0 Comment
Wana Wisata Mustika Taman Anggrek di Banjar (Dadang Hermansyah/detikTravel)

Banjar - Liburan selesai tahun di Kota Banjar, Jawa Barat, ada destinasi wisata gres yang menarik didatangi. Inilah Wana Wisata Mustika Taman Anggrek.

Kota Banjar, Jawa Barat, kini mempunyai wisata andalan gres untuk dikunjungi di liburan selesai tahun. Wana Wisata Mustika Taman Anggrek secara resmi telah dibuka untuk umum oleh Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana, Selasa (25/12) kemarin.

Taman dibuka pada momen libur panjang selesai tahun, sehingga sanggup menjadi destinasi alternatif bagi masyarakat Banjar dan sekitarnya untuk mengisi liburan. Terlebih di wilayah sekitar Banjar, Ciamis dan Pangandaran, ini menjadi wisata dengan konsep taman bunga anggrek satu-satunya.

Objek wisata ini letaknya strategis, berada di sentra kota di Jalan Nasional, tepatnya di Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Pengunjung pun sanggup dengan gampang mencari lokasinya.

Di taman akan terdapat ratusan bunga anggrek dengan puluhan jenis dari banyak sekali kawasan di Indonesia. Pengunjung sanggup menikmati keindahan taman, berfoto, juga wisata edukasi perihal banyak sekali jenis anggrek.

Peresmian Wana Wisata Mustika Taman Anggrek (Dadang Hermansyah/detikTravel)Peresmian Wana Wisata Mustika Taman Anggrek (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Terdapat beberapa spot untuk berfoto ria menghiasi album media sosial. Ada juga rumah pohon yang sanggup digunakan untuk menikmati keindahan taman anggrek dari ketinggian, dan beberapa saung untuk makan-makan.

Semula lokasi ini hanya dikenal sebagai Situ Mustika, yakni sebuah danau yang dikelilingi oleh hutan pinus milik Perhutani. Namun kondisinya yang kurang menarik, menciptakan objek wisata alam ini mulai ditinggalkan pengunjung. Akhirnya masyarakat yang peduli kerjasama dengan Perhutani menyulap menjadi sebuah taman yang indah.

"Taman Anggrek ini dibangun untuk pemberdayaan masyarakat, jadi masyarakat Banjar bukan hanya pengunjung tapi menjadi pelaku. Harapan kami Banjar menjadi tujuan wisata bukan transit wisata," ujar Inisiator Wana Wisata Mustika Taman Anggrek Den Ato.

Peresmian Wana Wisata Mustika Taman Anggrek (Dadang Hermansyah/detikTravel)Peresmian Wana Wisata Mustika Taman Anggrek (Dadang Hermansyah/detikTravel)

Konsepnya, berdasarkan Den Ato yaitu wisata edukasi bagi siapa saja yang ingin mengetahui banyak sekali jenis anggrek, terutama para pelajar. Bahkan bagi pelajar yang tiba tujuannya untuk berguru tidak dikenakan tiket masuk. Kecuali yang berkunjung buat wisata akan dikenakan tarif tiket biasa.

"Tiap tiga bulan sekali kami berencana akan terus mengembangkannya minimal ada wahana baru. Karena taman ini konsepnya pemberdayaan masyarakat," jelasnya.

Salah seorang warga Banjar, Yunia (25) mengaku gembira di Banjar kini mempunyai sebuah wisata taman yang sangat bagus, tidak kalah dengan kawasan lain. Yunia mengaku dulu sering berkunjung ke Situ Mustika dan yang dilihatnya hanya danau dan pohon pinus. Namun kini sudah berbeda.

"Sangat indah, tidak kalah dengan kawasan lain. Bisa menjadi tempat wisata setiap selesai pekan," katanya dikala ditemui sedang menghadiri pembukaan Taman Anggrek di Banjar.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana mengaku optimis untuk wisata di Banjar. Dengan adanya Wana Wisata Mustika Taman Anggrek sanggup menjadi andalan Kota Banjar.

(Dadang Hermansyah/detikTravel)(Dadang Hermansyah/detikTravel)


"Mari kita sambut adanya taman ini, bantu informasikan kepada semua masyarakat. Ini harus jadi magnet gres Kota Banjar mendatangkan wisatawan. Dengan adanya wisata tentunya perekonomian dan PAD otomatis meningkat," pungkasnya.

Nah, traveler yang ingin tau ingin wisata kemari, biayanya di hari biasa Rp 5 ribu per orang, sedangkan selesai pekan Rp 7,5 ribu. Tiket tersebut memang tergolong murah, mengingat jikalau masuk ke tempat wisata sejenis di kawasan lain pengunjung harus membayar tiket sampai puluhan ribu.

Post a Comment

 
Top