0 Comment
Sekarang aku akan membahas tentang Whatsapp. WhatsApp merupakan sebuah aplikasi messeger yang dapat mengirimkan pesan kepada pengguna lain dan pengiriman dilakukan dengan menggunakan aplikasi dan paket data. WhatsApp tidak membutuhkan pulsa untuk menjalankan fungsi nya. Pengembang WhatsApp sendiri adalah Facebook dan WhatsApp, Inc. WhatsApp dirilis pada Januari 2009. Jadi mikir dah, Nilai kekayaan Facebook itu berapa ya. Haha soalnya mereka menangani banyak sekali aplikasi dan kayaknya semua aplikasi yang besar-besar didunia ini, pengembangnya adalah Facebook.

Pada awalnya aplikasi WhatsApp hanya dapat digunakan untuk mengirimkan pesan dan memanggil pesan suara. Tetapi seiring berjalannya waktu, WhatssApp telah mengembangkan aplikasinya untuk memenuhi kebutuhan usernya. Pada masa sekarang WhatsApp telah berfungsi secara lengkap yaitu mengirimkan pesan teks, melakukan panggilan suara, melakukan video calls, mengirimkan pesan gambar, mengirimkan dokumen, mengirimkan lokasi dan membuat status.

Walaupun ada beberapa kali terjadi konflik kepentingan, dan dibeberapa negara aplikasi WhatsApp tidak dapat digunakan, tetap saja, untuk layanan messenger di dunia tetap dikuasai oleh WhatsApp. Terbukti pada tahun 2013, berdasarkan Globes, Aplikasi telah terpasang di 92% smartphone yang ada dan terdapat 86% pengguna yang aktif pada setiap harinya. Pada tahun 22 April 2014, terdapat 500juta pengguna aktif di setiap bulannya dan sekitar 700juta media foto dishare setiap harinya, dan sekitar 100juta video dishare setiap harinya. Pada tahun 2017, dilaporkan bahwa pengguna WhatsApp menghabiskan sekitar 340juta menit dalam video call. Pada Bulan February 2017, Pengguna aktif WhatsApp yang terdata di seluruh dunia adalah sekitar 1,2 miliar orang.

Sekarang saya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan Aplikasi WhatsApp.

Kelebihan WhatsApp:

1. WhatsApp merupakan aplikasi populer yang digunakan oleh banyak orang sehingga dapat dikatakan sebagai media komunikasi yang cukup efektif untuk menghubungkan banyak orang
2. WhatsApp berfokus pada aplikasi mengirim pesan dan menelepon. Sehingga aplikasi dianggap sangat praktis dan ramah penggunaannya.
3. WhatsApp menambah fitur yang sangat menarik dan berguna bagi para penggunanya yaitu pengiriman foto, pengiriman berkas dokumen, video, lokasi, kontak dan sebagainya.
4. Stiker yang digunakan adalah stiker sederhana yang ada di keypad dan bukan stiker yang berukuran besar seperti yang dimiliki oleh banyak aplikasi lainnya
5. Bersifat lebih privasi karena yang menjadi teman kita adalah orang-orang yang ada di kontak kita. Penambahan teman juga hanya berdasarkan nomor yang digunakan oleh seseorang sehingga bersifat lebih personal.
6. Komunikasi secara keseluruhan dilakukan dengan bantuan data internet. Sehingga sejalan dengan penggunaan pada zaman sekarang yang hampir seluruh kegiatan didukung oleh penggunaan data internet dan bukan bergantung pada penggunaan pulsa.
7. Dapat melakukan pengaturan tentang siapa yang boleh melihat status pesan kita, status kapan terakhir kali dilihat dan status apakah kita telah membaca pesan yang dikirimkan oleh orang lain atau belum
8. Pesan dapat di back up dan sesuai perjanjian dengan Gmail, maka data WhatsApp yang sekarang tidak akan mengambil storage di gmail kita melainkan akan menghapus pesan WhatsApp kita pada beberapa waktu yang lalu apabila tidak di back up secara manual.
9. Dapat bergabung dalam grup dengan batas anggota adalah sebesar 256 orang anggota grup
10. Dapat menggunakan WhatsApp Web sesuai dengan ketentuan

Kekurangan WhatsApp

1. Bergantung sepenuhnya pada kekuatan sinyal internet pada suatu tempat. Sehingga apa bila akses internet tidak ada disuatu tempat, maka WhatsApp juga tidak dapat digunakan
2. Jumlah orang dalam suatu grup hanya terbatas sebanyak 256 orang
3. Setiap orang yang memiliki kontak kita dapa menambahkan kita ke dalam suatu grup meski tanpa melalui persetujuan kita terlebih dahulu.
4. WhatsApp hanya dapat diakses dalam suatu ponsel dalam suatu waktu tertentu
5. WhatsApp Web hanya dapat diakses dengan kondisi HP kita terhubung dengan internet. Sehingga ketika menggunakan WhatsApp di komputer sekalipun, akan tetap membuat panas hp kita sendiri
6. Penggunaan terbatas dan tidak memungkinkan bagi orang lain untuk memasarkan produk dalam bentuk iklan di aplikasi ini.

Post a Comment

 
Top