0 Comment
Foto: unsplashFoto: unsplash

Jakarta - Sejak kehadiran smartphone dan tablet, penjualan komputer mengalami penurunan. Tapi kini, penjualan komputer mulai mengalami kenaikan.

Lembaga riset Gartner gres saja merilis laporan pengapalan komputer secara global pada kuartal kedua 2018. Tercatat sebanyak 62,1 juta unit PC dikapalkan.

Angka tersebut naik 1,4% dari periode yang sama tahun lalu. Kondisi ini pertama kali terjadi sesudah enam tahun. Terakhir kali pasar komputer mengalami pertumbuhan pada kuartal pertama 2012. Melihat pertumbuhan ini Gartner menilai sebagi tanda pasar yang mulai stabil.



"Pertumbuhan pengiriman komputer pada kuartal kedua 2018 didorong oleh peningkatan usul di pasar bisnis, yang diimbangi dengan penurunan pengiriman di segmen konsumen," kata Mikako Kitagawa, analis utama di Gartner yang dikutip dari laman resminya,Jumat (13/7/2018).

"Di segmen konsumen, terjadi perubahan dalam sikap pengguna PC dan ini terus berdampak pada pertumbuhan pasar. Konsumen memakai ponsel cerdas untuk kiprah yang lebih banyak sehari-hari, ibarat menyidik media sosial, kalender, perbankan dan belanja, yang mengurangi kebutuhan untuk komputer konsumen," imbuhnya.

Penjualan PC Mengalami Pertumbuhan Setelah 6 TahunFoto: Gartner


Selanjutnya siapa yang kemudian jadi raja penjualan komputer di kuartal kedua 2018? Dia yakni Lenovo dengan pengapalan mencapai 13,6 juta yang membuatnya punya pangsa pasar 21,9%.

Diikuti HP yang mengapalkan 12,5 juta unit. Ini membuatnya punya market share 21,9%. Posisi selanjutnya secara berurut ditempati Dell, Apple dan Acer.

Dell bisa mengapalkan 10,5 juta unit dengan market share 16,8%. Sementara Apple bisa menjual 4,5 juta unit dengan pangsa pasar 7,1%. Lalu Acer dengan pertumbuhan 3,97 juta unit dengan pangsa pasar 6,4%.



Tonton juga video: 'MSI Luncurkan Tiga Komputer Gaming di Indonesia'

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top