0 Comment
Foto: (M Rofiq/detikTravel)

Probolinggo - Gunung Bromo jadi destinasi favorit selama Desembar terutama liburan Natal hingga Tahun Baru 2019. 14.450 Turis tiba ke sana.

Kepala Seksi Destinasi Wisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Musa mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan ke obyek wisata Gunung Bromo, naik 2 kali dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.

Hal itu terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan pada Desember tahun 2017 ada sekitar 6.045 pengunjung, sementara di Desember tahun 2018 sekitar 14.450 pengunjung.
(M Rofiq/detikTravel)(M Rofiq/detikTravel)


Musa menjelaskan, naiknya kunjungan wisatawan karena adanya spot-spot wisata gres tempat Gunung Bromo, dimana panorama alamnya tak kalah indah dengan salah satu gunung tercantik di Jawa Timur tersebut.

"Peningkatan terjadi sebab ada beberapa spot wisata baru, yang juga ramai dikunjungi wisatawan mas. Seperti adanya bukit selfie di Desa Sariwani dan terakhir Puncak Seruni Point di Desa Ngadisari," kata Musa, Kamis (03/01/2019).

Naiknya jumlah kunjungan itu memperlihatkan pemasukan sendiri, bagi pendapatan orisinil daerah Kabupaten Probolinggo. Dimana di tahun 2018 PAD dari obyek wisata Gunung Bromo, tembus 2 miliar.

Sementara lebih banyak didominasi pengunjung ke obyek wisata Gunung Bromo, berasal dari wisatawan domsetik sebesar 133.165 orang, sementara wisatawan mancanegara sebesar 24.557 orang.


Post a Comment

 
Top