0 Comment
Pameran Fashion Muslim di Jerman Tuai Kontroversi, Hijab Disebut Penindasan

Foto: Dok. Arina Yulistara/WolipopFoto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop

Jakarta - YouTuber bagus berhijab Gita Savitri akhir-akhir sedang menjadi sorotan. Gita Savitri mulai dikenal semenjak sering bercerita perihal Jerman melalui video yang diunggah ke YouTube. Wanita 25 tahun ini bahkan memutuskan berhijab sehabis kuliah di Jerman. Tak hanya itu, Gita juga menyampaikan menjadi muslim di Jerman lebih nyaman.

Wanita yang mengambil studi jurusan Kimia murni di Free University, Berlin, Jerman, itu menjelaskan jikalau perkumpulan muslim di Jerman sangat kuat. Belum lagi budaya masyarakatnya yang tidak suka ikut campur urusan orang lain terutama soal agama. Makara setiap orang bebas beragama berdasarkan kepercayaan masing-masing.

Cerita Si Cantik Gita Savitri yang Lebih Nyaman Makara Muslim di JermanFoto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop

Sementara di Indonesia, urusan agama cukup sensitif. Itu perbedaan yang dirasakan cukup signifikan berdasarkan Gita Savitri menjadi muslim di Jerman dan Indonesia.

"Di Jerman mau beliau salat pakai apa kek, sikh, salat pakai celana jeans, pakai apa saja, nggak ada yang komentar, nggak kayak di Indonesia, sensitif banget. Makara kita jikalau beragama di sana, kita urusannya sama Tuhan doang nggak perlu takut dilihat orang. Nah berdasarkan saya lebih berkualitas sih beragama begitu," ujar Gita Savitri ketika berbincang dengan Wolipop di Harlequin Bistro, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (8/8/2017).

Wanita berdarah Palembang ini juga menuturkan ketika menjadi muslim di Jerman, ia sanggup mengenakan jilbab senyaman mungkin tidak perlu khawatir akan komentar orang lain. Sementara di Indonesia, meski Gita Savitri sudah tampil tertutup dan tak memperlihatkan lekuk badan masih ada saja yang kritik.

"Banyak orang seumur saya di sana yang ilmunya sudah gila banget, hapal banyak juzz, tapi lihat saya yang masih begini nggak ada sama sekali. Di situ juga saya berguru ternyata dakwah sanggup dengan segala cara. Tapi jikalau di sini suka masih ada yang komentar 'Kak kok bajunya begini, kelihatan ini, itu. Sedangkan teman-teman saya yang ilmunya sudah keren saja nggak ada yang nyudut-nyudutin aku. Mungkin jikalau di sini mereka belum tahu cara ngingetin yang baik kayak apa," tambah Gita Savitri sambil tersenyum.
Cerita Si Cantik Gita Savitri yang Lebih Nyaman Makara Muslim di JermanFoto: Instagram

Gita Savitri menambahkan, ia pun merasa lebih menerima esensi dari hijab itu sendiri ketika berada di Jerman. Ia pun merasa hijab bukan sekadar pakaian melainkan identitas dirinya sebagai muslimah selama tinggal di Jerman.

"Jadi kita pakai kerudung itu esensinya lebih sanggup di sana. Mungkin juga alasannya yaitu saya sendiri di sana, saya lebih berjuang buat agamaku itu juga lebih dapat. Di sini tuh nyaman banget, saking nyamannya yasudah kerudung potongan dari pakaian saja," lanjutnya.

Post a Comment

 
Top