0 Comment

                     Jenis Tata Letak
Jenis tata letak di pabrik PT. XYZ adalah layout by product yaitu tata letak berdasarkan aliran proses pengerjaan produk dimana pada akhir proses akan diperoleh produk yang sudah selesai atau jadi. Tata letak berdasarkan aliran proses umumnya digunakan untuk industri yang berproduksi dengan jumlah/volume produksi yang relatif besar dan terutama sekali untuk jenis produk-produk yang telah distandarisasi ukuran dan jenis produknya. 
Dalam product layout mesin disusun menurut urutan proses yang ditentukan pada pengurutan produksi. Lintasan pada tiap komponen atau bahan yang dikerjakan di PT. XYZ mengakibatkan satu jalur lurus.  Produk akan dikerjakan dari awal sampai akhir di dalam satu departemen khusus untuk membuat produk tersebut tanpa harus dipindah-pindahkan. Dengan demikian, semua fasilitas yang diperlukan untuk kegiatan produksi akan diletakkan dalam departemen tersebut. Pengerjaan loly dan  cup menurut aliran produk akan mengurangi proses material handling yang pada akhirnya juga berkaitan dengan biaya dan juga memudahkan pengawasan di dalam aktivitas produksinya. 

Pola Aliran Bahan
Pola aliran bahan dirancang sedemikian rupa sehingga diharapkan bahwa ada efisiensi saat seluruh proses dilakukan. Selain tersebut perusahaan ingin mencapai suatu produktivitas yang baik yang tentunya akan sangat membantu perusahaan dalam hal pemasaran dan peningkatan produktivitas akan meningkatkan keuntungan atau profit dari suatu perusahaan. 
Hal yang dilakukan perusahaan adalah memperhatikan setiap fasilitas yang digunakan agar aliran bahan yang diproses berggerak sedemikian rupa sehingga terjadi juga efisiensi. Pola aliran bahan yang terdapat di PT. XYZ adalah pola Garis Lurus  dimana alasan penggunaannya karena  proses produksi relatif pendek, relatif sederhana, dan hanya mengandung sedikit komponen, bahan, atau peralatan produksi. 
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan  dalam perencanaan aliran bahan, antara lain:
1.    Bahan atau produk, terutama memperhatikan faktor-faktor yang berkaitan dengan volume, ruang dan pemindahan.
2.    Pemindahan, terutama memperhatikan persimpangan lintasan, lokasi penerimaan dan pengiriman.
3.  Metode pemindahan, ini sangat memperhatikan urutan proses, jumlah lantai, peralatan dan kebutuhan ruangan peralatan serta jumlah rakitan.
4.    Bangunan terutama memperhatikan jenis bangunan, jumlah lantai, luas gang.
5.    Tapak, keadaan lahan untuk fasilitas transportasi.
6.    Kepegawaian, memperhatikan jumlah pegawai, keselamatan, kondisi kerja.
     
                    Rincian Bagian Produksi
Departemen bagian pada PT. XYZ  terdiri dari 7 bagian departemen yaitu  :
1.      Bagian penyimpanan bahan baku
Bagian penyimpanan bahan baku terdiri dari penyimpanan bahan baku berupa biji plastik, kardus dan lain-lain.
2.      Bagian pembuatan sheet
Pada bagian pembuatan sheet terdiri dari proses dari pembentukan biji plastik di mesin Mixer dan Extrude sampai menjadi sheet di proses mesin sheet.
3.      Bagian pembuatan Cup
Pada bagian pembuatan cup terdiri dari proses dari pembentukan sheet di mesin Thermoformer sampai menjadi cup di proses mesin Thermoformer.
4.      Bagian Printing
Pada bagian Printing terdiri dari proses Printing di mesin Printing sampai menjadi cup yang memiliki merk atau logo di proses mesin Printing.
5.      Bagian pembuatan Loly
Pada bagian pembuatan Loly terdiri dari proses dari pembentukan Loly di mesin Injection Molding sampai menjadi Loly di proses mesin Injection Molding.
6.      Bagian pengepakan
Pada bagian pengepakan dilakukan penghalusan pengepakan cup dan loly yang telah selesai diproses. Pengepakan dilakukan dengan menghitung cup dan loly  yang akan dikemas sesuai dengan jumlah yang ditentukan.
7.      Bagian penyimpanan produk jadi
       Bagian ini merupakan tempat penyimpanan produk jadi setelah dilakukan pengepakan.

Post a Comment

 
Top