adalah aplikasi edit photo. Sehingga banyak orang yang berkata jangan mempercayai foto yang dibagikan di instagram. Karena emang iya sihh kebanyakan edit nya haha
6. Instagram baru aja meluncurkan IGTV yang dapat mengirimkan video yang lebih panjang.
7. Instagram memungkinkan untuk digunakan untuk berjualan online karena instagram memungkinkan seseorang untuk mengubah profilnya menjadi profil bisnis ataupun profil pribadi.
8. Fitur-fitur yang menarik lainnya adalah fitur follow, fitur menyukai foto, fitur mengomentari suatu postingan,fitur untuk menandai orang lain dalam foto kita, dan fitur untuk membuat suatu lingkaran pertemanan ornag-orang yang dekat dengan kita sangat membuat orang-orang semakin menyukai setiap fitur yang disediakan oleh instagram,
9. Instagram memiliki akun-akun dengan konten yang sangat menarik perhatian pengunjung. Bahkan walaupun seseorang tidak menyukai sosial media, akan datang mengunjungi instagram untuk melihat konten yang menarik, lucu, dan sebagainya.

Kekurangan Instagram
1. Instagram hanya memiliki 2 konten yang hanya terbatas pada foto dan video
2. Video yang diizinkan untuk diupload hanya berdurasi 1 menit. Apabila lebih, instagram akan meminta kita untuk memangkas video terlebih dahulu
3. Sulit menjadikan instagram menjadi sarana untuk melakukan pemasaran pada saat ini karena sudah begitu banyak persaingan yang terjadi di instagram. Akan membuthkan effort yang ekstra bila ingin melakukan promosi di instagram
4. Spamming sering sekali terjadi di kolom komentar. Apalagi pada instagram yang tidak terkunci dan setiap orang bebas untuk mengirimkan komentar. Kalau nggak percaya sekali-sekali kamu coba kunjungi page orang yang terkenal. Apalagi orang Indonesia yang memiliki followers ratusan ribu akun.
5. Untuk tetap mucul di timeline, harus tetap memposting foto. Kalau tidak, maka profil kita nggak akan muncul di timeline.
6. Instagram tidak mengizinkan pengguna untuk menyisipkan link pada suatu post. Kalo aku sih meyakini ini bagian dari strategi untuk tetap menjaga instagram bersih dari spamming link web lain
Sekian tulisan ku kali ini. Aku akan sangat senang apabila kalian memberikan dan meninggalkan komentar di kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment

 
Top